Sedang Menjalani Program Penurunan Berat Badan? 5 Hal Ini Perlu Anda Pahami

Sedang Menjalani Program Penurunan Berat Badan? 5 Hal Ini Perlu Anda Pahami

Ohayo.co.id – Memiliki berat badan ideal memang menjadi impian semua orang, namun bagaimana jika berat badan yang dimiliki tidak sesuai dengan apa yang diinginkan dan terkesan berlebih? Salah satu solusinya adalah menjalani program penurunan berat badan. Namun, untuk mendapatkan berat badan sesuai yang diinginkan, anda wajib memahami hal-hal berikut. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut.

Hal yang Perlu dipahami Saat Menjalani Program Penurunan Berat Badan

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipahami saat menjalani program penurunan berat badan, antara lain:

1. Perhatikan Kualitas Nutrisi dalam Menu Makanan

Saat menjalankan program penurunan berat badan, ada baiknya untuk memperhatikan kualitas nutrisi dalam menu makanan yang akan Anda konsumsi setiap harinya. Usahakan untuk memilih makanan yang bergizi namun dengan kalori yang sedikit agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Hal tersebut akan sangat membantu program diet Anda berjalan lebih lancar.

2. Perhatikan Kadar Protein dalam Menu Makanan

Protein merupakan poin penting dalam proses menurunkan berat badan. Dengan konsumsi menu makanan berkadar protein yang cukup, tentunya akan membuat Anda menjadi tidak mudah lapar. Hal itu sangat baik untuk memuaskan selera makan, seperti konsumsi ikan, telur, kacang-kacangan ataupun daging. Sehingga penurunan berat badan akan maksimal dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Baca juga : Menurunkan Berat Badan dengan Air Tebu, Emang Bisa?

3. Perhatikan Waktu Makan

Hal yang perlu Anda pahami dalam menjalani program penurunan berat badan selanjutnya adalah dengan memperhatikan waktu makan. usahakan untuk mengatur pola makan dalam waktu yang tepat. Selain membuat Anda tidak mudah lapar, pemilihan waktu makan yang tepat akan mempermudah Anda dalam menurunkan berat badan. Proses diet akan berjalan dengan lancar dan tidak menyiksa anda tentunya.

4. Perhatikan Indeks Glikemik Dalam Menu Makanan

Indeks Glikemik atau yang lebih dikenal dengan GI merupakan proses pelepasan gula yang ada dalam darah. Sehingga semakin rendah kadar GI, maka makanan tersebut akan semakin baik untuk di konsumsi. Dengan kadar yang rendah, maka tidak akan membuat perut cepat lapar. Anda bisa mengonsumsi kentang sebagai menu makanan dengan kadar GI rendah, dimana akan sangat baik dalam mendukung proses penurunan berat badan yang sedang Anda jalani saat ini.

Baca juga : Tips Melakukan Senam Aerobik untuk Menurunkan Berat Badan Lebih 

5. Perhatikan Jumlah atau Porsi Makanan

Menjalani program penurunan berat badan bukan berarti menghilangkan seluruh porsi makan, namun hanya diganti dengan mengaturnya agar lebih baik. Usahakan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi kecil saja, namun dalam waktu yang sering. Apabila lapar di malam hari, coba untuk mengganti nasi dengan sayur atau buah-buahan yang kaya akan serat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kelaparan, karena perut tetap terisi tanpa merasa khawatir terjadi kegemukan.

6. Perhatikan Kebiasaan Mengonsumsi Makanan

Hal yang perlu Anda pahami selanjutnya adalah usahakan untuk memperhatikan kebiasaan mengonsumsi makanan. Sebaiknya biasakan untuk mengonsumsi makanan sebelum berbelanja, hal tersebut akan menghindarkan anda dari belanja makanan ringan yang berlebihan. Jika dibiarkan, maka bukan tidak mungkin proses penurunan berat badan yang sedang dijalani akan gagal total. Jika perut sudah kenyang, maka Anda tidak akan membeli berbagai macam makanan yang tidak perlu atau tidak ada di dalam daftar belanjaan bukan?

Anda sedang menjalani program penurunan berat badan? Cara diatas sangat tepat dan harus Anda pahami agar proses diet tersebut tidak sia-sia. Jika perlu, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui jenis diet yang tepat untuk dilakukan. Tertarik untuk mencobanya? Semoga berhasil.

[Form id=”27″]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password