Harus Tahu! Ini Perbedaan Fungsi AHA dan BHA yang Ada pada Skincare

Harus Tahu! Ini Perbedaan Fungsi AHA dan BHA yang Ada pada Skincare

Ohayo.co.id – Saat melihat kandungan dalam skincare yang Anda gunakan, Anda mungkin sudah sering melihat ada skincare yang mengandung AHA maupun BHA. Pasalnya kedua kandungan zat tersebut memiliki perbedaan dari segi fungsi namun keduanya masih bisa dikatakan saudara dekat yang mirip.

Nah jika Anda melihat kandungan AHA atau BHA ini, mungkin Anda bingung mengenai apa sih yang membedakan keduanya dan juga apa kegunaan bahan tersebut pada skincare serta manfaatnya untuk kulit? Karena itulah kali ini akan dibahas mengenai perbedaan fungsi AHA dan BHA supaya Anda tidak penasaran lagi ya.

Perbedaan Fungsi AHA dan BHA yang Ada pada Skincare

Pada dasarnya kedua senyawa ini merupakan senyawa yang bersaudara yang mirip. Mengapa dikatakan mirip? Karena kedua senyawa ini masuk dalam kategori senyawa asam yang bekerja pada sistem eksfloitasi pada kulit atau bisa dikatakan bekerja pada pengelupasan kulit.

Jika dikatakan pengelupasan kulit, Anda mungkin bingung dan timbul pertanyaan di dalamnya. Apakah kedua senyawa ini berbahaya untuk kulit dan membuat kulit mengelupas? Tentu saja tidak. Kedua senyawa ini memang bekerja untuk pengelupasan kulit namun tidak merusak karena mereka bekerja pada permukaan terluar kulit dan tidak merusak jaringan pada kulit.

Meskipun sama-sama bekerja pada lapisan terluar kulit namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. perbedaan fungsi AHA dan BHA terletak pada cara mereka bekerja dan target pengelupasan kulit atau objeknya dan juga struktur senyawanya.

Baca juga : Awas! Bahan Skincare Ini Nyatanya Bikin Jerawat Semakin Parah Lho!

AHA terdiri dari komponen sebagai pelembab yang bisa terlarut di dalam air. AHA bekerja untuk proses pengelupasan kulit dan juga mempertebal kulit, memperbaiki tingkat kolagen yang ada pada kulit, serta menjaga kelembapan kulit. Jadi jika suatu skincare berfungsi sebagai skincare yang melembabkan seperti cream pelembab, anti aging, atau produk kulit kering dan sejenisnya pasti di dalam produk skincare tersebut terkandung AHA sebagai bahan kimia yang akan membantu proses pelembapan serta pengelupasan kulit tersebut.

Selanjutnya, Inilah perbedaan fungsi AHA dan BHA yang paling menonjol diantara keduanya. Jika AHA memiliki kandungan pelembab yang larut dalam air, maka BHA merupakan senyawa yang sangat bertolak belakang dengan hal itu sekalipun kedua senyawa ini dikatakan bersaudara.

BHA merupakan senyawa asam yang tersusun dari lemak dan bisa larut dalam minyak. Karena tersusun dari minyak, maka BHA tak sedikit pun memiliki kandungan pelembab di dalamnya sehingga tidak bisa larut dalam air. Berbeda sekali bukan? Selain itu terdapat juga perbedaan fungsi AHA dan BHA yaitu BHA berfungsi untuk mengatasi urusan masalah kulit yang berhubungan dengan wajah berminyak.

Masalah wajah yang disebabkan oleh wajah berminyak diantaranya yaitu masalah komedo, jerawat, dan juga kulit berminyak. Selain itu BHA juga mampu mencegah peradangan pada kulit.

Baca juga : Ini Lho Bahan Skin Care yang Menyumbat Pori dan Menyebabkan Komedo

Karena BHA yang cenderung lebih ahli untuk mengatasi komedo, jerawat dan kulit berminyak yang biasanya dialami oleh kulit wajah yang jenisnya berminyak maka Anda mungkin lebih sering menemukan kandungan senyawa BHA ini pada produk skincare yang di khususkan untuk kulit berminyak.

Jika Anda penasaran apakah perbedaan fungsi AHA dan BHA ini menyebabkan mereka memiliki keunggulan lebih yang bersaing satu sama lain, maka jawabannya adalah tidak. Keduanya tidak saling memiliki keunggulan yang bersaing.  Bahan ini hanya memiliki perbedaan fungsi. Untuk mengoptimalkannya Anda harus menggunakan mana yang pas dengan jenis kulit dan permasalahan kulit yang Anda alami.

Sekian dari pembahasan mengenai perbedaan fungsi AHA dan BHA. Semoga bermanfaat.

Ohayo bagi-bagi voucher belanja produk kecantikan senilai ratusan ribu rupiah

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password