Risiko Rambut Beruban Semakin Tinggi Akibat Stress Berkepanjangan

Risiko Rambut Beruban Semakin Tinggi Akibat Stress Berkepanjangan

Ohayo.co.id – Penampilan dari usia muda hingga tua pasti akan berubah terutama untuk kondisi rambut kita. Jika pada usia muda kita bisa bebas untuk mewarnai dan menggunakan berbagai model, berbeda ketika masuk usia tua. Banyak orang yang akan mengalami rambut beruban di usia tua. Namun, tahukah anda bahwa rambut yang beruban ini bisa muncul pada mereka sekalipun masih usia produktif? Tak lain karena risiko rambut beruban semakin tinggi diakibatkan stress yang berkepanjangan.

Ada hubungan antara rambut yang beruban dengan pikiran yang dipenuhi dengan rasa stress. Adanya rambut putih atau beruban bisa mempengaruhi rasa percaya diri kita. Banyak dari mereka yang minder untuk keluar rumah atau menghadiri acara-acara penting karena rambut yang beruban ini. Ketahui apa saja penyebab rambut beruban yang salah satunya adalah karena stress yang berkepanjangan.

Risiko Rambut Beruban Semakin Tinggi Akibat Stress

Risiko Rambut Beruban Semakin Tinggi Akibat Stress Berkepanjangan

Dalam mengatasi masalah uban, sebagian orang memang akan mewarnai rambut atau melakukan perawatan rambut alami menggunakan masker rambut. Meski ternyata, rambut beruban ini adalah hal yang alami yang pasti akan dilalui oleh semua orang. Hanya saja, anda bisa mencegah pertumbuhannya agar tak cepat muncul dan mengganggu penampilan kita.

Ada beberapa penyebab dari risiko rambut beruban mulai dari pola hidup yang tidak sehat, akibat dari kemoterapi, rambut berwarna merah alami hingga adanya riwayat genetik. Apabila anda termasuk etnis Kaukasia maka tak heran rambut putih ini mudah sekali muncul.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Beruban Secara Alami dan Tradisional

Namun, para ahli telah menyebutkan bahwa stress dan juga depresi yang berkepanjangan bisa meningkatkan risiko rambut beruban. Tidak hanya rambut menjadi putih saja tetapi juga menyebabkan rambut rontok serta gangguan lainnya. Hal ini yang bisa membuat kepala menjadi lebih cepat panas serta rambut beruban lebih cepat muncul.

Risiko Rambut Beruban Semakin Tinggi Akibat Stress Berkepanjangan

Agar terhindar dari risiko rambut beruban, anda bisa melakukan pola hidup yang lebih sehat dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut baik dari luar ataupun dari dalam. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambu dengan keramas secara rutin agar rambut bisa tumbuh lebih cantik.

Jika telah diketahui bahwa stress bisa membuat uban lebih cepat muncul maka pastikan mampu mengolah rasa stress tersebut agar uban tidak mengganggu penampilan anda. Selain karena stress, uban yang muncul juga bisa dikarenakan kebiasaan merokok yang juga menimbulkan penyakit jantung, impoten hingga menyebabkan kanker. Maka dari itu, menghentikan kebiasaan merokok bisa mengurangi banyak hal negatif untuk kesehatan tubuh kita.

Risiko Rambut Beruban Semakin Tinggi Akibat Stress Berkepanjangan

Rambut beruban juga bisa dikarenakan adanya ketidak seimbangan hormon. Bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti saat hamil, gangguan tiroid dan lain sebagainya. Berbagai faktor ini yang membuat produksi hormon menjadi tidak menentu serta mengalami ketidak seimbangan. Akibatnya, produksi melanin akan terganggu dan ubah bisa mudah tumbuh.

Sementara yang paling banyak dirasakan ialah munculnya rambut karena kondisi psikologi yang tertekan atau stress berkepanjangan. Faktor psikologi lainnya bisa juga karena khawatir, sedih, gelisah dan berbagai macam emosi yang mempengaruhi kondisi rambut kita. Segala bentuk guncangan batin bisa mengurangi jumlah sel melanin yang mengganggu kondisi rambut.

Baca juga: Cara Cegah Pertumbuhan Uban yang Mudah dengan Masker Santan Kelapa

Ubah pola hidup lebih sehat, kelola stress agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan dan juga kondisi rambut kita. Risiko rambut beruban memang semakin tinggi karena stress yang berkepanjangan. Hal ini mau tidak mau jelas mempengaruhi bagaimana rasa percaya diri kita terhadap penampilan. Dapatkan rambut sehat dan kuat serta memiliki warna alami bercahaya dengan cara yang mudah. Yakni menerapkan pola hidup sehat, menghindari catokan atau hair dryer yang terlalu sering digunakan.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password