5 Posisi Tidur yang Tepat Saat Sakit Pinggang Belakang

5 Posisi Tidur yang Tepat Saat Sakit Pinggang Belakang

Ohayo.co.id – Tubuh membutuhkan waktu istirahat agar bisa memulihkan rasa lelah saat seharian beraktivitas. Sayangnya waktu istirahat paling sempurna yakni tidur malah terganggu dengan posisi yang tidak nyaman dan memperparah kondisi sakit pinggang belakang yang sedang anda derita. Pernahkah anda mengalami hal yang demikian? Ada beberapa posisi tidur yang tepat yang bisa anda lakukan jika tidak ingin kondisi bangun tidur malah badan terasa lelah.

Sakit di bagian pinggang belakang atau merasa nyeri di bagian punggung bawah membutuhkan posisi tidur yang nyaman. Posisi ini akan membantu anda mengatasi rasa nyeri dan sakit pinggang. Tidur juga bisa semakin nyenyak, berkualitas dan tidak mengganggu waktu istirahat anda. Berikut varian posisi tidur untuk sakit pinggang belakang yang akan membantu anda.

5 Posisi Tidur untuk Sakit Pinggang Belakang

  1. Posisi Telentang dan Bantal Mengganjal Lutut

5 Posisi Tidur yang Tepat Saat Sakit Pinggang Belakang

Salah satu posisi tidur yang tepat agar sakit pinggang belakang anda tidak bertambah parah adalah dengan posisi telentang dan bantal mengganjal lutut. Berbaringlah telentang dengan bagian punggung lurus di atas kasur.  Posisi ini termasuk yang terbaik karena brat tubuh kita tertopang dengan baik dan merata. Juga bisa meminimalkan tekanan yang berlebih di beberapa titik tertentu seperti misalnya leher, kepala dan juga tulang belakang.

  1. Telentang dengan Posisi Menyandar dan Berbaring

5 Posisi Tidur yang Tepat Saat Sakit Pinggang Belakang

Baca juga : Posisi Tidur yang Tepat Saat Masa Menstruasi Agar Tidak Mengalami Kram

Posisi berikutnya adalah dengan telentang, menyandar dan berbaring. Posisi ini dilakukan seperti saat duduk di kursi yang memiliki sandaran. Sebab tidur dalam posisi berbaring bisa memberi keuntungan untuk mereka yang menderita sakit pinggang belakang seperti orang dengan Spondylolisthesis Isthmic. Kondisi tersebut merupakan salah satu ruas atas tulang belakang yang tergeser ruas di bagian bawahnya. Maka dari itu, posisi tidur ini aman untuk punggung dan anda juga bisa menempatkan tangan di atas perut dan dada atau di bagian samping tubuh kita.

  1. Posisi Menyamping dengan Bantal atau Guling di Antara Kedua Lutut

5 Posisi Tidur yang Tepat Saat Sakit Pinggang Belakang

Baca juga : Ladies Harus Tahu! Ini Posisi Tidur Saat Haid yang Benar

Sakit pinggang belakang tidak akan mengganggu tidur nyenyak anda dengan posisi menyamping dan bantal atau guling di antara kedua lutut. Posisi ini diketahui menjadi posisi tidur terbaik yang akan membantu anda mendapatkan tidur nyenyak. Jangan lupa untuk menempatkan bantal atau guling di antara kedua lutut yang mana bisa membuat posisinya lebih nyaman dan lebih baik. Anda juga tetap bisa menggunakan guling agar tidur makin nyenyak.

  1. Posisi Meringkuk

5 Posisi Tidur yang Tepat Saat Sakit Pinggang Belakang

Baca juga : Inilah Posisi Tidur Ibu Hamil yang Benar dan Aman

Posisi meringkuk seperti janin ternyata bisa membantu anda tidur nyenyak meski sakit pinggang belakang sempat anda rasakan. Posisi ini bagus untuk mereka yang menderita saraf kejepit yang mana membuat tubuh membuka ruang untuk sendi-sendi yang ada diantara tulang belakang kita. Ubah kemiringan secara bergilir saat tidur agar bisa menghindari ketidakseimbangan tekanan yang ada di satu sisi.

  1. Posisi Telungkup

5 Posisi Tidur yang Tepat Saat Sakit Pinggang Belakang

Tidur dengan posisi telungkup diatas perut memang kurang bagus untuk mereka yang merasakan nyeri punggung. Hal ini karena adanya tekanan di bagian leher yang bisa meningkat dan terasa benar-benar mengganggu. Tetapi anda bisa mengakalinya dengan meletakkan bantal di perut agar memperbaiki kesejajaran tulang belakang. Gunakan bantal yang sama untuk menunjang kepala dan posisikan kepala ke samping kanan atau kiri.

Posisi tidur seperti yang ada pada ulasan ini akan membantu anda mengatasi sakit pinggang belakang yang dikhawatirkan mengganggu tidur nyenyak anda. Pastikan posisi tidur anda sudah benar sesuai dengan yang disarankan agar rasa nyeri atau sakit pinggang ini tidak semakin parah. Sebab, tak sedikit mereka yang merasa pegal dan lelah saat terbangun dari tidur dikarenakan posisi tidur yang salah.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password