Mana yang Paling Aman, Rokok Tembakau atau Rokok Elektrik?

Mana yang Paling Aman Antara Rokok Tembakau atau Rokok Elektrik?

Ohayo.co.id – Kebiasaan atau gaya hidup merokok memanglah tidak baik untuk kesehatan. Meskipun mengetahui dampak buruknya, tetapi tidak sedikit juga para lelaki khususnya dalam melakukan kebiasaan ini. Bahkan pada sampul rokok bagian depan sudah tertulis dan bergambar apa saja dampak buruk merokok. Alih-alih ingin berhenti, beberapa dari perokok justru beralih ke rokok elektrik daripada rokok tembakau. Lantas, mana kah yang paling aman antara rokok tembakau atau rokok elektrik tersebut?

Rokok elektrik disebut juga dengan vape. Rokok ini awalnya diciptakan di China sekitar tahun 2003 yang lalu. Diciptakan oleh seorang apoteker yang ingin mengurangi asap rokok dan abunya yang mengganggu. Pihaknya juga ingin membantu orang-orang yang kecanduan menjadi berhenti merokok. Vape adalah baterai mirip cartdrige yang di dalamnya berisi cairan dan juga elemen panas untuk menguapkan cairan vape ke udara. Terlepas dari penggunaannya, manakah yang paling aman? Yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui kebenarannya.

Alasan yang Menunjukkan Lebih Aman Mana Antara Rokok Tembakau atau Rokok Elektrik

Alasan yang Menunjukkan Lebih Aman Mana Antara Rokok Tembakau atau Rokok Elektrik - Ohayo.co.id

Dari salah seorang dokter bernama dr. Nauki Kunugita, ia melakukan penelitian di Jepang. Dalam salah satu rokok elektrik atau vape ternyata ditemukan 10 kali tingkat karsinogenik atau kelompok yang bisa merusak DNA dan menimbulkan kanker. Temuan ini dibandingkan dengan batang rokok biasa. Tentu hal tersebut akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Sementara dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama mengatakan bahwa larutan nikotin yang ada para rokok elektrik mengandung komposisi yang berbeda. Umumnya memang ada 4 jenis campuran. Tetapi tidak semua jenis campuran ini mengandung nikotin dan juga propilen glikol.

Baca juga : Tips Mengurangi Hasrat Ingin Merokok dengan Makanan Ajaib Ini

Sementara bahaya vape yang diketahui juga akan menyebabkan adanya keracunan akut nikotin. Juga bisa menyebabkan kasus kematian anak. Tidak hanya rokoknya saja yang dikenal berbahaya tetapi juga uap yang terhirup bisa menimbulkan adanya serangan asma, sesak napas hingga batuk. Rokok elektrik ini sama berbahayanya terutama bagi mereka penderita pneumonia, kejang hingga hipotensi. Bisa berpotensi menimbulkan luka bakar karena meledaknya rokok elektrik pada mulut perokok.

Alasan yang Menunjukkan Lebih Aman Mana Antara Rokok Tembakau atau Rokok Elektrik - Ohayo.co.id

Sampai saat ini memang tidak ada fakta yang membuktikan bahwa rokok elektrik jauh lebih aman dibanding rokok tembakau. Namun, kita bisa melihat beberapa hasil studi yang telah dilakukan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan mana yang paling aman antara rokok tembakau dan rokok elektrik. Beberapa hasil tersebut seperti :

  1. Rokok elektrik memiliki kandungan zat yang berbahaya. Kandungan tersebut seperti tobacco specific nitrosamines atau TSNA. Ada juga zat DEG dan karbon monoksida.
  2. Penggunaan rokok elektrik dalam jangka panjang ini bisa meningkatkan adanya kadar plasma nikotin secara signifikan. Terutama setelah lima menit penggunaan rokok elektrik.
  3. Rokok memiliki efek akut pada paru-paru terutama yang terjadi pada perokok tembakau. Hal ini karena kadar nitrit oksida udara ekshalasi yang menurun secara signifikan. Efeknya juga meningkatkan tahanan jalan napas. Tentu dampak ini berbahaya bagi tubuh kita.

Baca juga : Cara Sederhana Hentikan Kebiasaan Merokok, Kamu Wajib Coba Ini

Alasan yang Menunjukkan Lebih Aman Mana Antara Rokok Tembakau atau Rokok Elektrik - Ohayo.co.id

Baik rokok tembakau atau rokok elektrik adalah dua hal yang sama-sama berbahaya. Rokok elektrik memiliki asap yang beraroma buah dan bisa larut dalam cairan. Sementara rokok tembakau memiliki asap yang tidak bisa larut dan juga berbahaya. Dua jenis rokok ini mulai diperdebatkan mana yang paling aman antara rokok tembakau atau rokok elektrik. Sama-sama memiliki efek atau dampak buruk bagi kesehatan kita, merokok adalah aktivitas yang sebaiknya dihindari.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password