Ini Dia Jenis Permainan Anak di Sekolah yang Memiliki Manfaat untuk Jangka Panjang

Ini Dia Jenis Permainan Anak di Sekolah yang Memiliki Manfaat untuk Jangka Panjang - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Moms, tahu nggak sih Anda bahwa kini sudah ada banyak banget bukti yang menunjukkan bahwasannya, belajar sambil bermain itu memegang peranan penting sekali dalam perkembangan anak. Tak hanya memungkinkan si anak untuk bisa melepaskan energinya yang berlebih, bermain ternyata juga bisa membantu anak untuk kenali dirinya sendiri dengan lebih baik. Termasuk halnya permainan pada saat anak mulai bersekolah di Taman Kanak-Kanak (TK), dimana ia diajak untuk mengikuti berbagai macam jenis permainan yang bakal membantu perkembangannya dengan optimal.

Nah, tahukah Anda apa saja sih jenis permainan anak di sekolah yang ternyata juga memiliki manfaat untuk jangka panjang pada anak? Mari simak ulasan selengkapnya berikut.

Ini Dia Jenis Permainan Anak di Sekolah yang Memiliki Manfaat untuk Jangka Panjang

Playdoh dan Kinetic Sand

Playdoh dan Kinetic Sand - Ini Dia Jenis Permainan Anak di Sekolah yang Memiliki Manfaat untuk Jangka Panjang - Ohayo.co.id

Ini merupakan permainan dasar yang bisa dimanfaatkan untuk melatih keterampilan sensori anak. Sehingga Anda nanti akan bisa merasakan teksturnya, lalu meremas dan membentuknya. Perlu Anda tahu ya, moms, bahwa meremas Playdoh ternyata juga bisa melatih kekuatan otot tangan dan jari anak, yang nanti akan jadi modal penting untuk memulai belajar menulis.

Tak hanya itu saja, mempraktekkan lifeskills seperti halnya mengancingkan baju, maupun mengikat tali sepatu. Selain itu, anak juga akan belajar berpikir lebih kreatif lagi untuk membuat beragam bentuk, dari bola hingga tubuh manusia. Playsand kurang lebih memberikan manfaat yang sama, yakni melatih keterampilan sensori dan juga motorik halus pada anak.

Buat Anda nih yang kebetulan sedang mencari jenis permainan Playdoh dan Kinetic Sand, atau pun jenis permainan anak lainnya, kini Anda sudah bisa menemukannya dengan mudah di berbagai toko online yang ada. Jangan lupa, lakukan pembayaran hanya melalui AKULAKU, ya! Sebab, hanya di AKULAKU-lah Anda akan bisa mendapatkan voucher belanja total senilai Rp 700 ribu rupiah dengan pakai kode “AIDIA1”.

Baca juga : Berbagai Permainan Menarik yang Bisa Dukung Perkembangan Anak, Yuk Disimak Moms!

Mencocokan kepingan kayu berbentuk geometri

Mencocokan kepingan kayu berbentuk geometri - Ini Dia Jenis Permainan Anak di Sekolah yang Memiliki Manfaat untuk Jangka Panjang - Ohayo.co.id

Lalu untuk jenis mainan satu ini biasanya terdiri dari berbagai macam bentuk, seperti bentuk bulat, bujur sangkar, segitiga, persegi panjang, dan lainnya. Anak kemudian akan dimintai untuk mencocokkan kepingan berwarna-warni tersebut ke papan yang diberi lubang-lubang sesuai dengan bentuk-bentuk tersebut. Mainan ini berguna sekali untuk mengenalkan warna dan bentuk serta mempelajari cara mengelompokkan benda-benda sesuai dengan bentuknya pada anak.

Menyusun balok jadi sebuah bangunan

Menyusun balok jadi sebuah bangunan - Ini Dia Jenis Permainan Anak di Sekolah yang Memiliki Manfaat untuk Jangka Panjang - Ohayo.co.id

Harus Anda tahu juga bahwa, dari jenis permainan building blocks dengan level paling mudah sendiri anak nanti akan dilatih untuk berpkir, menstimulasi kemampuan berpikir kreatif, melatih koordinasi mata dan tangan, serta mengenal tata ruang, juga keterampilan sosial dan bahasa. Pada dasarnya mainan kosntruksi ini ideal sekali untuk mendorong keterampilan memecahkan masalah sejak dini. Jenis permainan tersebut bahkan juga mengajarkan sebab-akibat, sebab anak nanti akan berpikir apa yang akan terjadi apabila ia menyusun balok dengan cara tertentu.

Baca juga : 3 Pilihan Mainan Edukasi yang Cocok Diberikan Pada Si Kecil

Bermain peran untuk kenalkan fungsi peran di lingkungannya

Bermain peran untuk kenalkan fungsi peran di lingkungannya - Ini Dia Jenis Permainan Anak di Sekolah yang Memiliki Manfaat untuk Jangka Panjang - Ohayo.co.id

Jenis permainan satu ini merupakan permainan yang sangat menyenangkan sekali bagi anak-anak. Permainan tersebut akan mengasah keterampilan kognitif lewat peran yang ada di sekelilingnya, contohnya saja apa yang sebenarnya dilakukan dokter maupun polisi? Ia bahkan juga belajar mengenai keterampilan hidup, seperti belanja di pasar dan melakukan transaksi jual-beli. Anak akan belajar mengenal uang dan buat keputusan, apa yang harus dilakukan saat uangnya tidak cukup untuk membayar.

Itulah beberapa jenis permainan anak di sekolah yang memiliki manfaat untuk jangka panjang. Semoga informasinya bermanfaat dan menginspirasi.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password