Pemeliharaan Rem Mobil agar Selalu Berfungsi dengan Baik

Pemeliharaan Rem Mobil - Ohayo.co.id 1

Ohayo.co.id – Pemeliharaan rem juga harus diperhatikan. Rem merupakan salah satu komponen terpenting pada kendaraan mobil Anda. Untuk itu, selain disarankan mengenal jenis-jenis rem atau mekanisme rem, Anda juga perlu mengetahui aneka ragam minyak rem yang ada pada saat ini. Umumnya, minyak rem menggunakan kode standar DOT (Department of Transportation), di antaranya DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Untuk pemeliharaan rem mobil agar selalu berfungsi dengan baik, maka lakukanlah hal berikut.

Pemeliharaan Rem Mobil

Pemeliharaan Rem Mobil - Ohayo.co.id

  • Membersihkan piringan rem dengan hembusan kompresor agar rem bersih dari kerikil-kerikil dan debu-debu yang menempel.
  • Cek level kerataan piringan rem tiap 25.000 km. Serta periksa selalu kondisi sepatu rem/brake pad tiap kelipatan 10.000 km.
  • Khusus di jalan turunan, untuk meningkatkan kinerja rem, manfaatkanlah engine brake, yakni dengan menggunakan gigi rendah sambil menahan RPM agar mesin kendaraan bisa menahan laju mobil Anda, sebelum membantu rem bekerja. Terakhir, waspadalah dengan kondisi rem panas. Pastikan Anda tidak melewati genangan air karena dapat menyebabkan keretakan pada besi rem itu sendiri.
  • Jika ini terjadi maka kemungkinannya akan terjadi kerusakan berupa lempengan besi menjadi tidak rata, selain tentunya menyebabkan rem Anda akan bergetar.
Baca Juga

Semakin tinggi  kode standar DOT-nya maka semakin encer minyaknya dan semakin tinggi pula level ketahanan temperaturnya. Dalam pemilihan minyak rem yang cocok dengan mobil Anda, disarankan Anda selalu membaca referensi jenis minyak rem yang tercantum pada buku manual kendaraan. Tidak hanya memperhatikan pada pemeliharaan rem saja, nmun juga perlu diperhatikan penggantian berkala minyak transmisi otomatis di setiap 100 ribu km. Secara stadar apabila  tidak ada flushing, diganti sejumlah oli yang keluar saja.

Berbicara soal oli, oli A/T yang dapat digunakan Toyota Fortuner adalah Toyota Genuine ATF WS, 8,5 liter untuk mesin bensin dan 9,5 liter untuk mesin diesel. Dalam servis berkala, Toyota Fortuner sama dengan produk Toyota lainnya, dijalankan 10 ribu km sekali. Dan yang terpenting, selalu lakukan servis di dealer resmi. Nilai plus lainnya saat melakukan perawatan di dealer resmi adalah salah satu klausul claim warranty, penting agar pelanggan setia All New Fortuner selalu tahu kondisi mobilnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password