Inilah Perubahan Pada Tubuh Seusai Masa Menyusui

Inilah Perubahan Pada Tubuh Seusai Masa Menyusui ok

Ohayo.co.id – Bagi ibu yang sudah melahirkan, menyusui adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan agar nutrisi anak bisa terpenuhi dan tubuhnya pun menjadi sehat. Menyusui bagi wanita adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan semasa hidupnya. Meskipun aktifitas ini akan membutuhkan kesabaran yang lebih dan sering kali menyulitkan para ibu. Seusai masa menyusui inipun masih ada tantangan lain lagi yang harus dihadapi oleh seorang ibu, yakni mengenai perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Berikut beberapa perubahan pada tubuh seusai masa menyusui.

Inilah Perubahan Pada Tubuh Seusai Masa Menyusui

Inilah Perubahan Pada Tubuh Seusai Masa Menyusui

Payudara akan kendur

Peruabahan tubuh yang pertama akan dihadapi oleh seorang ibu adalah payudara yang tak kencang lagi atau bisa dibilang kendur. Pada masa menyusui, ligamen atau jaringan ikat pada payudara akan mengalami melar dan hal tersebut sangat sulit untuk kembali seperti semula.

Payudara lebih sensitif

Selain mengalami kendur, ada perubahan lain yang terjadi pada payudara saat masa menyusui sudah berakhir. Perubahan tersebut salah satunya adalah payudara yang akan menjadi lebih sensitif. Terlebih lagi, kondisi ini akan berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Tips Ampuh Atasi Puting Lecet Saat Menyusui

Ibu Mengalami Mastitis

Mastitis ini sendiri adalah infeksi yang akhirnya akan menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada payudara. Jika memang hal ini juga terjadi pada Anda ketika masa menyusui berakhir, maka butuh penanganan yang cepat agar pembengkakan tidak semakin parah. Periksakan diri ke dokter atau bidan kepercayaan Anda.

Terjadinya perubahan hormon pada tubuh

Perubahan tubuh ketika sudah selesai masa menyusui yang akan dihadapi oleh ibu adalah terjadinya perubahan hormon yang ada dalam tubuhnya. Ovulasi akan terjadi pada ibu ketika sudah berakhir masa menyusui. Dan dampaknya adalah akan terjadi perubahan hormon yang cukup drastis. Selain itu, perubahan emosi juga akan terjadi seiring perubahan hormon pada tubuh ini.

Demikian tadi beberapa perubahan tubuh yang terjadi pada ibu seusai masa menyusui. Kenali beberapa perubahannya agar Anda bisa lebih siap saat sudah mengalaminya. Semoga informasi yang sudah kami bagikan diatas dapat bermanfaat.

 

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar kesehatan?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password