Penyebab Gunung Meletus Ternyata Tidak Terduga, Apa Itu?

penyebab gunung meletus

Apakah kamu tahu penyebab gunung meletus? Sebelum menjawab pertanyaan itu, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu gunung. Gunung merupakan gundukan tanah yang menjulang dengan ketinggian minimal mencapai 10 kilometer dari permukaan tanah. Apabila ada aktivitas vulkanik di dalamnya, maka gunung tersebut disebut sebagai gunung berapi aktif. Aktivitas vulkanik sendiri disebabkan magma dari lempeng tektonik di dalam Bumi.

Penjelasan lebih lanjutnya bisa kamu simak sebagai berikut.

1. Gunung berapi memiliki kondisi yang berbeda-beda

penyebab gunung meletus adalah

Gunung berapi tidak selalu aktif. Bisa jadi sebuah gunung berapi dianggap mati karena tidak memiliki aktivitas sama sekali. Biasanya ini terjadi ketika sebuah gunung berapi telah mengeluarkan seluruh magma dalam kantung magma di dalamnya. Ada juga gunung berapi yang memiliki siklus aktif dalam periode waktu tertentu misalnya Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pernah juga kejadian sebuah gunung berapi yang telah tidur selama ratusan tahun kemudian aktif mendadak. Contohnya adalah Gunung Sinabung yang kembali meletus dengan sangat dahsyat meskipun telah tidak aktif dalam waktu lama. Gunung Sinabung meletus kembali pada tahun 2010, setelah letusan terakhir diperkirakan terjadi pada tahun 1600-an.

2. Aktivitas letusan gunung berapi dinamai dengan erupsi

penyebab gunung meletus dan akibatnya

Baca juga: Agar Kantong Tidak Kering, Intip Tips Belanja Hemat untuk yang Hobi Mendaki Gunung Ini!

Letusan gunung berapi merupakan akibat dari aktivitas vulkanik di dalam Bumi dan ketika magma keluar dari puncak gunung dinamakan dengan erupsi. Magma yang keluar bercampur dengan berbagai macam material seperti batu dan pasir, termasuk gas yang sangat panas hingga sanggup membakar area di sekitarnya. Magma yang dikeluarkan lewat proses erupsi dinamai lava.

Letusan gunung berapi biasanya diiringi dengan getaran tanah atau yang kita kenal dengan gempa. Ini terjadi akibat dorongan magma yang mencari jalan keluar. Semakin besar magma yang akan dimuntahkan dan semakin kecil lubang pengeluaran, maka gempa yang terjadi semakin besar. Apalagi zona kegempaan tersebut merupakan area lempeng tektonik yang menahan magma dengan suhu panas mencapai 1000 derajat Celcius.

3. Secara singkat, penyebab gunung meletus adalah pergerakan magma yang menimbulkan aktivitas tremor (gempa atau pergerakan lempeng Bumi)

penyebab gunung api meletus

Baca juga: Info Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Telomoyo Magelang

Aktivitas magma yang mencari jalan keluar ke permukaan Bumi merupakan penyebab utama meletusnya gunung berapi. Pergerakan magma menyebabkan tanah di atasnya mengalami gempa. Apabila dorongan magma semakin kuat, gempa yang terjadi juga akan semakin besar dan sering. Pada titik ketika magma terdorong ke kawah dan menciptakan ledakan erupsi, itulah yang dinamakan letusan gunung berapi.

Untuk menghindari bencara erupsi mendadak, biasanya setiap gunung berapi yang masih aktif dipantau dengan seismograf untuk mengetahui aktivitas seismik di dalamnya. Cara ini dapat memberikan peringatan dini kepada penduduk sekitar gunung karena menawarkan petunjuk berupa aktivitas gunung berapi.

4. Peningkatan suhu di sekitar gunung berapi, terutama kawah

penyebab meletusnya gunung api adalah

Baca juga: Gunung Putri Lembang Tak Mempesona Seperti Dahulu Kala

Inilah salah satu ciri gunung berapi akan meletus. Suhu di kawasan sekitar gunung, terutama bagian kawah, meningkat drastis. Pada saat seperti ini, habitan yang tinggal di lingkungan gunung akan merasakan kegerahan dan bahaya gunung meletus. Mereka akan mengungsi ke kawasan lain yang memiliki suhu lebih rendah. Itulah kenapa kita akan melihat banyak hewan, terutama burung, berpindah tempat dari habitat aslinya di kawasan gunung berapi menuju dataran rendah.

6. Lempeng Bumi yang berdesakan sehingga mendorong magma mencari jalan keluar ke permukaan

apa penyebab gunung meletus

Magma mencari jalan keluar akibat didorong lempeng Bumi. Tekanan dorongan itu menimbulkan aktivitas magma sehingga terjadi gempa.

Itulah penyebab gunung meletus. Bagi kita yang hidup di Indonesia, gunung berapi harus diwaspadai aktivitasnya. Apalagi Indonesia termasuk negara kepulauan yang memiliki jalinan cincin api dari barat ke timur. Cincin api ini merupakan rangkaian aktivitas magma yang saling sambung-menyambung.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password