Duel Sengit Redmi Note 7 vs Realme 3, Mending yang Mana?

Perbandingan Spesifikasi dan Harga Redmi Note 7 vs Realme 3 - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Saat ini smartphone kelas menengah semakin banyak diminati. Para produsen smartphone berlomba-lomba meluncurkan produk dengan spesifikasi terkini namun tetap dibanderol dengan harga miring. Redmi, yang sekarang merupakan sub-brand dari Xiaomi baru saja meluncurkan smartphone terbarunya yaitu Redmi Note 7. Smartphone ini diluncurkan setelah sebelumnya sub-brand Oppo yakni Realme meluncurkan Realme 3.

Redmi Note 7 vs Realme 3 menjadi perbincangan hangat di pasar smartphone Indonesia, dan menambah ketatnya persaingan smartphone di kelas menengah. Kedua smartphone ini sama-sama mengusung performa, desain, serta kamera sebagai fitur andalan. Keduanya juga dibanderol dengan harga di kisaran Rp 2 jutaan.

Dengan spesifikasi dan harga yang hampir sama, pastinya akan banyak yang bingung dalam menentukan smartphone pilihannya. Langsung saja simak perbandingan smartphone murah antara Redmi Note 7 vs Realme 3 berikut ini.

Perbandingan Spesifikasi dan Harga Redmi Note 7 vs Realme 3

Redmi Note 7 - Perbandingan Spesifikasi dan Harga Redmi Note 7 vs Realme 3 - Ohayo.co.id

Body dan Desain

Dari sisi body dan desain, tidak ada perbedaan yang mencolok antara kedua smartphone ini. Redmi Note 7 memiliki dimensi 159,2 x 75,2 x 8,1 mm dengan berat 186 gram. Redmi Note 7 memiliki desain unibody berbahan plastik dengan body belakang yang dilindungi oleh kaca Corning Gorilla Glass 5 yang cukup kuat. Pantulan gradasi yang dimilikinya juga cukup menarik mata, namun desain gradasi semacam ini sudah cukup mainstream. Terdapat 3 varian warna yang bisa Anda pilih, yaitu Space Black, Neptune, Blue, dan Nebula Red.

Realme 3 juga memiliki dimensi yang tidak berbeda jauh, yaitu 156,1 x 75,6 x 8,3 mm dengan berat 175 gram. Memiliki desain unibody dengan body plastik tanpa pelindung kaca seperti Redmi Note 7, membuat smartphone ini terasa lebih ringan. Realme 3 juga memiliki pilihan warna gradasi yang menambah kesan elegan dan cantik. Smartphone ini memiliki 2 varian warna yaitu Dynamic Black dan Radiant Blue.

Dari segi body dan desain keduanya dapat dikatakan seimbang. Meskipun body kaca pada Redmi Note 7 lebih menambah kesan mewah daripada body pada Realme 3, namun pengguna pasti tidak akan merasa was-was takut body belakangnya pecah ketika menggunakan Realme 3.

Baca juga : Adu Ketangkasan Redmi Note 7 Lawan Vivo V15, Unggul Mana?

Hardware dan Performa

Redmi Note 7 disokong dengan prosessor Qualcomm Snapdragon 660, yang didukung dengan RAM 3 GB serta internal storage sebesar 32 GB. Ada juga pilihan RAM 4 GB dan internal storage 64 GB untuk Anda yang menginginkan performa lebih. Di atas kertas, spesifikasi seperti ini sangat cukup untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari.

Sementara Realme 3 meggunakan prosessor dari MediaTek, yaitu Helio P60 dengan disokong GPU Mali-G72 MP3 yang disebut setara dengan performa yang dimiliki oleh Snapdragon 660 milik Redmi Note 7. Prosessor ini juga memiliki NPU atau neural processing unit untuk mendukung fitur AI seperti face unlock. Realme 3 juga tersedia dalam pilihan RAM 3 GB dan internal storage 32 GB, serta RAM 4 GB dan internal storage 64 GB.

Kedua smartphone ini cukup mumpuni untuk memainkan game berat seperti PUBG dan Mobile Legends. Hasilnya, kedua smartphone ini sanggup melibas kedua game tersebut dengan sangat baik tanpa lag. Namun, fitur game space yang dimiliki Realme 3 membuat performa smartphone ini lebih baik saat digunakan untuk main game.

