Ketahui Sekarang! Ini Penyebab Rambut Kehilangan Kilau Alaminya

Ketahui Sekarang! Ini Penyebab Rambut Kehilangan Kilau Alaminya - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Rambut merupakan bagian tubuh yang sering kali menjadi fokus utama perawatan tubuh, karena rambut yang indah dan mempesona akan menjadi kunci penampilan yang istimewa. Namun, sering kali beberapa treatment yang kita lakukan untuk membuat tampilan rambut semakin kece, justru berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Hal yang paling umum terjadi adalah rambut terlihat kusam dan kehilangan kilau alaminya. Kira-kira apa saja penyebab rambut kehilangan kilau alaminya tersebut? Simak informasi di bawah ini.

Penyebab Rambut Kehilangan Kilau Alaminya

1. Heat Styling

Beberapa teknik perawatan rambut yang semula ditujukan untuk membuat rambut lebih indah, ternyata justru bisa menjadi penyebab rambut kehilangan kilau alaminya. Heat styling dalam catokan, misalnya. Meskipun dengan dicatok rambut akan memberikan hasil yang berkilau, namun efek ini tidak bertahan lama. Bahkan dalam jangka panjang, dengan menggunakan hot tools menjadi penyebab kusam dan tidak berkilau.

Jadi frekuensi dan intensitas penggunaannya sangat dianjurkan untuk dikurangi, jangan setiap hari rambut dicatok karena dampaknya rambut akan kehilangan kilau alaminya. Cara lain yang direkomendasikan adalah sebelum menggunakan heat styling untuk rambut, ada baiknya gunakanlah heat protectant terlebih dahulu. Gunanya adalah untuk meningkatkan perlindungan pada rambut ketika terkena hot tools secara terus menerus.

2. Sinar Matahari

Penyebab rambut kehilangan kilau alaminya yang satu ini adalah yang paling sering kita alami. Sinar matahari yang mengeluarkan panas berisiko membuka kutikula rambut dan merusak pigmennya. Begitu pula dengan paparan sinar UV yang berlebihan. Sinar matahari di Indonesia sebagai negara tropis tidak bisa dihindarkan, namun dengan warna hitam pada rambut yang dimiliki sebagian besar masyarakat indonesia akan meminimalkan kerusakan rambut akibat sinar matahari dan sinar UV.

Bagaimana cara mengatasi rambut kehilangan kilau alami akibat sinar matahari? Mengunakan pelindung rambut seperti topi, payung, atau scarf saat sinar matahari di luar dirasa sangat menyengat dan berisiko merusak rambut. Bisa juga berikan rambut produk yang mengandung UV protection. Agar kutikula dan pigmen rambut lebih “survive” saat terkena paparan sinar matahari dan U.

Baca juga : 5 Cara Melemaskan Rambut Kaku Wanita Agar Tampil Cantik dan Elegan

3. Dry Shampoo

Sama seperti heat styling seperti catok, penyebab rambut kehilangan kilau alami yang satu ini sering kali menjadi solusi masalah rambut dalam jangka pendek, namun ternyata dalam pemakaian berlebih menyebabkan kerusakan pada rambut. Sebut saja dry shampoo, produk ini menjadi solusi praktis bagi wanita yang tidak punya cukup waktu untuk keramas di pagi hari. Terlebih lagi jika diaplikasikan pada rambut berminyak mampu membuat rambut lebih segar.

Aplikasi dry shampoo terlalu banyak akan menjadi penyebab rambut kehilangan kilau alaminya. Rambut akan terlihat kusam dan warnanya tampak berbeda (tidak merata). Sehingga langkah tepat yang dapat diambil dalam mengatasi masalah ini adalah gunakan seperlunya, sedikit demi sedikit lebih direkomendasikan. Kemudian jangan langsung diaplikasikan, tapi tunggu beberapa saat baru aplikasikan kembali pada rambut jika merasa masih berminyak.

4. Cat Rambut

Kerusakan lapisan kutikula rambut yang disebabkan oleh pengecatan rambut berulang-ulang menjadi salah penyebab rambut kehilangan kilau alaminya. Sering kali bergonta-ganti warna rambut akan membuat rambut juga akan menjadi lebih kering dan terlihat kusam. Agar efek yang ditimbulkan tidak berlarut-larut, maka lakukan perawatan rambut dengan lebih intens, seperti gunakan purple shampoo atau shampoo dengan kondisioner khusus, bahkan bisa juga gunakan hair mask secara teratur.

Baca juga : Mengatasi Rambut Rontok dengan Odol, Ampuh atau Justru Berbahaya?

5. Ketombe

Kondisi kulit kepala yang kurang sehat, seperti mudah mengelupas sehingga ketombe sering muncul ternyata bisa menjadi penyebab rambut kehilangan kilau alaminya. Pasalnya, adanya ketombe akan menyerap minyak alami pada kulit kepala. Dengan terserapnya minyak tersebut maka minyak tidak terdistribusi dengan baik, menyebabkannya kering dan tidak lagi berkilau.

Lima penyebab utama rambut kehilangan kilau alaminya, kebanyakan adalah cara-cara praktis yang digunakan untuk mempercantik rambut. Namun ternyata dalam jangka panjang membahayakan kesehatan rambut. Boleh-boleh saja mencatok, mewarnai, atau menggunakan dry shampoo. Tapi jangan terlalu berlebihan, karena justru membuat rambut tidak berkilau.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password