7 Resep Minuman Buka Puasa yang Bisa untuk Dijual, Kekinian dan Praktis!

Resep Minuman Buka Puasa yang Bisa untuk Dijual, Kekinian dan Praktis

Ohayo.co.id – Bulan Ramadan sudah di depan mata. Bulan yang penuh berkah ini pasti sudah ditunggu-tunggu oleh setiap muslim di seluruh dunia. Bulan puasa identik dengan berbagai menu buka puasa yang dijual di sepanjang jalan saat maghrib akan tiba. Ya, memang kehadiran bulan Ramadan juga menjadi berkah bagi mereka yang ingin menjajal bisnis kuliner.  Salah satunya adalah peluang jualan minuman buka puasa. Kamu ingin mencoba? Berikut ini beberapa resep minuman buka puasa untuk dijual. Selain kekinian, deretan minuman ini juga praktis pembuatannya.

Resep Minuman Buka Puasa yang Bisa untuk Dijual

1. Cheese Tea, kreasi keju yang mulai merambah ke dunia minuman

Cheese Tea, kreasi keju yang mulai merambah ke dunia minuman
Foto: Shutterstock

Kreasi keju memang sedang hits akhir-akhir ini. Cheese tea adalah salah satunya. Kombinasi teh tradisional dengan keju yang dickocok hingga berbusa di atasnya menjadi favorit para pemburu kuliner kekinian. Di bulan puasa nanti, kepopuleran cheese tea bisa menjadi peluang bisnis. Cara membuatnya tidak sulit. Untuk membuat 1 cup cheese tea kamu cukup menyiapkan 1 kantong teh celup, 2 sendok makan cream cheese, 2 sendok makan kental manis, 100 cc whipped cream cair, serta gula pasir, air matang, dan es batu secukupnya.

Cara membuat tehnya sama seperti membuat teh pada umumnya. Celupkan teh pada air matang yang telah dimasak hingga air menjadi kecoklatan. Siapkan gelas atau cup dan beri gula secukupnya, kemudian tuangkan teh dan aduk hingga rata. Tambahkan es batu secukupnya dan sisihkan.

Untuk membuat cheese foam-nya campurkan cream cheese, susu kental manis, dan whipped cream hingga merata dan berubah menjadi krim. Masukkan 2 sendok makan air matang dan kocok hingga teksturnya menjadi agak cair dan seperti busa. Tuangkan cheese foam ke atas teh yang sudah jadi secara perlahan supaya tidak tenggelam.

2. Thai Tea, minuman yang sedang hits dan ada dimana-mana

Thai Tea, minuman yang sedang hits dan ada dimana-mana
Foto: Shutterstock

Thai tea merupakan salah satu minuman terpopuler saat ini. Thai tea yang segar sangat cocok untuk diminum saat berbuka. Jadi tidak heran jika menu ini akan banyak dilirik untuk jadi peluang bisnis kuliner di bulan puasa nanti. Untuk membuat 1 cup thai tea dibutuhkan bahan yaitu 2 sendok makan black tea, 50 cc susu cair, 3 sendok makan susu kental manis, 1 sendok makan gula pasir, dan 200 cc air.

Cara membuatnya mudah. Seduh teh pada air yang telah mendidih hingga kental. Campurkan dengan susu cair, susu kental manis, dan gula lalu aduk hingga rata. Tuang ke dalam gelas saji dan tambahkan es batu. Thai tea siap disajikan.

Baca juga : Aneka Cemilan Kekinian yang Mudah Dibuat, Bisa Juga Untuk Dijual!

3. Es Lidah Buaya, minuman buka puasa yang segar

Es Lidah Buaya, minuman buka puasa yang segar
Foto: BisnisUKM

Lidah buaya tidak hanya memiliki segudang manfaat kesehatan, lidah buaya juga bisa dihidangkan menjadi minuman buka puasa yang segar. Cocok untuk menjadi menu jualan di bulan Ramadan nanti, bukan? Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah 500 gram lidah buaya, 1 sendok teh garam, 1 sendok makan kapur sirih, 100 gram gula pasir, air perasan 1 buah lemon, 4 lembar daun pandan, 1 sendok teh biji selasih yang telah direndam air panas, sirup melon, air matang, dan es batu secukupnya.

Sebelum membuatnya, daging lidah buaya terlebih dahulu dipotong-potong menjadi dadu lalu dicuci bersih dan ditiriskan. Campur air, garam, dan kapur sirih dalam satu wadah dan aduk hingga rata. Rendam potongan lidah buaya ke dalam campuran tersebut selama 1 jam. Kemudian bilas hingga lendirnya menghilang dan tiriskan.

Untuk membuat es lidah buaya didihkan air bersama gula, air lemon, dan daun pandan dalam panci. Masukkan potongan lidah buaya yang telah dibersihkan dan aduk rata. Masak dengan api sedang selama 5 menit lalu angkat dan tiriskan. Pisahkan air rebusannya. Masukkan lidah buaya, biji selasih, dan es batu secukupnya dalam gelas saji. Tambahkan sirup secukupnya dan tuang air rebusan tadi. Es lidah buaya siap disajikan!

