Kulit Ketiak Tampak Gelap? Ini Penyebab Paling Umumnya!

Kulit Ketiak Tampak Gelap? Ini Penyebab Paling Umumnya!

Ohayo.co.id – Merawat diri sudah menjadi kewajiban. Tidak hanya untuk kebersihan tetapi juga untuk penampilan agar percaya diri bertemu dengan tiap orang. Masalah bau badan biasanya menjadi masalah utama. Namun kebanyakan orang sudah bisa mengatasinya dengan deodoran meskipun cara ini belum bisa menghilangkan warna ketiak yang hitam. Bagi anda yang suka dengan baju tanpa lengan pasti merasa risih melihat warna gelap dari ketiak. Ketahui terlebih dahulu penyebab kulit ketiak tampak gelap supaya lebih mudah mengatasinya.

Warna hitam pada kulit ketiak bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja seperti karena faktor deodoran hingga kurangnya menjaga kebersihan. Memang warna hitam pada kulit ketiak adalah hal wajar namun jika tidak diatasi dengan benar akan membuat kita minder. Selain itu, ketiak tampak menghitam juga bisa karena faktor kesehatan. Berikut merupakan penyebab kulit ketiak tampak gelap.

Penyebab Kulit Ketiak Tampak Gelap yang Bikin Tidak Pede!

Penyebab Kulit Ketiak Tampak Gelap yang Bikin Tidak Pede!

1. Mencukur

Salah satu penyebab kulit ketiak tampak gelap adalah karena mencukur. Warna hitam ini bisa disebabkan karena folikel rambut yang ada tepat dibawah permukaan kulit kita. Bahkan mencukur terlalu banyak juga bisa mengakibatkan adanya pengerasan kulit. Solusinya adalah bisa mencoba cara waxing yang menyingkirkan bulu hingga akar. Warna hitam pada kulit ketiak tidak akan terlihat lagi.

2. Deodoran dan Antiperspirant

Dua bennda ini merupakan pelindung tubuh dari bau yang tidak sedap. Tetapi dua hal ini mengandung bahan kimia yang mana ada efek samping bagi kulit. Termasuk juga bisa menghitamkan kulit. Penyebab paling utama kulit ketiak tampak gelap adalah karena bekas deodoran yang tidak bersih. Sisa yang ada pada ketiak memicu adanya perubahan warna pada ketiak.

Penyebab Kulit Ketiak Tampak Gelap yang Bikin Tidak Pede!

3. Akumulasi Sel Kulit Mati

Tahukah anda bahwa sel – sel kulit mati bisa ada di sekujur tubuh dan terakumulasi di bagian permukaan kulit? Tidak terkecuali pada bagian kulit ketiak. Maka dari itu, akumulasi sel kulit mati ini bisa menjadi penyebab kulit ketiak tampak gelap.

Baca Juga : Kulit Ketiak Hitam? Ketahui Penyebabnya dan Hindari dari Sekarang!

4. Acanthosis Nigricans

Acanthosis Nigricans adalah istilah medis untuk kulit kusam serta menebal. Kondisi ini bisa menjadi pertanda dari obesitas, diabetes serta kadar hormon yang abnormal. Acanthosis nigricans adalah penyebab paling umum kulit ketiak tampak gelap. Berkonsultasi dengan tim medis bisa menjadi salah satu solusinya.

5. Infeksi Bakteri

Yang harus diketahui adalah ketiak merupakan tempat paling subur untuk berkembangnya bakteri. Maka dari itu harus rajin untuk mandi agar tidak muncul bakteri penyebab bau badan terutama. Selain karena bisa menyebabkan bau badan, bakteri bisa juga membuat kulit ketiak tampak hitam. Bakteri ini bisa membuat adanya infeksi kronis yang ada pada lapisan kulit lebih dalam.

Baca Juga : Produk Terbaik Untuk Memutihkan Selangkangan dan Ketiak, Recommended Dicoba!

Penyebab Kulit Ketiak Tampak Gelap yang Bikin Tidak Pede!

6. Melasma

Penyebab kulit ketiak tampak gelap selanjutnya adalah melasma. Hal ini cenderung menyerang wanita dibandingkan pria. Salah satu tandanya adalah bercak gelap yang ada pada kulit. Biasanya terjadi karena terkena sinar matahari, perubahan hormon di masa kehamilan dan lain sebagainya.

7. Hiperpigmentasi

Penyebab paling umum kulit ketiak tampak gelap yang terakhir adalah hiperpigmentasi. Kondisi ini adalah titik – titik gelap yang muncul di kulit karena kelebihan melanin. Kondisi ini terjadi kulit tidak berbahaya.

Beberapa penyebab kulit ketiak tampak gelap ini memang seringkali terjadi. Jaga kebersihan diri agar bisa percaya diri. Tampil menawan tanpa kulit gelap di area ketiak.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password