Pemandian Air Panas, dari Relaksasi hingga Menghilangkan Jerawat

pemandian air panas pacet

Pemandian air panas selalu menjadi destinasi bagi wisatawan. Tentunya tujuan utama mereka ingin merefresh kembali penat yang melekat dalam otak. Letihnya raga setelah sepekan menjalani rutinitas yang padat juga membutuhkan penyegaran kembali.

Khasiat yang diperoleh saat berendam di pemandian air panas sungguh luar biasa. Mulai dari menghilangkan jerawat dari wajah hingga penyakit kulit yang menjauh.

Manfaat Berendam di Pemandian Air Panas

manfaat pemandian air panas

Pemandian air panas identik dengan kandungan belerang yang tinggi. Itulah mengapa banyak sekali manfaat yang dihasilkan ketika kita berendam. Apa saja manfaat berendam di air yang memiliki kandungan sulfur ini?

1. Merelaksasi tubuh lelah dan menenangkan fikiran

Sudah menjadi rahasia umum, jika kita berendam di air yang dipenuhi dengan kandungan belerang bermanfaat untuk relaksasi. Kenapa mampu memberikan efek yang dahsyat kepada tubuh yang lelah? Diyakini bahwa air panas sendiri mampu meregangkan otot-otot kaku. Selain otot, pikiran juga menjadi lebih tenang dan sistem saraf semakin rileks.

2. Menghilangkan Jerawat dan pori-pori kulit wajah terjaga

Kandungan belerang yang memiliki sifat antibakteri, anti-acne dan antiradang sangat bagus untuk menghilangkan jerawat. Penyumbatan pada pori-pori karena bakteri sangat mudah teratasi.

3. Sel kulit mati hilang seketika

Sifatnya mampu membuang lapisan keratin yang berlebih. Sehingga banyak diterapkan untuk produk anti jerawat dan berguna sekali untuk melepaskan sel-sel kulit mati.

4. Terhindar dari penuaan dini

Kulit berkendur, kering dan berkerut disebabkan karena kolagen dalam tubuh mengalami kekurangan dalam produksinya. Percepatan penuaan dini juga dapat terjadi dengan bantuan sinar matahari dan polusi.

Dengan berendam kamu membantu tubuh dalam memproduksi kolagen sekaligus membunuh bakteri yang merusak kulit.

5. Anti ketombe alami

Dengan sifatnya yang keras dan mampu membunuh bakteri, kulit kepala yang berketombe juga mampu dibersihkan.  Ketombe yang berkerak akan terkelupas dan rambut semakin berkilau.

Ada satu lagi manfaat berendam di pemandian air panas yang diyakini kebanyakan orang. Dengan berendam berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit di kulit seperti eksim dan rosacea.

Memang benar jika sulfur atau belerang berkhasiat mengobati penyakit kulit. Tetapi dokter Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta, Dr. Rachel Djuanda, SpKK, seperti yang dikutip dari tempo tidak merekomendasikan. Lanjut Rachel, dikhawatirkan hanya akan menimbulkan iritasi pada kulit dan penyakitnya bertambah parah.

Baca juga : Inilah 4 Wisata Pemandian Air Panas di Bogor yang Selalu Dicari Wisatawan

Tata Cara Berendam di Pemandian Air Panas

Tata Cara Berendam di Pemandian Air Panas

Setelah khasiat mandi di pemandian air panas dipaparkan, selanjutanya ada beberapa langkah dalam melakukaknnya. Karena meskipun memiliki banyak manfaat, terdapat juga dampak yang tidak baik terhadap tubuh.

Berikut tata cara berendam di pemandian air panas:

1. Cukup 15 menit

Terlalu lama berada di air yang mengandung sulfur dapat berakibat kandungan minyak dalam tubuh berkurang dan mengakibatkan kulit menjadi kering.

2. Hindari penggunaan sabun

Kulit menjadi kering bisa di akibatkan juga dari terlalu banyaknya penggunaaan sabun yang mengeluarkan busa terlalu berlebihan. Karena berendam di dalam air yang tercampur busa sabun terlalu banyak dapat mengurangi kandungan minyak dalam tubuh juga.

3. Malam hari adalah waktu terbaik

Kenapa malam hari? Sebab malam hari merupakan waktu yang tepat untuk melancarkan aliran darah setelah seharian beraktivitas. Hindari melakukannya diwaktu pagi hari, karena peredaran darah masih belum normal. Dipagi hari darah masih butuh untuk dipompa terlebih dahulu.

4. Lindungi kulit dengan tabir surya saat siang hari

Jika kamu memutuskan untuk berendam di pemandian air panas diwaktu siang hari, cobalah gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari terbakarnya sinar matahari. Itu juga jika tempat pemandian air panas berada di arena terbuka.

Baca juga : Temukan Ketenangan Hidup di Pemandian Air Panas Guci!

Sudahkah kamu bersiap untuk mengunjungi pemandian air panas di akhir pekan nanti? Kabari kami bagaimana nikmatnya berendam di air yang mengandung belerang tersebut. Jangan lupa bagikan juga artikel ini ke teman-teman kamu melalui media sosial. Berikan juga respon melalui kolom komentar dibawah.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password