Ini Perbedaan Minuman Sari Buah dan Rasa Buah yang Harus Anda Tahu

Ini Perbedaan Minuman Sari Buah dan Rasa Buah yang Harus Anda Tahu

Ohayo.co.id – Menjaga kesehatan tubuh merupakan suatu hal penting yang wajib dilakukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat yaitu berolahraga secara rutin, tidak merokok, mengurangi konsumsi minuman keras, menjaga pola makan serta mengkonsumsi minuman yang sehat.

Minuman sehat pun sangat banyak macamnya dan dapat diperoleh dengan mudah di supermarket atau di pasar, sehingga memudahkan kita agar tidak perlu repot-repot membuatnya. Namun, ada baiknya jika Anda memperhatikan kandungan yang ada dalam minuman tersebut sebelum membelinya.

Saat ini memang tidak sedikit minuman rasa dalam kemasan yang beredar di pasaran mengklaim produk tersebut sehat dan baik untuk dikonsumsi. Minuman sari buah dan rasa buah merupakan salah satu minuman kemasan yang menjadi favorit masyarakat. Bahkan banyak pula yang masih bingung untuk membedakan dua jenis minuman tersebut.

Lalu, apakah yang membedakan dua jenis minuman ini? Berikut ini adalah perbedaan minuman sari buah dan rasa buah yang harus Anda tahu, supaya tidak salah memilih saat membelinya.

Perbedaan Minuman Sari Buah dan Rasa Buah

Ini Perbedaan Minuman Sari Buah dan Rasa Buah yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Minuman kemasan memang menjadi pilihan yang praktis untuk di konsumsi. Selain enak dan segar, minuman ini juga menyediakan banyak varian rasa yang disukai oleh banyak orang. Misalnya rasa cokelat, vanilla maupun rasa buah-buahan. Untuk rasa buah-buahan sendiri, terdapat dua varian yang umumnya di konsumsi yaitu minuman sari buah dan minuman rasa buah.

Minuman sari buah dan rasa buah ini memang terlihat sama saja tetapi sebenarnya berbeda. BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan pun berpendapat bahwa kedua jenis minuman tersebut dapat dibedakan. Bahkan perbedaan dari keduanya sangatlah mencolok dan berlawanan.

Perbedaan minuman sari buah dan rasa buah dapat diketahui dari bahan tambahan yang digunakan. Pada umumnya minuman rasa buah ini mencampurkan bahan tambahan pangan dalam proses pembuatannya. Bahan tambahan pangan dalam minuman rasa buah ini dapat dikenal dengan perisa atau flavour.

Baca juga : Awas! Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Ini Perbedaan Minuman Sari Buah dan Rasa Buah yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Aroma dan rasa dalam minuman rasa buah ini akan berpengaruh saat ditambahkan perisa di dalamnya. Perisa ini memang biasanya di campurkan pada makanan atau minuman dalam takaran tertentu. Bahan tambahan pangan inilah yang akan membuat aroma dan rasa dari minuman atau makan menjadi lebih lezat, serta terlihat lebih menarik ketika dikemas.

Contoh bahan tambahan pangan yang digunakan dalam minuman ini seperti perisa anggur, jeruk, melon, strawberry dan lain sebagainya. Namun, perbedaan minuman sari buah dan rasa buah yaitu pada minuman rasa buah ini justru tidak memiliki kandungan buah di dalamnya.

Baca juga : Infused Water, Solusi Jitu Untuk Kamu Yang Malas Minum Air Putih

Ini Perbedaan Minuman Sari Buah dan Rasa Buah yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Perbedaan minuman sari buah dan rasa buah yang ada pada minuman sari buah ini juga dapat diketahui dari rasa maupun aroma. Minuman sari buah bisa dikatakan lebih baik dari minuman rasa buah. Hal ini karena masih terdapat kandungan buah di dalam minuman tersebut. Kandungan buah yang terdapat dalam minuman sari buah ini pada umumnya memiliki kadar minimal dan maksimal tertentu yang merujuk pada Codex atau standar keamanan pangan internasional.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa minuman sari buah dan rasa buah ternyata berbeda. Minuman rasa buah tidak mengandung ekstrak buah di dalamnya. Sebaliknya, minuman sari buah terbuat dari ekstrak buah asli yang dijadikan campuran dalam minuman. Namun jika Anda ingin mengonsumsinya, pastikan untuk tidak berlebihan dan secukupnya saja.

Demikian ulasan mengenai perbedaan minuman sari buah dan rasa buah yang harus Anda Tahu. Semoga bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password