Cara Menentukan Perpaduan Warna Baju dan Jilbab dengan Color-wheel

perpaduan warna baju dan jilbab

Ohayo.co.id – Bagi seorang pria memilih warna pakaian mungkin bukanlah hal yang terlalu rumit. Namun bagi seorang wanita kombinasi pakaian merupakan salah satu hal penting yang bisa memengaruhi kepercayaan dirinya. Terlebih seorang wanita muslim, perlu sensitivitas tersendiri dalam memilih perpaduan warna baju dan jilbab yang hendak ia kenakan.

Pria hanya memilih satu atau dua warna saat ia berpakaian, sedangkan wanita memilih berbagai macam warna karena banyaknya elemen busana yang ia pakai. Terlebih seorang hijaber pasti memerhatikan lebih banyak warna, mulai dari jilbab, pakaian, celana hingga aksesoris yang akan digunakan.

Pada sisi ini, kaum pria mungkin melihatnya terlalu ribet. Padahal hal tersebut memang berbanding lurus dengan psikologis seorang wanita sebagai sifat bawaannya sebagai makhluk yang unik. Hal ini berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan Paul Costa, Robert McCrae dan Antonio Terracioano pada 26 budaya berbeda yang ada di dunia, demikian keterangan dikutip dari okezone.com (03/19). Jadi, wajar apabila wanita begitu memerhatikan penampilannya dibandingkan pria.

Cara Menentukan Perpaduan Warna Baju dan Jilbab

Dalam perpaduan warna baju dan jilbab, kaum wanita mungkin sudah terbiasa atau didasarkan pada pengalaman masing-masing. Sebetulnya, terdapat berbagai trik untuk memudahkan pemilihan warna busana yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan roda warna atau sering disebut color-wheel. Yaitu suatu lingkaran yang terdiri dari berbagai warna yang telah disusun berdekatan agar lebih mudah untuk mencocokkannya.

Memadukan Warna yang Berdekatan

Dengan memilih warna yang ada di sebelahnya membuat kesan harmoni yang pas. Misalnya warna biru dengan ungu, salah satu kombinasi yang cocok meskipun kurang menantang.

Membentuk Sudut 90 Derajat

Bagi Anda yang menginginkan warna  yang lebih dinamis dan menantang. Coba tarik garis tegak lurus 90 derajat yang menghasilkan sudut siku-siku. Sala satu contohnya warna hijau kebiruan dengan warna ungu. Warna lain yang dihasilkan dari sudut siku-siku adalah warna kuning dengan merah-oranye. Anda juga bisa menarik garis 90 derajat di bagian lain sesuai selera.

Warna yang Berseberangan

Maksud berseberangan di sini, ketika Anda menarik garis lurus pada roda warna di atas maka akan menghasilkan dua warna pada titik yang berbeda. Dengan kombinasi warna seperti ini, penampilan Anda akan lebih cepat menarik perhatian orang-orang di sekeliling Anda karena warna yang dipilih lebih berani.

Menarik Garis Berpola “T”

Nah, warna ini cocok bagi Anda yang menginginkan penampilan lebih dari dua warna. Menarik satu garis, kemudian menarik lagi satu garis dari titik tengah ke tepi sehingga membentuk huruf “T”, maka tiga warna tersebut bisa Anda pilih sebagai kombinasi yang serasi untuk pakaian Anda.

Menarik Garis Berpola “X”

Tidak hanya terbatas pada tiga warna, empat warna pun masih bisa menjadi kombinasi yang menarik. Tarik dua garis yang bersinggungan tegak lurus, maka garis tersebut akan membentuk huruf “X” dengan sudut 90 derajat di titik tengah lingkaran. Empat warna tersebut dapat diaplikasikan pada warna jilbab, atasan hingga aksesoris pilihan Anda.

Panduan roda warna hanya sebagai panduan dasar pemilihan warna busana, tentu saja masih banyak warna-warna lain yang belum terwakilkan dalam roda warna tersebut. Selain itu, Anda juga bisa berimprovisasi dalam mengombinasikannya.

11 Inspirasi Perpaduan Warna Baju dan Jilbab Kekinian

Mungkin beberapa di antara Anda masih merasa bingung untuk memilih kombinasi warna baju dan jilbab. Coba simak beberapa model berikut ini sebagai inspirasi sekaligus referensi penampilan bagi Anda kaum hijabers.

1. Jilbab putih, busana khaki dan celana hitam membuat tampilan Anda terkesan kalem, casual dan ceria.

Perpaduan Warna Baju dan Jilbab
Foto: Instagram @dalalid

2. Jilbab putih dan busana berwarna hitam pekat dikombinasikan dengan rok motif kotak. Jangan lupa kenakan juga sepatu high-heels untuk bepergian pada acara semi formal.

Perpaduan Warna Baju dan Jilbab
Foto: Instagram @dalalid

3. Masih hijab berwarna putih yang dikombinasikan dengan pakaian motif cokelat semakin mencerminkan aura ketegasan yang ada dalam diri Anda.

Perpaduan Warna Baju dan Jilbab
Foto: Instagram @dalalid

4. Kombinasi warna nude yang serasi apabila jilbab khaki dipadukan pakaian oranye dan celana denim.

Perpaduan Warna Baju dan Jilbab
Foto: Instagram @withloveleena

5. Bagi Anda yang menyukai baju merah, bisa dipadukan dengan jilbab warna khaki dan rok putih.

Perpaduan Warna Baju dan Jilbab warna merah
Foto: Instagram @withloveleena

6. Kerudung abu bisa dipadukan dengan warna hitam dan hijau, pasti tampilannya sangat elegan seperti foto di bawah ini.

jilbab warna abu
Foto: Instagram @withloveleena

7. Pilihan warna serba pastel pasti akan membuat tampilan casual dan semakin kekinian, untuk kombinasi pakainnya Anda dapat meniru foto di bawah ini.

jilbab warna kalem
Foto: Instagram @withloveleena

8. Suka warna ngejreng? Anda bisa mencoba celana berwarna merah muda dengan pakaian motif polkadot serta balutan kerudung warna abu.

jilbab warna abu dengan celana pink
Foto: hautehijab.com

9. Warna hijau tosca yang cerah bisa dipadukan dengan jilbab krem, tambahkan aksesoris seperti tas yang berwarna biru.

jilbab krem dan baju biru
Foto: hautehijab.com

10. Rok pink soft berbahan chiffon bisa dikombinasikan dengan jaket denim, sangat cocok bagi Anda yang menyukai ootd feminin sekaligus modern.

hijaber dengan jaket denim
Foto: keepo.me

Baca juga: Tips Padu Padan Busana Hijab Agar Tampil Lebih Langsing

11. Busana hijab cople-an juga bisa, warna hijau yang cocok dipadukan dengan warna putih membuat mamah mudatetap bisa tampil kekinian.

busana muslim couple keluarga
Foto: Instagram @umeazmir

Baca juga: Tips Aman untuk Hijab Traveller dan Inspirasi Gaya Berhijab Saat Bepergian

Setelah dideskripsikan berbagai cara menentukan perpaduan warna baju dan jilbab disertai contohnya, pastinya Anda sudah tak bingung lagi kan? Sehingga waktu saat membeli pakaian juga bisa lebih singkat karena Anda sudah mengetahui dasar-dasar cara mengombinasikan warna berdasarkan color-wheel di atas.

Featured image: Instagram @withloveleena

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password