5 Resep Jamu Kunyit Asam Paling Enak dan Menyegarkan

resep jamu kunyit asam

Ohayo.co.id – Minuman tradisional selama ini dirasa menjadi minuman yang kuno padahal banyak manfaat dan khasiat yang jauh lebih bagus dibandingkan minuman kemasan. Seperti jamu kunyit asan yang diketahui bisa membuat tubuh kita jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan minuman lainnya. Kunyit asam memiliki kandungan alami yang bisa menjadikan tubuh kita lebih sehat. Resep jamu kunyit asam ini juga tidak sulit.

Ada banyak resep yang bisa anda manfaatkan untuk membuat jamu kunyit asam. Cara mudah, bahan juga mudah ditemukan serta harga bahan dan peralatan yang tidak ribet. Anda bisa mengonsumsi jamu kunyit secara rutin, nikmati saat kondisinya dingin pasti akan memberi efek segar di badan kita.

Resep Jamu Kunyit Asam Paling Mudah

5 Resep Jamu Kunyit Asam Paling Enak dan Menyegarkan

  1. Resep Pertama

Salah satu resep jamu kunyit asam yang paling sederhana adalah menggunakan resep yang pertama ini. Siapkan 1 ons asam Jawa matang tanpa atau ada biji. Siapkan pula ½ ons kunyit parut dan 6 sdm gula putih dan sediakan pula 500 ml air. Cara pembuatannya adalah campur terlebih dahulu air ke dalam parutan kunyit dan tambahkan asam dan gula. Masak hingga mendidih, matikan setelah mendidih lalu saring dan kunyit asam siap untuk diminum.

  1. Resep Kedua

Siapkan terlebih dahulu 250 gram kunyit, cuci dan kupas. Kemudian persiapkan segenggam asam jawa, 1 liter air, 150 gram gula jawa atau gula aren. Siapkan secukupnya jeruk nipis untuk membuat kunyit asam paling nikmat ini. Resep jamu kunyit asam berikutnya adalah blender kunyit dengan 250 ml air hingga teksturnya halus dan saring serta masukkan panci. Masukkan asam jawa dan gula jawa kemudian rebus dan aduk menggunakan sendok kayu hingga mendidih. Cicipi hingga rasanya pas apabila terasa ada yang kurang tambahkan sesuai selera dan gunakan api sedang.

Baca juga : 7 Resep Pelega Tenggorokan Saat Batuk Paling Ampuh dan Murah

5 Resep Jamu Kunyit Asam Paling Enak dan Menyegarkan

  1. Resep Ketiga

Resep jamu kunyit asam berikutnya juga tak jauh berbeda. Siapkan 1 bungkus kunyit desaku, 8 biji gula merah dan 4 biji asem matang atau asem jawa. Siapkan pula 1 liter air. Seduh air ke dalam panci hingga mendidih, masukkan semua bahan serta aduk hingga gula merah larut. Saring dan tuang ke dalam tempat atau gelas. Sajikan saat sedang panas atau dingin. Konsumsi secara rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya.

  1. Resep Keempat

Resep berikutnya juga tak kalah mudah, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu 1 kg induk kunyit, 1 ons asam jawa, 500 gram gula merah dan 20 lembar sirih gunung. Kemudian, saring kunyit dan sirih yang sudah anda blender, peras dan lakukan seperti halnya memeras santan menggunakan air 200 ml. Rebus gula merah dengan air sekitar 1000 ml hingga larut. Kupas kulit induk kunyit, blender dan campur menggunakan sirih yang diblender, sisihkan.

Baca juga : Resep Mixed Juice Sehat Untuk Cegah Resiko Terserang Penyakit Kanker

Masukkan ke dalam panci dan masukkan pula asam jawa, rebus hingga mendidih serta matikan api. Masukkan gula merah ciar ke dalam jamu dan aduk hingga rata kemudian saring jamu yang sudah dingin ke dalam botol, masukkan ke dalam kulkas.

5 Resep Jamu Kunyit Asam Paling Enak dan Menyegarkan

  1. Resep Kelima

Siapkan 6 ruas kunyit dengan ukuran sedang, 12 biji asam, 2 bulatan gula merah, 6 sendok makan gula putih, 5 gelas air. Cuci bersih kunyit, kupas dan iris tipis-tipis. Rebus air hingga mendidih, siapkan asam, iris gula merah agar mudah larut kemudian masukkan semua bahan saat air mendidih, rebus menggunakan api kecil serta tunggu hingga warnanya kuning pekat dan air menyusut kurang lebih 4 gelas. Tes rasa jika kurang maka tambah sesuai selera.

Inilah beberapa resep jamu kunyit asam paling lezat dan nikmat. Konsumsi secara rutin agar bisa menjadikan tubuh sehat. Selamat mencoba!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password