Cara Perawatan dan Pengembangbiakan Tanaman Dollar

pengembangbiakan tanaman dollar

Ohayo.co.id – Tanaman dollar atau dalam bahasa latinnya adalah Zamioculcas zamifolia merupakan tanaman indoor yang cukup unik dan indah. Sifatnya yang tidak membutuhkan banyak air dan tidak memerlukan perawatan yang rumit membuat banyak orang tertarik untuk menghadirkannya ke dalam rumah. Terlebih lagi pesona daunnya yang hijau serta mengkilap, menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman hias.

Rumah akan terasa lebih sejuk dan indah dengan kehadiran tanaman dollar satu ini. Terlebih lagi tanaman hijau dalam rumah ternyata bisa berfungsi sebagai pembangkit mood sehingga rasa lelah dan sedih akan segera hilang. Namun sebelum memilih tanaman dollar sebagai tanaman hias rumah, sebaiknya Anda perlu tahu terlebih dahulu cara perawatan dan pengembangbiakan tanaman dollar ini. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Cara Perawatan dan pengembangbiakan Tanaman Dollar

merawat tanaman dollar

Sebenarnya cukup mudah untuk melakukan perawatan pada tanaman dollar ini. Karena pada dasarnya tanaman dollar memiliki ketahanan yang cukup baik, meskipun di taruh di dalam rumah yang minim cahaya matahari. Tak hanya itu saja, Anda yang super sibuk karena rutinitas sehari-hari pun bisa menghadirkan tanaman satu ini dalam rumah Anda. Perawatannya hanya sesekali dan dengan jangka waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Musim Kemarau Telah Tiba, Tetap Jaga Kesuburan Tanaman Anda dengan 3 Tips Berikut

Anda hanya perlu melakukan penyiraman setidaknya 2-3 hari sekali dan membiarkannya terpapar sinar matahari selama 3 jam saat sudah disiram. Setelah melakukan penyiraman dan penjemuran, Anda bisa meletakkannya kembali di dalam ruangan sebagai penghias rumah.

Agar daun dari tanaman dollar ini tetap cantik dan mengkilap, Anda bisa membersihkannya dengan tisu yang sudah dibasahi air. Atau satu waktu Anda juga bisa menggunakan susu sebagai cairan untuk mengelap daunnya. Dengan cara ini maka akan membuat daun tanaman semakin mengkilap sempurna.

Untuk media tanamnya sendiri, Anda bisa menggunakan serbut kelapa yang diberi komposdan arang kasar. Atau untuk lebih praktisnya lagi, Anda bisa menggunakan media tanam pakis halus. Pilihan ini juga sama baiknya untuk tanaman dollar

Baca Juga : Berbagai Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Mengindahkan Taman Kecil di Rumahmu

Sementara untuk cara pengembangbiakannya sendiri ada 2 cara yang bisa ditempuh. Pertama dengan cara stek daun dan yang kedua stek batang.

Itulah tadi cara perawatan dan pengembangbiakan tanaman dollar yang bisa Anda terapkan sendiri. Hadirkan tanaman dollar di rumah Anda sebagai penghias ruangan agar terlihat lebih indah dan asri.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password