Langkah Ekstra untuk Perawatan Mobil di Musim Hujan yang Harus Anda Tahu

Langkah Ekstra untuk Perawatan Mobil di Musim Hujan yang Harus Anda Tahu - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Kusam dan mogok memang sudah jadi momok utama bagi kendaraan di kala musim penghujan melanda. Cuaca yang tak menentu bisa membikin mobil kesayangan Anda cepat kotor terkena air hujan, atau mogok karena air hujan yang merembes ke dalam mesin. Sebab itu, Anda harus melakukan langkah ekstra untuk perawatan mobil di musim penghujan ini. Jangan sampai kendaraan Anda jadi kusam atau justru mogok di tengah jalan. Berikut ini akan kami informasikan kepada Anda tentang beberapa langkah penting perawatan mobil di musim hujan yang harus Anda coba terapkan agar mobil kesayanganmu selalu dalam kondisi prima. Yuk, di simak ulasnnya!

Langkah Ekstra untuk Perawatan Mobil di Musim Hujan yang Harus Anda Tahu

Segera bilas mobilmu setelah kehujanan

Langkah Ekstra untuk Perawatan Mobil di Musim Hujan yang Harus Anda Tahu

Di musim penghujan seperti ini, pasti mobil Anda akan sering kehujanan. Anda sangat disarankan untuk tidak langsung mengelapnya. Sebab, air hujan sering sekali mengandung partikel kasar seperti garam dan juga pasir yang justru akan menjadikan mobil Anda jadi lecet. Solusinya, Anda harus rajin membilasnya dengan air bersih setelah kehujanan. Tak hanya untuk menghindari bekas kusam, Anda juga menjaga kualitas cat mobilmu supaya lebih awet. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pakai saja sabun khusus mobil dan spons halus yang bisa bersihkan kotoran membandel.

Baca juga : Membersihkan Mobil di Musim Hujan Jadi Lebih Mudah dengan Pakai Produk Pembersih Ini

Bersihkan kaca depan dan wiper mobil secara berkala

Langkah Ekstra untuk Perawatan Mobil di Musim Hujan yang Harus Anda Tahu

Pada saat turun hujan, Anda pasti akan membutuhkan wiper yang bisa menyisir air dan menjernihkan jarak pandang ke jalanan. Wiper pada dasarnya memiliki peranan yang vital di musim penghujan. Oleh sebab itu, wajib banget bagi Anda untuk mengecek keadaan karet wiper, jangan sampai sudah jadi aus sehingga tidak bisa menyisir air dengan baik. Hal tersebut tentu saja akan berdampak buruk pada saat sedang fokus menyerir di jalanan. Begitu terasa aus, jangan ragu untuk mengganti wiper dengan yang baru. Begitu pun dengan kaca depan mobil. Sebisa mungkin harus sering dibersihkan dan dilap, sehingga tidak mengganggu jarak pandang saat sedang mengemudi.

Menjaga interior mobil agar tetap kering

Langkah Ekstra untuk Perawatan Mobil di Musim Hujan yang Harus Anda Tahu

Untuk perawatan mobil yang ekstra di musim hujan agar selalu prima, tak hanya eksteriornya saja yang harus Anda perhatikan, tetapi juga bagian interior mobil. Pastikan air hujan tidak sampai menggenang atau pun membasahi bagian dalam mobil Anda, sebab bisa menimbulkan jamur maupun karat. Apalagi biasanya saat hujan sepatu atau sandal Anda juga akan basah maupun berlumpur, sehingga lebih baik Anda sediakan karpet mobil anti air.

Baca juga : Pilihan Roof Box Terbaik dari 3 Merek Ternama Agar Mobilmu Tampil Lebih Gaya

Memeriksa komponen mobil dan segera servis saat ada masalah

Langkah Ekstra untuk Perawatan Mobil di Musim Hujan yang Harus Anda Tahu

Di musim penghujan, salah satu masalah utama kendaraan adalah mogok di tengah jalan. Umumnya hal tersebut karena hubungan arus pendek atau dinami starter yang tidak berfungsi dengan baik. Solusinya, Anda harus mengecek internal mesin mobil secara menyeluruh, mulai dari kabel busi, aki, kabel lampu, dan dinamo starter. Bagian tersebut adalah hal yang paling rumit, apalagi jika Anda tak terlalu paham mengenai mekanisme mesin. Sehingga lebih baik Anda membawa mobil kesayanganmu tersebut ke bengkel untuk pengecekan rutin. Apalagi jika mobilmu mulai tersendat-sendat atau ada masalah lain dalam pengoperasiannya.

Nah, itulah tadi beberapa langkah ekstra untuk perawatan mobil di musim hujan yang harus Anda tahu. Dengan tips di atas, sekarang Anda tak perlu takut lagi sama genangan air atau hujan deras. Sebab, dengan persiapan yang matang tersebut, maka Anda akan tetap bisa mengandalkan mobil Anda untuk mengantarkanmu kemana pun. Oh iya, buat Anda nih yang butuh spare part mobil, melalui aplikasi kredit online terbaik AKULAKU Anda sudah bisa membelinya dengan cicilan hingga 0% tanpa kartu kredit. Bahkan untuk lebih hematnya lagi, Anda bisa memanfaatkan kode “AIDIA 1” untuk dapatkan voucher belanja up to Rp 700.000,00.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password