Terungkap, Trik Cerdas Ketahui Asal Muasal Es Batu yang Kamu Konsumsi!

Inilah Perbedaan Es Batu Air Matang dan Air Mentah - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Di siang hari memang paling nikmat untuk minum air dingin sebagai penyegar. Biasanya kita sering menambahkan es batu ke dalam minuman kita, baik es batu yang kita buat sendiri di rumah atau yang dibeli di pinggir jalan. Tapi tahukah kamu darimana dan bagaimana kondisi air yang digunakan sebagai bahan pembuat es batu tersebut? Bagaimana perbedaan es batu air matang dan air mentah sebagai bahan dasarnya?

Pada dasarnya kita dianjurkan untuk minum dari air yang bebas bakteri seperti air yang sudah disterilisasi atau air yang sudah direbus matang untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalam air tersebut. Meminum air mentah sangat tidak dianjurkan karena banyaknya kandungan bakteri Escherichia coli yang akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh terutama pada sistem pencernaan. Hal inilah yang mendasari tentang dianjurkannya untuk mengonsumsi es batu dari air matang bukan air mentah.

Terlalu sering mengonsumsi es batu dari air mentah akan menyebabkan risiko masuknya bakteri E. coli ke dalam tubuh semakin meningkat. Dalam jangka waktu dekat hal ini akan menyebabkan gangguan pencernaan. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka hasilnya akan meningkatkan risiko terkena penyakit darah tinggi, gangguan pada ginjal dan juga kerja jantung. Tentu sangat membahayakan bagi tubuh kita.

Inilah Perbedaan Es Batu Air Matang dan Air Mentah

Inilah Perbedaan Es Batu Air Matang dan Air Mentah - Ohayo.co.id 1

Lalu bagaimana perbedaan es batu air matang dan air mentah? Es batu dari air mentah akan berwarna lebih keruh atau seperti putih susu dan terdapat gelembung-gelembung yang terperangkap di dalam es tersebut akibat masih banyaknya gas atau oksigen yang tercampur di dalam es.

Berbeda dengan es batu yang berasal dari air matang yang akan terlihat lebih bening dan hanya sedikit mengandung gelembung karena gas yang ada di dalam air tersebut sudah terlepaskan selama proses perebusan.

Es batu dari air mentah akan banyak kita jumpai di jajanan pinggir jalan terutama untuk es balok yang disimpan di dalam box es. Bukan hanya penggunaan air mentah saja yang menjadi bahaya, namun juga tempat penyimpanan yang tidak higienis akan menjadi ancaman juga bagi kesehatan kita.

Baca juga : Sering Minum Es Bisa Bikin Tubuh Gemuk, Benarkah?

Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu kebersihan dari tempat yang kita pilih. Es batu air matang biasanya kita jumpai pada es kristal atau ice cube yang berbentuk seperti potongan pipa. Es batu jenis ini relatif aman karena bahan dasar pembuatannya adalah air matang. Ada baiknya untuk membuat sendiri es batu di rumah karena kita bisa menjamin kualitas dan higenisitasnya.

Inilah Perbedaan Es Batu Air Matang dan Air Mentah - Ohayo.co.id 2

Meskipun membuat sendiri di rumah, kita juga perlu melihat bagaimana kondisi kebersihan air yang kita gunakan. Jika menggunakan air galon maka kita perlu untuk memeriksa apakah air tersebut sudah diuji lanjut oleh BPOM dan dinyatakan lolos untuk dikonsumsi atau tidak.

Air galon yang sudah mendapat ijin dari BPOM ini bisa langsung digunakan untuk membuat es batu karena air telah mengalami proses sterilisasi untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalamnya.

Berbeda lagi jika kita menggunakan air keran sebagai bahan dasar. Kita terlebih dahulu perlu untuk menguji di laboratorium mengenai kualitas air yang kita miliki. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi air tersebut apakah tercemar zat lain atau tidak.

Baca juga : Hindari Langsung Minum Es Saat Berbuka Puasa

Kita bisa juga merebus air tersebut hingga benar-benar mendidih dan biarkan setidaknya 10-15 menit dalam keadaan tetap mendidih sebelum kompor dimatikan. Bakteri biasanya bukan hanya berasal dari air itu saja, namun bisa juga berasal dari instalasi yang digunakan.

Untuk pompa air pada sumur yang dibuat selalu percayakan pada SHIMIZU yang sudah terjamin kualitasnya dan air yang dihasilkan akan tetap pada kondisi sebenarnya. Pompa air SHIMIZU PS-103 BIT bisa menjadi pilihan yang tepat untuk instalasi sumur dangkal rumahan.

Pompa air SHIMIZU PS-103 BIT memiliki panjang pipa hisap 9 meter dengan daya dorong maksimal hingga 33 meter dan kapasitas maksimal hingga 17 liter/menit. Penggunaan pompa air SHIMIZU juga lebih hemat karena hanya membutuhkan 220 V/50 Hz dengan daya output motor 100 W dan daya input motor 0,3 kW. SHIMIZU memang bisa dipercaya karena kualitas SNI yang dimilikinya. SHIMIZU, Bintangnya Pompa Air!

Sumber gambar : publicdomainpictures, blogspot, panduanhidupsehat

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password