Redmi Note 7 vs Realme 3 - Perbandingan Spesifikasi dan Harga Redmi Note 7 vs Realme 3 - Ohayo.co.id

Layar

Redmi Note 7 mengusung layar dengan resolusi Full HD+ (2340×1080) seluas 6,3 inci, ditambah dengan waterdrop notch yang tidak terlalu lebar untuk menampung kamera selfie dan speaker receiver. Layar ini dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Sedangkan Realme 3 memiliki layar dengan resolusi HD+ (720 x 1520) seluas 6.2 inci. Di atas layar juga terdapat notch dewdrop sebagai wadah kamera selfie dan sebuah speaker receiver. Layar ini dilindungi Corning Gorilla Glass 3.

Keduanya memiliki tampilan layar dengan bezel yang cukup tipis, sehingga menambah kesan luas. Dari segi resolusi dan perlindungan Redmi Note 7 tentu lebih unggul. Namun resolusi yang lebih rendah pada Realme 3 membuat kinerjanya lebih terasa ringan terutama untuk bermain game.

Baca juga : Review Smartphone Xiaomi Mi 8 Lite, Spesifkasi dan Harga Terbarunya

Kamera

Pada sektor kamera, Redmi Note 7 yang dijual resmi di Indonesia menggunakan kamera utama sebesar 48 MP dengan bukaan 1.8 dengan didukung kamera 5 MP bukaan 2.4 untuk mengambil gambar dengan efek bokeh, dan dilengkapi LED flash. Namun kabarnya kamera 48 MP ini bukan murni 48 MP, melainkan kamera 12 MP yang layernya diperbanyak hingga 4 kali.

Untuk Anda yang suka merekam video, kamera utama Redmi Note 7 ditunjang gyro-EIS alias stabilizer untuk menjaga kestabilan video. Tersedia juga fitur night mode untuk mengambil foto di tempat kurang cahaya. Untuk urusan selfie, Redmi Note 7 mengandalkan kamera 13 MP dengan kemampuan AI yang juga dapat mengambil gambar bokeh serta face unlock.

Kemudian pada Realme 3 menggunakan kamera 13 MP bukaan 1.8 dilengkapi kamera bokeh 2MP serta LED flash. Untuk kamera selfie cukup imbang karena sama sama menggunakan sensor 13 MP dengan AI, yang juga dapat digunakan untuk selfie dengan efek bokeh dan face unlock.

Meski di atas kertas Redmi Note 7 tampak lebih unggul dalam pertarungan soal kamera, namun Realme 3 memiliki fitur yang tidak ada pada Redmi Note 7, yaitu Chroma Boost dan Nightscape. Chroma Boost digunakan untuk meningkatkan dynamic range, warna dan mengurangi noise. Sementara Nightscape digunakan untuk membantu saat memotret saat malam hari.

Realme 3 - Perbandingan Spesifikasi dan Harga Redmi Note 7 vs Realme 3 - Ohayo.co.id

Baterai

Untuk mendukung performanya, Redmi Note 7 dibenamkan baterai sebesar 4.000 mAh didukung dengan Quick Charge 4.0 yang dilengkapi charger 9 volt 2 ampere (18 watt), serta sudah menggunakan port USB tipe C. Sedangkan rivalnya Realme 3 memiliki baterai 4.230 mAh namun hanya menggunakan fast charging 10 watt dan masih menggunakan port micro USB standar. Berkat kapasitas baterainya yang besar, kedua smartphone tersebut mampu diandalkan seharian penuh dengan pemakaian wajar.

Baca juga : Resmi Launching, Ini Beberapa Kelebihan Realme 3 yang Wajib Jadi Perhatian

Harga

Harga Redmi Note 7 untuk kapasitas RAM 3GB dan internal storage 32GB, dibanderol harga Rp 1.999.000. Sementara, kapasitas dengan RAM 4GB dan internal storage 64GB dibanderol Rp 2.599.000.

Sementara untuk Realme 3, untuk varian RAM 3GB dan internal storage 32GB juga dibanderol harga yang sama yaitu Rp 1.999.000, RAM 3GB dan internal storage 64 GB Rp 2.099.000, serta varian RAM 4GB dan internal storage 64 Rp 2.399.000. Saat ada promo, di beberapa marketplace Realme 3 dengan varian RAM 3GB dan internal storage 32GB dibanderol seharga 1.799.000.

Untuk urusan after sales, Realme yang merupakan sub-brand Oppo lebih menjanjikan karena banyak tersedia hingga ke kota kecil. Sedangkan jaringan after-sales Xiaomi masih terbatas di beberapa kota saja.

Demikian sedikit ulasan mengenai perbandingan spesifikasi dan Redmi Note 7 vs Realme 3. Meski keduanya sama-sama memiliki performa yang baik, namun keduanya juga sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Semoga bisa menjadi acuan Anda dalam menentukan smartphone terbaik sesuai kebutuhan Anda.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password