Ini Persiapan Fisik Aries Susanti, Atlet Panjat Tebing Demi Sabet Emas Asian Games 2018 

Ini Persiapan Fisik Aries Susanti, Atlet Panjat Tebing Demi Sabet Emas Asian Games 2018 - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Jelang Asian Games 2018, para atlet semakin getol mempersiapkan kondisi fisiknya. Salah satu di antara mereka adalah Aries Susanti Rahayu, yang terpilih sebagai perwakilan Indonesia di cabang olahraga panjat tebing. Pada Asian Games 2018 kali ini, Aries optimis sabet emas. Berikut adalah persiapan fisik Aries Susanti dalam menyambut kemenangan di Asian Games 2018.

Ini Persiapan Fisik Aries Susanti, Atlet Panjat Tebing Demi Sabet Emas Asian Games 2018

1. Rutin Berlari

Rutin Berlari - Ini Persiapan Fisik Aries Susanti, Atlet Panjat Tebing Demi Sabet Emas Asian Games 2018 - Ohayo.co.id

Salah satu cara terbaik untuk menambah kekuatan dan daya tahan yang biasa dilakukan oleh atlet panjat tebing adalah berlatih lari teratur dengan menerapkan program latihan. Kegiatan ini disarankan dilakukan pada siang hari saat lapisan udara dipermukaan tanah ataupun jalan aspal menjadi lebih renggang dengan lapisan udara diatasnya akibat sinar matahari.

Latihan di siang hari juga akan memaksa kinerja paru-paru untuk lebih keras menghisap udara berkadar oksigen rendah. Kondisi tersebut menjadikan paru-paru mampu menghisap udara semakin besar. Peningkatan kemampuan paru-paru berpengaruh terhadap daya tahan organ tubuh manusia.

2. Gerakan Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Gerakan Meningkatkan Kekuatan Tubuh - Ini Persiapan Fisik Aries Susanti, Atlet Panjat Tebing Demi Sabet Emas Asian Games 2018 - Ohayo.co.id

Pemanjat tebing membutuhkan beberapa persiapan agar ketika melakukan pemanjatan tidak terjadi kendala yang akan mengurangi waktu tempuh. Dalam hal ini dibutuhkan pengaturan ketahanan fisik. Namun, tidak cukup hanya itu saja, sebab kekuatan fisik tersebut tidak akan bertahan lama dan jika sudah mulai lelah akan membutuhkan waktu untuk mengembalikannya dalam keadaan normal.

Atlet panjat tebing melakukan beberapa aktivitas fisik untuk meningkatkan kekuatan tubuh seperti push up min 100x, pull up min 15x, sit up min 75x, jumping jack yang berguna untuk melatih kelenturan, dan lari sebagai upaya melatih kaki dan ketahanan tubuh.

Baca juga : Yuk Intip Semangatnya Pelaksanaan Fun Run Asian Games di Thailand! Semua Pihak Turut Terlibat lho!

3. Membangun Daya Tahan Tubuh

Membangun Daya Tahan Tubuh - Ini Persiapan Fisik Aries Susanti, Atlet Panjat Tebing Demi Sabet Emas Asian Games 2018 - Ohayo.co.id

Daya tahan bisa diartikan sebagai kemampuan otot berkontraksi dalam waktu yang lama. Kondisi ini sangat bermanfaat dalam panjat tebing terutama dalam menyelesaikan jalur pemanjatan yang membutuhkan waktu perjalanan cukup lama. Para atlet panjat tebing biasa melakukan latihan untuk daya tahan dengan memanjat.

Pemanjatan dilakukan di jalur mudah selama 10 menit tanpa jatuh. Kemudian ditingkatkan ke 30 menit sampai 60 menit. Selain itu, terdapat pula latihan endurance untuk memperbaiki kondisi fisik dan daya tahan otot dengan pola latihan ringan dan dilakukan berulang.

4. Berlatih Teknik Memanjat

Berlatih Teknik Memanjat - Ini Persiapan Fisik Aries Susanti, Atlet Panjat Tebing Demi Sabet Emas Asian Games 2018 - Ohayo.co.id

Dalam melatih teknik memanjat, para atlet mencoba berbagai jalur-jalur baru dengan gerakan bervariasi untuk setiap jalurnya. Latihan ini untuk membangun pengetahuan serta pengalaman pemanjat tebing secara cepat dan tepat. Kegiatan fisik tersebut merupakan cara terbaik untuk bisa memanjat, sebab mencoba menyelesaikan jalur panjat secara terus menerus akan membentuk kemampuan fisik dan teknik meningkat tajam.

Bagaimana? Anda menjadi semakin terinspirasi untuk hidup sehat, bukan? Nah, menjaga asupan nutrisi dari konsumsi harian Anda dapat menjadi salah satu jalan untuk menyehatkan tubuh Anda. Selain itu, mengikuti jejak para atlet idola Anda dengan rutin berolahraga dan beraktivitas fisik juga bisa menjadi penyeimbang pola hidup sehat. Bagi Anda yang tidak sempat menyuplai berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh, tak ada salahnya menambahkan suplemen makanan seperti Omepros dalam daftar kebutuhan Anda.

Baca juga : Inilah 4 Srikandi Asal Kaltim yang Memukau Juri Seleknas Anggar Asian Games 2018 

Omepros tersusun dari bahan-bahan alami seperti minyak biji blackcurrant, flaxseed oil, olive oil, canola oil, dan ekstra salmon yang tentunya membuat Omepros aman dikonsumsi setiap saat. Nutrisi yang terkandung dalam Omepros juga beragam, di antaranya Omega 3, 6, 9, EPA, DHA, dan Vitamin E, yang tentunya bermanfaat bagi tubuh Anda. Omepros membantu Anda menekan berbagai risiko yang ditimbulkan oleh penimbunan lemak dalam darah dan menangkal radikal bebas yang berkeliaran di sekitar Anda. Yuk, imbangi pola hidup sehat Anda bersama Omepros. Omepros, balancing your life!

Sumber gambar : brta, tempo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password