Produksi ASI Tidak Lancar Bahkan Tak Keluar Sama Sekali, Ini Penyebabnya!

Alami Morning Sickness yang Parah Adalah Tanda Hamil Anak Perempuan, Benarkah?

Ohayo.co.id – Ibu yang menyusui bayinya dengan lancar akan measa ada kebanggaan tersendiri. Sebab pemberian ASI memang disarankan agar anak mendapatkan gizi sempurna dan baik bagi kesehatannya. Namun kendala yang seringkali terjadi adalah ASI pada sang ibu tidak lancar bahkan tidak keluar sama sekali. Kondisi ini yang terkadang membuat sang ibu menjadi stress. Ketahui dengan benar apa saja penyebab produksi ASI tidak lancar bahkan tak keluar sama sekali.

Penyebab Produksi ASI Tidak Lancar Bahkan Tidak Keluar Sama Sekali

Ada sebab ada akibat. Setidaknya hal ini juga yang berlaku pada produksi ASI ibu. Bisa jadi karena faktor hormon hingga karena kondisi ibu yang stress. Ada banyak penyebab produksi ASI tidak lancar bahkan tak keluar sama sekali. Apabila dikenali lebih jauh lagi, kita bisa menemukan solusi yang tepat agar bayi bisa mendapatkan ASI sesuai dengan yang disarankan.

Penyebab Produksi ASI Tidak Lancar Bahkan Tidak Keluar Sama Sekali

Penyebab Produksi ASI Tidak Lancar Bahkan Tidak Keluar Sama Sekali

Terutama bagi orang tua baru, mereka bisa panik mengapa produksi ASI tidak bisa lancar. Ujungnya justru membuat ibu menjadi stress. Padahal kondisi ini juga lah yang mempengaruhi lancar tidaknya ASI bagi sang bayi. Tidak hanya berhenti sampai disitu, penyebab produksi ASI tidak lancar bahkan tak keluar sama sekali bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :

1. Kurangnya Keinginan untuk Menyusui

Ada beberapa ibu yang memiliki tekad kuat bahwa anak harus bisa minum ASI dari mulai pertama lahir. Namun keinginan ini terhalang dengan kondisi produksi ASI yang tidak lancar. Ada juga ibu yang sudah merasa kelelahan dan tidak kuat untuk menyusui serta memberi bayi susu formula. Keinginan seperti inilah yang menjadi penyebab produksi ASI tidak lancar bahkan tak keluar sama sekali. Buatlah keinginan yang kuat untuk menyusui bayi sejak pertama ia lahir. Dukungan dari keluarga sangat dibutuhkan, terutama peran penting dari sang suami.

2. Kurangnya Stimulasi Menyusui

Penyebab produksi ASI tidak lancar bahkan tak keluar adalah karena kurangnya stimulasi menyusui. Semakin sering sang ibu menyusui bayi maka semakin besar juga kemungkinan produksi ASI menjadi lancar. Ketika bayi menyusu maka akan sangat mempengaruhi produksi air susu ibu dan merangsang adanya hormon oksitosin yang memiliki fungsi penting untuk produktivitas ASI. Semakin sering membiarkan bayi menyusui maka semakin banyak dan baik jumlah ASI yang mampu diproduksi. Jangan berputus asa apabila ASI belum keluar pada saat pertama kali ia menyusui.

Baca Juga : Ayah Ikut Mengurus Bayi Ternyata Bikin ASI Ibu Lebih Lancar

Penyebab Produksi ASI Tidak Lancar Bahkan Tidak Keluar Sama Sekali

3. Kondisi Ibu yang Stress

Kondisi setelah melahirkan tidaklah sama dengan kondisi sembuh pada sakit lainnya. Proses melahirkan membutuhkan tenaga yang luar biasa. Namun perlahan akan menghilang ketika ibu melihat bayi yang selama ini dikandungnya telah lahir di dunia. Pasca melahirkan, hal yang harus didapatkan adalah dukungan dari suami dan juga keluarga besar untuk mengasuh sang bayi. Jika semuanya diurus oleh sang ibu seorang diri maka ia bisa mengalami baby blues. Rasa stress pada ibu bisa menjadi penyebab produksi ASI tidak lancar bahkan tidak keluar sama sekali.

Pulihkan semangat ibu untuk mengasuh bayi dan memberikannya ASI selama pada usia yang disarankan. Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah – buahan segar agar produksi ASI bisa lancar. Hindari rasa stress dan beberapa penyebab lainnya yang telah diulas diatas. Karena ASI adalah makanan bayi yang amat baik untuk diberikan. Semangat mengasihi, para ibu muda!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password