RJI Gelar Workshop dan Launching PT.Kresna Acitya Nusantara Mediatama

RJI Gelar Workshop dan Launching PT.Kresna Acitya Nusantara Mediatama - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Pada tanggal 10 Mei 2019, berlokasi di Hom Timoho Yogyakarta, Relawan Jurnal Indonesia (RJI) menggelar acara dengan tema “Workshop For Journal Indexing & Accreditation” yang dihadiri para Ketua Koordinator Daerah (Korda) RJI seluruh Indonesia. Dihadiri kurang lebih 40 Ketua Korda yang tersebar mulai dari Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Maluku, Jambi, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Papua, serta daerah lain di Indonesia, acara tersebut berlangsung sangat meriah. Hal ini terlihat dari antusiasme para Korda RJI selama diskusi hingga akhir acara.

Andri Putra Kesmawan, selaku Ketua RJI Pusat membuka acara dengan terlebih dahulu menyapa para Korda RJI dari seluruh Indonesia. Acara tersebut diselenggarakan dengan tujuan pertama dalam rangka silaturahim, dan kedua untuk memperkokoh ideologi RJI di kalangan Korda. Hal tersebut untuk mengantisipasi agar RJI tidak melenceng dari garis awalnya.

RJI merupakan organisasi non profit yang dengan sukarela memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga terkait pengelolaan jurnal elektronik kepada Pengelola Jurnal di Seluruh Indonesia. RJI resmi berdiri pada tanggal 01 Juni 2016 di Yogyakarta. RJI mengawali Munas pertamanya di Yogyakarta yang diawali dengan gagasan untuk mempermudah orang-orang mengenal tentang jurnal. Gagasan tersebut berhasil, dihadiri kurang lebih 250 orang dari prediksi awal hanya 50 orang, antusiasme orang-orang untuk mengenal jurnal melebihi target. Hal tersebut menjadi langkah awal berkembangnya RJI sampai saat ini.

RJI Gelar Workshop dan Launching PT.Kresna Acitya Nusantara Mediatama - Ohayo.co.id

Busro, selaku Sekretaris I RJI Pusat memperkuat sejarah berdirinya RJI dengan ungkapan bahwa RJI berawal dari sebuah harapan. RJI berdiri dengan berdarah-darah dan tersebar luas berkat dukungan para Korda di seluruh Indonesia. Sehingga saat ini, pemahaman orang-orang di luar sana tentang jurnal sudah sangat dipermudah. Harakan, selaku Sekretari II RJI Pusat turut hadir dalam acara dan menambahkan bahwa saat ini keberadaan RJI sudah sangat terasa. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya jurnal di Indonesia yang terbantu dan terindeks sekaligus terakreditasi.

Baca juga : Wah! Ini Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tak Salah Langkah

Pada akhir sambutan, Andri Putra Kesmawan menegaskan bahwa ke depannya, RJI akan berusaha mewujudkan diri sebagai Pusat Studi Publikasi Indonesia. Karena RJI lahir melalui perjuangan para pengelola jurnal untuk berbagi dan giatkan publikasi. Harapannya, RJI akan terus dibawa ke arah yang positif demi kemajuan jurnal Indonesia. Sehingga, orang-orang dapat lebih mudah untuk mengetahui serba-serbi tentang jurnal dan publikasi ilmiah.

RJI Gelar Workshop dan Launching PT.Kresna Acitya Nusantara Mediatama - Ohayo.co.id

Gelaran “Workshop For Journal Indexing & Accreditation” tersebut memiliki tiga rangkaian acara. Pertama laporan tim yang terdiri dari Tim DOI, Custom, Hosting dan Sekolah Jurnal. Kedua, laporan kesekretariatan terkait agenda RJI yang sedang, sudah dan akan dilaksanakan. Acara ketiga yakni Launching PT. Kresna Acitya Nusantara Mediatama.

PT. Kresna Acitya Nusantara Mediatama didirikan oleh para akademisi yang bergabung di Relawan Jurnal Indonesia. Berawal dari harapan untuk menyalurkan ilmu pengetahuan khususnya tentang publikasi ilmiah untuk Nusantara, PT. Kresna Acitya Nusantara Mediatama akan menjadi mediator ilmu pengetahuan. Selain itu, PT. Kresna Acitya Nusantara Mediatama didirikan sebagai unit usaha dan menjadi sumber pendanaan yang independent bagi keberlangsungan RJI yang notabene merupakan organisasi non profit.

Baca juga : 8 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram yang Bisa Bikin Kamu Tambah Kaya!

PT. Kresna Acitya Nusantara Mediatama memiliki target klien dari tingkat nasional hingga internasional. Karena prinsip berdirinya PT. Kresna Acitya Nusantara Mediatama tidak hanya untuk membantu publikasi ilmiah di Indonesia, tetapi harus melihat mereka (klien di luar Indonesia) sebagai rekan yang harus ditolong.

Secara garis besar, PT. Kresna Acitya Nusantara Mediatama merupakan lembaga publikasi ilmiah dengan layanan yang qualified. Hal tersebut dibuktikan dengan rancangan dan konsep yang ditawarkan secara detail dan lengkap. Tidak hanya itu, pada tahun 2019 ini, PT. Kresna Acitya Nusantara Mediatama mengawali kiprahnya dengan melakukan kontrak kerjasama bersama IOP Conference Series: Earth and Environmental Science di Kuala Lumpur, Malaysia. Sehingga sebagai wujud komitmen, PT. Kresna Acitya Nusantara Mediatama akan tetap pada prosedur naskah ilmiah yang sesuai pada takarannya. Karena PT. Kresna tidak dapat memaksakan dengan target GB tertentu (tergantung kualitas greeding naskah artikel), kualitas naskah melalui PT. Kresna Acitya Nusantara Mediatama tetap tergantung kemampuan pada naskah tersebut.

ohayo.co.id - Hot Trends
Penulis : Sofiyah
Editor : Fitria Yusrifa

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password