Ini 5 Perbedaan TV LED dan LCD yang Harus Anda Tahu

Ini 5 Perbedaan TV LED dan LCD yang Harus Anda Tahu - ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Teknologi TV komersial memang sudah melakukan langkah yang lebih baik dan lebih maju. Tak lagi menggunakan layar tabung yang berukuran besar, sehingga membuat TV jadi lebih lebar. Berawal dengan hadirnya TV LCD yang tawarkan kualitas gambar lebih tajam jika dibandingkan dengan TV tabung. Selain hal tersebut, bentuknya juga lebih ramping dengan bobot yang lebih ringan pula.

Lalu munculah generasi TV layar datar atau yang disebut dengan TV LED. Teknologi yang tersemat di dalam TV LED tersebut pastinya sudah ada di atas TV LCD. Manfaat yang dirasakan bahkan sudah semakin banyak. Lalu, apa perbedaan TV LED dan LCD tersebut? Mari simak perbedaannya pada ulasan berikut ini.

Ini 5 Perbedaan TV LED dan LCD yang Harus Anda Tahu

Ini 5 Perbedaan TV LED dan LCD yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Konsumsi listrik

Untuk urusan konsumsi daya listrik, ternyata baik itu TV LED atau pun LCD jelas lebih unggul jika dibandingkan dengan TV tabung. Penggunaan layar tabung sebagai layar TV memang butuh konsumsi listrik yang cukup besar, tarikan listrik yang besar ini bisa terjadi pada saat TV baru dinyalakan. Sementara itu untuk TV LCD sendiri pada dasarnya pakai bahan liquid crystal display, lalu untuk TV LED menggunakan Light Emiting Diode. Kedua bahan tersebut tak butuh banyak daya listrik untuk aktif, sehingga daya konsumsinya terbilang rendah.

Tingkatan kontras

Ini 5 Perbedaan TV LED dan LCD yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Kemudian untuk tingkatan kontrasnya sendiri, TV LED masih jauh lebih unggul dibandingkan dengan TV LCD. Yang demikin ini terlihat langsung apabila Anda meletakkan kedua jenis TV tersebut secara berdampingan. Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan TV LCD pakai teknologi CCFL atau Cold Cathode Fluorescent Lamp sebagai sumber cahaya, sementara itu untuk TV LED sendiri pakai LED atau Light Emiting Diode yang lebih cenderung berwarna gelap sebagai cahaya di bagian belakangnya. Bahkan cahaya yang dihasilkan oleh TV LED ini jauh lebih kaya warna, sebab proses pemilihan warnanya lebih kompleks.

Baca juga : Cara Memperkuat Sinyal Antena TV Indoor yang Mudah dan Praktis

Ketebalan layar

Jika dlihat sekilas, perbedaan TV LED dan LCD ini dalam hal ketebalan layarnya tak terlalu terlihat. Sebab, keduanya sudah pakai lapisan layar yang sama – sama tipis. Akan tetapi apabila dilihat lebih detail dan teliti lagi maka baru terlihat perbedaannya. Layar pada TV LED akan lebih tipis jika dibandingkan dengan TV LCD. Yang demikian tersebut dikarenakan penggunaan material LED di dalam TV ini.

Mengetahui Perbedaan TV LED dan LCD Terbaru 2018

Back Lightning Technology

Ini adalah yang paling utama jika berbicara mengenai perbedaan TV LED dan LCD. Kedua jenis TV tersebut pada dasarnya pakai teknologi Back Light atau penyinaran dari bagian belakang layar. Perbedaan pada TV LCD sendiri penyinarannya dilakukan Cold Cathode Flourescent Lamps atau CCFL. Lalu untuk TV LED sendiri menggunakan Light Emiting Diode atau LED. Ini yang jadi penyebab utama kondumsi listrik TV LED jauh lebih rendah dibandingkan dengan TV LCD.

Baca juga : 5 Aplikasi Remote TV Android Terbaik yang Memudahkan Pengguna

Daya tahan

TV LED memiliki kemampuan kerja yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan TV LED. Apalagi jika dibandingkan dengan TV tabung. Salah satu penyebab yang menjadikan TV LED tersebut lebih tahan lama adalah penggunaan teknologi pencahayaan yang tak butuh konsumsi listrik yang lebih besar. Dengan konsumsi listrik rendah ini, maka panel LED yang ada dalam TV pun cenderung lebih dingin dan pastinya juga tahan lama.

Nah, itu dia beberapa perbedaan TV LED dan LCD terbaru 2018. Untuk Anda nih yang kebetulan sedang mencari informasi serta referensi pilihan TV LED dan TV LCD maupun TV tabung terbaik, kini Anda sudah bisa mendapatkan dan membelinya di AKULAKU. Dapatkan juga voucher belanja total sebesar Rp 700.000,00 dengan pakai kode “AIDIA 1”.

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password