Ingin Beralih ke WhatsApp Business? Kenali 5 Perbedaannya dengan WhatsApp Biasa

5 Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Biasa - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Sejak Januari lalu, WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business, aplikasi obrolan yang khusus diperuntukkan bagi usaha. Aplikasi itu menjadi media baru bagi para pelaku bisnis untuk memperkuat usahanya, termasuk yang bergerak di bidang pariwisata misalnya agen travel.

Kendati demikian, belum banyak pelaku bisnis yang paham betul mengenai aplikasi baru ini. Padahal ada banyak keuntungan yang bisa mereka nikmati jika menggunakan aplikasi ini, ketimbang menggunakan WhatsApp biasa. Berikut adalah lima perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp biasa yang mesti Anda ketahui sebelum mulai menggunakannya, sebagaimana dirangkum dari Kumparan.

5 Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Biasa

1. Nama Akun Tidak Bisa Diubah

Nama Akun Tidak Bisa Diubah - 5 Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Biasa - Ohayo.co.id

Perbedaan pertama WhatsApp Business dengan WhatsApp biasa adalah nama akun. Tidak seperti nama akun di WhatsApp biasa yang bisa diubah, nama akun di WhatsApp Business tidak bisa diubah. Setelah mengunduh aplikasi di PlayStore atau AppStore, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon, lalu memasukkan kode unik yang dikirim via SMS.

Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan nama akun di WhatsApp Business. Di sini, Anda akan diperingatkan bahwa nama akun yang Anda masukkan tidak akan bisa diubah. Jadi, Anda harus memasukkan nama yang membuat bisnis Anda mudah dikenali, misalnya nama perusahaan Anda.

2. Ada Profil Bisnis

Ada Profil Bisnis - 5 Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Biasa - Ohayo.co.id

Karena peruntukannya untuk bisnis, WhatsApp Business menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya mencantumkan profil bisnis mereka. Fitur ini membedakan WhatsApp Business dan WhatsApp biasa. Pengguna WhatsApp Business wajib mengisi deskripsi keterangan bisnisnya, situs perusahaan, alamat, nomor telepon, dan lain-lain. Semua informasi itu dibutuhkan supaya WhatsApp bisa memberikan centang hijau sebagai tanda akun Anda telah terverifikasi.

Baca juga : 4 Langkah Mudah Beriklan Melalui WhatsApp

3. Bisa Pakai Nomor Telepon Perusahaan

Bisa Pakai Nomor Telepon Perusahaan - 5 Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Biasa - Ohayo.co.id

Tidak seperti WhatsApp biasa yang hanya bisa menggunakan nomor telepon selular, WhatsApp Business memungkinkan Anda menggunakan nomor telepon perusahaan, selain nomor telepon selular. Hal ini membuat Anda bisa memisahkan antara akun bisnis dengan akun pribadi. Hal ini juga membuat bisnis Anda akan terlihat tampak lebih profesional di mata konsumen.

4. Bisa Membalas Secara Otomatis

Bisa Membalas Secara Otomatis - 5 Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Biasa - Ohayo.co.id

Setiap bisnis tentu mendambakan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Setiap pemilik usaha tentu ingin bisa menjawab pertanyaan pelanggan setiap saat, baik di dalam maupun di luar jam kerja. Namun, hal ini sulit dilakukan terutama jika bisnis Anda belum memiliki tenaga yang khusus mengerjakan hal itu.

WhatsApp Business dilengkapi fitur Auto Response, sehingga Anda bisa menciptakan pesan balasan dan mengirimnya secara otomatis ketika Anda tidak punya waktu untuk membalas pesan. Pesan balasan ini akan langsung terkirim ketika ada konsumen mengontak akun bisnis Anda secara personal. Selain itu, pesan balasan juga bisa dikirim saat ada konsumen yang me-mention Anda di grup.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Fitur Whatsapp Business untuk Kembangkan Bisnis Agen Travel

5. Ada Analisis Interaksi Pelanggan

Ada Analisis Interaksi Pelanggan - 5 Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Biasa - Ohayo.co.id

Dengan menggunakan WhatsApp Business, Anda juga bisa mengetahui statistik interaksi pelanggan dengan bisnis Anda, fitur yang juga tidak tersedia di WhatsApp biasa. Dengan fitur ini, Anda misalnya bisa mengetahui jumlah pesan yang dikirim, diterima, terkirim, dan dibaca. Untuk mengakses data statistik ini, Anda cukup menekan opsi yang berada di kanan atas percakapan dan memilih menu statistik.

Itulah lima hal yang membedakan WhatsApp Business dan WhatsApp biasa. Anda bisa mulai menggunakan WhatsApp Business terutama untuk memperkuat profil bisnis Anda di mata konsumen. Jika agen travel Anda membutuhkan mitra bisnis terpercaya, via.com​ bisa menjadi pilihan.

Bermitra dengan via.com tidak hanya akan memberikan Anda banyak keuntungan dari setiap transaksi yang berhasil dijalankan, tetapi juga mendorong bisnis Anda terus berkembang. Yuk segera daftarkan agen travel Anda sebagai mitra bisnis terpercaya hanya di id.via.com.​ ​

Sumber gambar : fonpit, techthirsty, beyonder, digicular, capitalfloat, alluremedia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password