Pola Hidup Sehat Untuk Merawat Kesehatan Paru – Paru

Merawat Kesehatan Paru

Ohayo.co.id – Sebagai organ yang fungsi utamanya sebagai sistem pernapasan tentu fungsi paru – paru sangatlah penting. Apalagi paru – paru menjadi sebuah organ yang tidak bisa digantikan fungsinya oleh organ tubuh yang lain. Paru – paru sendiri juga memiliki peran dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan juga termasuk salah satu sistem ekskresi dalam tubuh manusia.

Paru – paru harus dijaga kesehatannya. Salah satunya dengan menghindari mengonsumsi rokok dan menghirup asap rokok karena paru – paru bisa rusak karena hal tersebut. Selain itu pola hidup sehat yang lain juga perlu diterapkan dalam merawat kesehatan paru – paru. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

Pola Hidup Sehat Untuk Merawat Kesehatan Paru – Paru

Merawat Kesehatan Paru paru

Hindari paparan zat klorin secara langsung

Satu hal yang Anda harus tahu bahwa zat klorin dapat membuat kerja paru – paru Anda jadi lebih berat dibandingkan biasanya. Klorin sendiri tak hanya berasal dari makanan akan tetapi juga berasal dari air PDAM. Karena itu ada baiknya Anda gunakan penyaring atau filter pada keran air supaya klorin tidak ikut terbawa.

Kurangi makanan yang menjadi penyebab lendir pada paru – paru

Makanan yang dapat memicu penumpukan lendir adalah makanan yang mengandung begitu banyak gula seperti halnya cokelat dan permen. Lendir yang menempel di paru – paru juga nantinya dapat mengakibatkan penyakit paru kronis karena itu makanan penyebab lendir paru harus dihindari.

Baca Juga : Ini Lho Gaya Hidup Sehat untuk Miliki Tubuh Ideal Tanpa Diet

Jaga tubuh dari stres

Paru – paru juga erat kaitannya dengan emosi manusia. Hal ini jika terjadi tentu akan menyebabkan paru – paru lebih bekerja keras dibandingkan biasanya. Utamanya Anda yang memiliki riwayat asma, hindari stres berlebihan karena dapat memicu penyakit asma dan memicu masalah kesehatan paru – paru yang lainnya.

Jaga berat badan tetap ideal

Obesitas juga dapat menjadi salah satu aspek yang memicu timbulnya berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, jantung dan paru – paru. Badan yang terlalu gemuk juga dapat membuat kerja jantung dan paru lebih berat karena orang gemuk sendiri butuh oksigen yang lebih banyak. Karena itu baiknya Anda jaga berat badan supaya lebih ideal sehingga Anda bisa lebih sehat nantinya.

Untuk merawat kesehatan paru – paru, beberapa pola sehat diatas wajib Anda terapkan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password