4. Jus Mangga Kekinian, minuman buka puasa yang sehat

Jus Mangga Kekinian, minuman buka puasa yang sehat
Foto: Imagenesmi

Jus mangga kekinian asal Thailand menjadi primadona baru dalam bisnis kuliner. Di bulan puasa nanti jus mangga ala King Mango Thai bisa menjadi ide untuk kamu yang ingin berjualan minuman buka puasa yang sehat. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jus mangga kekinian antara lain 3 buah mangga (disarankan mangga arum manis), 1 sendok makan madu, 1 kotak/cup yoghurt, 2 sendok makan susu full cream, 300 cc air dingin, dan whipped cream secukupnya.

Langkah pembuatannya yaitu kupas mangga dan potong-potong berbentuk dadu. Blender 2,5 mangga dengan air dingin. Letakkan jus mangga pada gelas saji. Dalam tempat terpisah campurkan whipped cream dengan susu dan yoghurt, aduk hingga rata. Tuangkan ke atas jus mangga tadi lalu berikan sisa potongan mangga di atasnya.

5. Alpukat Kocok, minuman yang tengah populer dan banyak dicari

Alpukat Kocok, minuman yang tengah populer dan banyak dicari
Foto: Instagram FoodyID

Alpukat merupakan buah yang menganduk lemak baik dan bermanfaat bagi kesehatan. Sehingga minuman alpukat kocok yang sedang hits sangat cocok dijadikan minuman buka puasa sederhana. Bahan yang diperlukan untuk membuat alpukat kocok adalah 1 buah alpukat matang, 1 sachet susu kental manis coklat, 1 sendok makan gula putih yang dilarutkan dengan 50 cc air, gula merah yang dilarutkan, santan cair dan es batu secukupnya.

Untuk pembuatannya, pertama-tama keruk daging alpukat dan hancurkan menggunakan sendok. Tambahkan air gula, gula merah, dan santan kemudian aduk rata. Masukkan alpukat kocok tersebut dalam gelas saji dan tutup dengan es batu yang telah diserut. Di atasnya tambahkan susu kental manis secukupnya. Alpukat kocok siap dihidangkan!

Baca juga : Buka Puasa dengan Buah yang kaya Air Ini, Apa Saja!

6. Jus Kreasi Yakult, minuman buka puasa sederhana yang mudah dibuat

Jus Kreasi Yakult, minuman buka puasa sederhana yang mudah dibuat
Foto: Tokopedia

Jus kreasi yakult bisa menjadi salah satu pilihan minuman buka puasa untuk jualan saat bulan Ramadan. Jus bisa dikreasikan dengan menggunakan berbagai macam buah. Yang akan dicontohkan berikut ini adalah cara pembuatan jus melon yakult. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya hanyalah 1/4 buah lemon, 2 botol yakult, 1 sendok teh chia seed, dan es batu secukupnya.

Untuk membuatnya, pertama-tama kupas dan bersihkan buah melon. Blender melon, yakult, dan es batu secukupnya. Tuang dalam gelas saji dan tambahkan chia seed yang sebelumnya sudah direndam dalam air. Aduk rata. Jika jus yang dihasilkan terlalu kental bisa ditambahi air sesuai selera. Jadi deh, jus melon yakult. Untuk kreasi buah yang lain pembuatannya bisa dengan mengganti buah melon dengan buah yang diinginkan. Tidak sulit kan membuatnya?

7. Es Coklat, minuman yang selalu menjadi favorit para pecinta coklat

Es Coklat, minuman yang selalu menjadi favorit para pecinta coklat
Foto: Shutterstock

Coklat merupakan makanan yang sangat digemari oleh banyak orang. Salah satu kuliner coklat yang cukup populer adalah es coklat. Di bulan Ramadan nanti es coklat bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin berjualan minuman buka puasa yang praktis. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu 150 gram dark cooking chocolate yang dicincang kasar, 20 gram coklat bubuk, 200 gram gula pasir, 450 cc susu segar, 6 sendok makan es krim vanilla, 450 gram es batu serut, dan whipped cream.

Cara membuatnya yaitu yang pertama campurkan susu dan gula dalam panci dan panaskan hingga mendidih. Tambahkan coklat bubuk dan aduk rata hingga coklat larut. Selanjutkan dalam wadah terpisah larutkan dark cooking chocolate, lalu blender larutan itu dengan es krim vanilla dan es batu serut hingga halus. Tuangkan ke gelas saji dan tambahkan whipped cream di atasnya. Kamu bisa menambahkan taburan kacang mete atau topping lainnya di atas krim.

Itulah beberapa minuman buka puasa yang praktis dan kekinian yang bisa dijadikan ide bisnis di bulan Ramadan nanti. Minuman-minuman di atas sangat menyegarkan dan sangat cocok untuk dinikmati saat berbuka puasa. Nah, mana nih yang paling membuatmu tertarik?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password