Begini Potret Keluarga Oka Antara dan Happy Salma Saat Perayaan Nyepi

Begini Potret Keluarga Oka Antara dan Happy Salma Saat Perayaan Nyepi 1

Ohayo.co.id – Hari Raya Nyepi merupakan hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun baru Saka. Hari Raya Nyepi 1941 jatuh pada tanggal 7 Maret 2019 mendatang. Nyepi sendiri bertujuan untuk melestarikan alam dan meminta penyucian diri, pikiran dan alam kepada sang pencipta. Perayaan Nyepi biasanya dilakukan dalam serangkaian acara yang dikemas dalam beberapa hari, biasanya tiga atau dua hari sebelum acara puncak (catur brata) hingga satu hari setelah acara puncak.

Sebelum catur brata, dilakukan upacara melasti. Upacara ini dilakukan tiga atau dua hari sebelum perayaan Nyepi. Satu hari sebelum Nyepi, dilakukan upacara Buta Yadnya dilanjutkan upacara pengerupukan. Upacara ini ditandai dengan pawai ogoh-ogoh. Puncak perayaan Nyepi dilakukan dengan catur brata. Nyepi atau Catur Brata Penyepian sendiri dilakukan dari pukul 06.00 pagi hingga 06.00 pagi keesokan harinya dengan melaksanakan empat pantangan.

Empat pantangan dalam perayaan Nyepi itu adalah amati geni (tidak menyalakan api, lampu, dan alat elektronik lainnya), amati karya (tidak bekerja), amati lelangunan (tidak bersenang-senang), dan amati lelungan (tidak bepergian). Setelah catur brata penyepian selesai, Nyepi diakhiri dengan upacara ngembak geni.

Oka Antara dan keluarga - Begini Potret Keluarga Oka Antara dan Happy Salma Saat Perayaan Nyepi - Ohayo.co.id
Salah satu selebriti yang turut merayakan Nyepi adalah Oka Antara dan keluarga (Foto: Instagram/@oks_antara)

Perayaan Nyepi dilakukan oleh seluruh umat Hindu di seluruh dunia, tidak terkecuali artis Indonesia di manapun ia berada. Seperti halnya aktor tampan Oka Antara yang di tengah kesibukannya, ia tetap meluangkan waktu untuk menunaikan kewajibannya beribadah Nyepi.

Biasanya, artis berkelahiran Jakarta bernama lengkap Nyoman Oka Wisnupada Antara ini menunaikan ritual keagamaan bersama pasangannya, Rara Wiritanaya dan ketiga anaknya di Jakarta. Momen ini ia gunakan untuk beribadah dan berkumpul bersama keluarga. Hal ini tampak dari unggahan foto bersama di akun Instagram milik istri dan miliknya. Pada foto tersebut, tampak keluarga hangat yang sedang tersenyum setelah melakukan sembahyang saraswati.

Baca juga : Upacara Melasti, Bentuk Penyucian Diri Jelang Nyepi, Ini Detail Prosesinya

Happy Salma dan keluarga rutin mengikuti peribadatan agama Hindu - Begini Potret Keluarga Oka Antara dan Happy Salma Saat Perayaan Nyepi - Ohayo.co.id
Happy Salma dan keluarga juga rutin mengikuti peribadatan agama Hindu yang dianutnya (Foto: Instagram/@happysalma)

Tidak jauh berbeda dengan Oka, aktris ayu Happy Salma pun melakukan perayaan nyepi bersama keluarganya. Setelah tahun 2018 lalu ia merayakan Nyepi bersama sahabatnya Maudy Koesnaedi, tahun ini kembali menjadi tahun istimewa bagi Happy di mana ia merayakan nyepi bersama suami dan kedua buah hatinya untuk pertama kali. Pasca kelahiran anak ke dua bernama Tjokorda Ngurah Rayidaru Kerthyasa 2 September tahun lalu, tentu menjadi kegembiraan lengkap di hari yang suci tahun ini bagi Happy Salma dan suami.

Perayaan Nyepi bukanlah hal yang asing bagi Istri Tjokorda Bagus Dwi Santana Kertayasa. Momen yang bahagia ini selain sebagai bentuk ketaatannya pada sang Dewata, juga dimanfaatkan oleh pemain Description Without Place itu untuk berkumpul bersama keluarga serta mengajarkan nilai- nilai luhur yang terkandung dalam perayaan Nyepi kepada putri tertuanya. Hal ini tampak pada postingan foto Instagram Tjokorda Bagus pada saat acara pengerupukan tahun 2018 silam.

Happy Salma mengajarkan ritual penting keagamaan pada putri sulungnya sejak dini - Begini Potret Keluarga Oka Antara dan Happy Salma Saat Perayaan Nyepi - Ohayo.co.id
Sebagai pemeluk Hindu taat, Happy Salma telah mengajarkan ritual penting keagamaan pada putri sulungnya sejak dini (Foto: Instagram/@happysalma)

Baca juga : Capai Kesempurnaan Saat Hari Raya Nyepi? Patuhi 4 Aturan ini!

Pada salah satu foto tampak Kinandari kecil sedang melakukan sembahyang bersama ayahnya. Foto lain tampak Kinandari diikuti Happy dari belakang sedang mengikuti arakan ogoh-ogoh kecil yang dipikul oleh dua anak laki-laki. Pengajaran tersebut dilakukan sebagai upaya pengenalan dan pembiasaan diri dan ibadah kepada anak sulung mereka sehingga nilai-nilai yang tertanam dapat dipergunakan sebagaimana yang diajarkan hingga dewasa.

Putri Happy Salma mengikuti perayaan Nyepi - Begini Potret Keluarga Oka Antara dan Happy Salma Saat Perayaan Nyepi - Ohayo.co.id
Putri Happy Salma mengikuti perayaan Nyepi (Foto: Instagram/@tjokgus)

Dengan demikian, perayaan Nyepi bagi Oka Antara dan Happy Salma tak sebatas ibadah atau bentuk permohonan kepada sang pencipta saja. Ada pula keinginan untuk mewariskan nilai-nilai tradisi kepada anak-anak tercinta, sehingga kelak mampu menjaga tradisi nenek moyangnya. Tentu saja, pada perayaan Nyepi 2019 mendatang, kedua selebriti ini telah memiliki rencana yang siap direalisasikan bersama keluarga besar. Bagaimana dengan perayaan Nyepi di keluarga besar sobat Ohayo? Yuk bagikan keseruan itu di kolom komentar!

(ohayo.co.id - #rayakankeberagaman)
Penulis: Rekno Wulan
Editor: Fitria Yusrifa

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password