Resep Jamu Kunyit Asam yang Enak dan Cara Membuatnya

Ohayo.co.id – Indonesia kaya akan minuman tradisional yang lezat dan juga sehat. Hal ini karena negara kita yang memiliki rempah-rempah melimpah ruah. Tentu tidak hanya digunakan sebagai makanan saja tetapi juga bisa kita racik menjadi minuman tradisional yang sehat dan menyegarkan. Seperti jamu kunyit asam yang memiliki rasa enak serta cara mudah dalam pembuatannya. Ada banyak resep jamu kunyit asam yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Jamu kunyit asam ini memang seringkali dikonsumsi untuk pereda nyeri saat datang bulan. Tetapi ada banyak manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan. Beberapa diantaranya seperti memperlancar siklus haid, membuat kulit kita cerah bersinar serta mampu menjadikan tubuh lebih sehat. Berikut cara membuat jamu kunyit asam dengan mudah.

Resep Jamu Kunyit Asam yang Segar

Resep Jamu Kunyit Asam yang Enak dan Cara Membuatnya - Ohayo.co.id

Cara membuat jamu kunyit asam segar ini tidaklah sulit. Bahkan beberapa bahannya mudah anda temukan di dapur. Membuatnya juga tak membutuhkan waktu lama yang mana bisa kita racik dengan waktu cukup singkat. Siapkan terlebih dahulu beberapa bahan yang dibutuhkan.

Siapkan 1 jari kunyit, asam, gula pasir dan juga gula merah. Bahan-bahan ini mudah anda temukan di dapur atau membelinya di pasar. Anda juga bisa memberi takaran bahan ini sesuai dengan selera dan kesukaan anda. Apabila bahan-bahan yang dibutuhkan sudah lengkap, berikut cara membuatnya.

Baca juga : Cara Membuat Jamu Beras Kencur Segar dan Menyehatkan

Resep Jamu Kunyit Asam yang Enak dan Cara Membuatnya - Ohayo.co.id

Cuci bersih terlebih dahulu kunyit dan asem yang sudah anda siapkan. Setelahnya, letakkan asam ke dalam mangkok kecil dan berikan air. Remas sedikit-sedikit dan buang bijinya. Potong kunyit kemudian blender hingga kering daan beri sedikit air di dalamnya. Ulangi lagi proses blender hingga kurang lebih 3 kali dan saring. Tambahkan air kira-kira sebanyak sekitar 1500 ml.

Barulah jika resep jamu kunyit asam ini anda lakukan dengan benar, masukkan gula pasir dan gula merah serta sedikit garam agar rasanya bisa lebih nikmat dan segar. Jika sudah dingin, letakkan di kulkas agar bisa terasa lebih segar. Minuman tradisional ini diketahui memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh kita. Apalagi dengan bahan alami yang sudah terbukti keamanannya karena kita sendiri yang mengolah dan memprosesnya.

Selama menggunakan resep jamu kunyit asam ini, anda bisa mengetes rasa dan tambahkan beberapa bahan jika dirasa masih belum pas. Pastikan anda telah melakukan langkah atau cara-cara tersebut dengan benar. Nikmati jamu kunyit asam ini dengan kondisi dingin agar terasa lebih segar. Terutama saat cuaca terasa panas, jamu kunyit asam terasa nikmat dan segar.

Baca juga : 5 Manfaat Jamu Kunyit Asam Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Resep Jamu Kunyit Asam yang Enak dan Cara Membuatnya - Ohayo.co.id

Kunyit asam memang selama ini diketahui sebagai jamu pereda nyeri haid. Tetapi, anda bisa juga memanfaatkannya untuk kebutuhan lainnya. Misalnya saja manfaat untuk menyembuhkan luka bakar, menyembuhkan perih akibat paparan ultraviolet serta mampu membuat kulit kita menjadi lebih bercahaya. Jamu kunyit asam diketahui bisa menghilangkan bau badan yang tidak sedap serta menyembuhkan mata yang terlalu sensitif terhadap cahaya.

Ada banyak manfaat jamu kunyit asam yang bisa kita dapatkan. Juga resep jamu kunyit asam yang diketahui cukup mudah dilakukan sendiri di rumah srta mampu menyembuhkan pembengkakkan pada slaput lendir mulut kita. Mengonsumsi jamu kunyit asam ini bermanfaat sebagai anti aging atau membuat tubuh dan wajah kita menjadi awet muda.

Simpan dan gunakan resep jamu kunyit asam ini untuk membuatnya sendiri di rumah. Nikmati saat cuaca panas dan simpan di dalam kulkas. Konsumsi secara rutin jika anda ingin mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password