Passport Hilang Saat Liburan ke Luar Negeri? Ini Langkah Penting yang Harus Kamu Tahu

Ohayo.co.id – Jika berbicara mengenai traveling atau liburan pada dasarnya memang tak melulu bercerita mengenai pengalaman manis-manis saja. Cerita kesialan pun kadang kalanya tak luput menyelimuti momen liburan Anda, misalnya saja kecopetan atau kehilangan barang-barang berharga. Jika Anda kecopetan saat liburan ke luar negeri, maka hal tersebut pastinya akan jadi hal paling menakutkan sekali, kan? Sebab, bisa saja Anda kehilangan passport yang notabenenya sebagai tanda pengenal Anda ketika ada di luar wilayah Indonesia.

Apabila Anda sampai kehilangan passport di luar negeri, jangan bersedih terlalu lama, segera urus penerbitan SPLP atau Surat Perjalanan Laksana Passport di kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri. Caranya mudah sekali, ikut saja langkah penting ketika passport hilang berikut ini.

Langkah Penting Ketika Passport Hilang Saat Liburan ke Luar Negeri

Langkah Penting Ketika Passport Hilang Saat Liburan ke Luar Negeri - Ohayo.co.id

Membuat laporan di kantor polisi terdekat

Begitu Anda tahu jika passportmu sudah hilang atau berpindah tangan, segera cari kantor polisi terdekat lalu buat laporan kehilangan, termasuk lokasi serta waktu perkiraan passport tersebut hilang. Jika Anda memang memiliki fotokopi passport bagian biodata, maka jangan lupa juga untuk dibawa dan ditunjukkan kepada polisi.

Datangi kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri

Silakan bawa surat keterangan kehilangan yang sudah dibuat tadi ke KBRI atau KJRI. Jangan lupa untuk membawa fotokopi passport dan jika ada potongan boarding pass pesawat ketika Anda masuk negara tersebut, silakan dibawa juga. Utarakan maksud Anda yang ingin membuat SPLP, kemudian ikuti saja prosedur yang ada.

Baca juga : Waspada Saat Travelling! 4 Kota di Asia Tenggara ini Rawan Copet

Langkah Penting Ketika Passport Hilang Saat Liburan ke Luar Negeri - Ohayo.co.id

Bawa SPLP ke kantor imigrasi negara yang dikunjungi

Selanjutnya silakan Anda bawa SPLP yang sudah Anda buat dan kemudian kunjungi kanto imigrasi yang ada di negara Anda kunjungi. Laporkan ke pihak imigrasi mengenai perubahan dokumen yang Anda miliki. Hal tersebut akan memudahkan Anda ketika akan keluar dari negara tersebut. Usahakan Anda bawa bukti tiket keluar negara tersebut untuk kemudian ditunjukkan kepada pihak imigrasi.

Mengatur ulang jadwal kepulangan

Berikutnya adalah mengecek tiket kepulangan yang Anda miliki. Pastikan jika itinerary penerbangan tidak transit di negara lain, sebab SPLP ini biasanya hanya berlaku sekali dan hanya untuk kembali ke negara asal. Apabila tiket yang sudah dibeli ternyata mengharuskan Anda untuk transit dan keluar imigrasi bandara, maka Anda harus ubah rute kepulangan. Oh iya, untuk menghindari ketidaknyamanan, sebaiknya Anda sampai di airport 4 jam sebelum keberangkatan untuk berjaga-jaga jika ada verifikasi yang dilakukan pihak imigrasi di bandara tersebut.

Baca juga : Tips Traveling Solo untuk Wanita yang Aman dan Nyaman

Langkah Penting Ketika Passport Hilang Saat Liburan ke Luar Negeri - Ohayo.co.id

Langsung buat passport baru di Indonesia

Sebab SPLP ini hanya berlaku satu kali pakai dan tidak bisa dipakai lagi untuk masuk ke negara lain, makanya Anda harus segera membuat passport baru saat sampai di Indonesia. Selain bawa dokumen yang disyaratkan, silakan bawa juga SPLP Anda.

Nah, itu dia beberapa langkah penting yang harus Anda ketahui saat passport hilang ketika liburan ke luar negeri. Oh iya, buat Anda nih yang butuh perlengkapan liburan murah dengan cicilan via AKULAKU, sekarang Anda sudah bisa berbelanja dan mendapatkan semua yang Anda butuhkan tersebut di berbagai toko online yang ada, seperti Shopee, Bukalapak, JD.id, dan lain-lain.

AKULAKU memang tidak hanya sekadar aplikasi cicilan tanpa kartu kredit terbaik, akan tetapi juga memberikan Anda kenyamanan dan keamanan saat berbelanja. Bahkan dengan AKULAKU Anda juga berkesempatan untuk dapatkan voucher belanja total senilai Rp 700.000,00, misalnya saja dengan pakai kode voucher “AIDIA 1”.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password