Perbedaan Water Based dan Oil Based yang Harus Anda Tahu

Perbedaan Water Based dan Oil Based yang Harus Anda Tahu

Ohayo.co.id – Menentukan bagaimana jenis kulit kita akan sangat berguna dalam memilih item kosmetik yang akan dibeli. Sebab jika produk makeup atau pun skincare yang kita gunakan tidaklah sesuai maka bisa jadi justru menimbulkan masalah pada kulit wajah kita. Beda tipe kulit maka akan beda juga tipe perawatan dan kebutuhannya. Pernahkah anda mendengar water based dan oil based ? Dua hal ini direkomendasikan untuk jenis kulit yang berbeda. Lantas apa saja perbedaan water based dan oil based ?

Untuk produk water based biasanya direkomendasikan untuk tipe kulit yang berminyak dan juga membuatnya lebih terawat. Beda dengan oil based yang direkomendasikan untuk pemilik kulit kering karena memang mampu memberi kelembapan ekstra pada wajah kita. Dari dua hal ini saja sudah bisa terlihat bedanya. Namun perbedaan lengkap mengenai kandungan pada produk makeup ini ada pada ulasan berikut.

Perbedaan Water Based dan Oil Based yang Banyak Ditemukan

Perbedaan Water Based dan Oil Based yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Dari nama yang sudah berbeda, tentu baik water based maupun oil based diperuntukkan bagi kulit yang tidak sama. Produk water based adalah yang menggunakan air sebagai formulasi utamanya. Memiliki kandungan – kandungan lainnya untuk kecantikan. Juga akan mudah kita temukan adanya water atau aqua yang ada pada urutan awal dalam daftar ingredients produk tersebut. Sementara untuk oil based adalah kebalikannya. Oil based memiliki formula utama yakni minyak yang juga dilengkapi dengan kandungan lainnya untuk wajah.

Perbedaan water based dan oil based bisa kita temukan pada kandungan minyaknya. Water based memiliki kandungan minyak sangat sedikit biasanya pada moisturizer dan bahkan bisa tidak ada sama sekali. Teksturnya ringan serta bisa menyerupai gel. Lain halnya dengan oil based yang memiliki air meski kadar terbesar di dalamnya adalah minyak. Teksturnya seperti minyak pada umumnya.

Baca juga : Harus Tahu! Ini Perbedaan Fungsi AHA dan BHA yang Ada pada Skincare

Perbedaan Water Based dan Oil Based yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Perbedaan berikutnya adalah pada ditujukannya produk water dan oil based ini. Untuk water based sendiri memang bertujuan dalam memberi hidrasi pada kulit kita. Sementara oil based untuk memperkuat lapisan kulit dan memberikan kita perlindungan. Membantu dalam melarutkan minyak yang ada pada wajah. Biasanya digunakan khusus untuk produk cleanser.

Namun, melihat bagaimana perbedaan water based dan oil based ini maka keunggulan dari produk water based sering disukai banyak orang. Sebab teksturnya ringan dan juga lebih nyaman digunakan pada kulit kita. Mudah menyerap yang menjadikannya sebagai produk kesayangan. Produk water based juga memiliki lebih dari 1 fungsi yakni sebagai moisturizer dengan SPF di dalamnya. Bisa menjadi base makeup karena tidak butuh waktu lama untuk menyerapnya pada wajah. Juga tidak akan membuat makeup menjadi berubah atau bergeser.

Baca juga : Ketahui Perbedaan Vegan Make up dan Cruelty Free Make Up, Wajib Baca!

Perbedaan Water Based dan Oil Based yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Hanya saja, untuk produk oil based juga tidak sepi peminat karena memang sekarang ini banyak face oil yang digunakan pada banyak wanita. Oil based digunakan sebagai cleansing. Hal ini karena mampu melarutkan minyak yang ada pada wajah serta mengangkat kotoran lebih efektif. Sangat cocok digunakan untuk membersihkan makeup yang waterproof agar tidak menggosokkannya berulang kali.

Perbedaan water based dan oil based ini akan membuat kita memilih produk makeup yang tepat untuk perawatan kulit. Terutama jenis kulit setiap orang yang berbeda maka kebutuhannya pun berbeda. Kenali dengan baik jenis kulit yang anda miliki. Cobalah temukan produk makeup yang tepat agar wajah bisa tetap sehat terawatt sehingga nantinya bisa memberikan penampilan yang sempurna.

Ohayo bagi-bagi voucher belanja produk kecantikan senilai ratusan ribu rupiah

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password