Pantai Remen Tuban, Sensasi Nuansa Alami Berpanorama Cantik

pantai remen tuban

Salah satu wisata pantai yang terletak di Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini memiliki nama lengkap Wisata pantai pasir putih remen. Karena memang pasir yang terdapat di sana bukan pasir biasa yang biasanya dimanfaatkan untuk bahan bangunan melainkan pasir putih. Pantai ini menjadi istimewa karena terdapat danau yang dikelilingi danau sehingga bernuansa pantai alam di tengah hutan.

Pantai ini cocok untuk para pecinta wisata alam. Karena kerindangan pepohonan serta danau yang membuatnya tampak sekilas seperti Pantai di Flores, Nusa Tenggara Timur yang terkenal akan kesejukan. Deretan danau yang melengkapi nuansa alami pantai. Tidak hanya dinikmati biru ombak, sejuk pepohonan dan danaunya, pantai ini tentunya direkomendasikan sebagai spot foto menarik.

Sejarah Pantai Remen Tuban

bersantai di pantaiSumber foto: @prastika_rezi

Pantai Remen ini sebagaimana pantai-pantai lain dijadikan sebagai pelabuhan singgah pada masa kerajaan-kerajaan kuno di Indonesia. Mulai dari Hindu, Buddha dan Islam. Berfungsi juga sebagai tempat transaksi jual beli rempah-rempah pada era penjajahan Portugis, Spanyol, Inggris hingga VOC Belanda.

Lokasi Pantai Remen Tuban

Sumber foto: @siscarosalinda

Untuk dapat menikmati keindahan alam Pantai Remen ini tidak terlalu sulit. Bagi pengunjung yang datang dari daerah lokal atau Tuban, arah yang harus diikuti hanya terminal baru lurus ke barat. Searah dengan jalur pantura ke arah Semarang. Dimana ketika dari terminal baru akan melewati pusat mangrove kemudian lurus terus menuju utara hingga melewati pasar samudra desa jenu.

Setelah melewati pasar, belok ke barat dan akan dijumpai Koramil Jenu. Lanjut hingga menemui persimpangan lalu ambil kanan menyeberangi Pantura ikuti terus sampai jalan utama. Sampai di perempatan terdapat Masjid Mubarok lalu belok kanan terus sampai habis lalu belok kiri dan lurus terus hingga Desa Remen. Sampai di situ carilah petunjuk jalan yang mengarahkan langsung pada lokasi Pantai Remen.

Untuk pengunjung yang datang dari arah Semarang dapat mengikuti jalan Pantura Surabaya hingga melewati perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kemudian lurus hingga sampai di Kecamatan Tambakboyo yang akan melewati pelabuhan pabrik holcim di utara. Tetaplah berjalan lurus sampai memasuki kawasan industri. Dari situ lurus terus sampai pada pertigaan yang mengarah ke PLTU belok kiri.

Setelah belok kiri tetap lurus hingga menjumpai pangkalan pertamina. Kemudian kembali lurus terus hingga memasuki wilayah Desa Remen dan tengoklah kanan-kiri untuk melihat papan penunjuak arah. Disarankan untuk bertanya pada warga setempat untuk arah yang lebih valid dan cepat.

Sementara untuk pengunjung yang datang dari Jakarta, Bogor, Depok, Bandung dan sekitarnya dapat mengikuti arah yang dilalui pengunjung dari Semarang. Karena umumnya pengunjung dari Jakarta dan sekitarnya berangkat melalui jalur Pantura Semarang. Secara umum, Pantai Remen ini terletak di Desa Jenu, Remen, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Baca juga: Ketahui Biaya ke Wisata Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur

Daya Tarik Pantai Tuban

bebatuan di pantai remenSumber foto: @phiiphoo_14

Selain keindahan alam, pantai ini juga menyuguhkan beragam daya tarik. Mulai dari danau alami yang dikelilingi hutan cemara hingga pasir putih. Daya tarik tersebut membuatnya berbeda sehingga selalu menjadi spot tujuan para pelancong lokal hingga internasional. Sekilas pantai ini apabila dipandang dari atas tampak seperti pantai-pantai yang ada di Pulau Papua. Seperti yang ditampilkan pada iklan wisata Pesona Indonesia.

Pantai yang sangat direkomendasikan untuk anak-anak muda yang menyukai tempat-tempat eksotis. Pasir putih serta deretan pohon mangrove sungguh mempesona, merupakan background yang pas untuk dijadikan foto profil di sosial media. Selain itu, biru ombak laut dan sejumlah kayu dan batu karang yang tergeletak secara alami menampilkan Pantai Remen seperti pantai yang belum pernah terjamah.

Baca juga: 3 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Melegenda

Fasilitas dan Harga Masuk Pantai Remen Tuban

pantai di desa remenSumber foto: @aprillia_wardani

Fasilitas yang ditawarkan tidak hanya landscape menakjubkan dari pantai, biru ombak, hutan cemara, pasir putih hingga danau namun juga fasilitas umum seperti tempat parkir luas, tempat berteduh yang disediakan pemerintah, mushola, kamar mandi, deretan rumah makan, penjual makanan dan souvenir serta tim SAR yang akan memberi pengamanan dan peringatan apabila ombak sedang tinggi.

Penjual di tempat wisata tersebut mayoritas berasal dari warga sekitar untuk mencari peluang ekonomi sehingga dengan berkunjung ke pantai ini tidak hanya akan melihat pemandangan namun juga membantu perekonomian warga. Cindera mata yang dijumpai pun beragam mulai dari kaos hingga pajangan kerang-kerang laut yang tergeletak dan mati terbawa ombak.

Harga tiket masuk yang ditawarkan pun relatif murah yaitu hanya Rp 2.000 per orang untuk hari reguler sedangkan untuk hari libur harganya bisa dua kali lipat namun masih wajar tentunya. Untuk biaya parkir dikenakan tarif Rp 2.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk bus. Biaya masuk akan lebih murah apabila pengunjung datang secara rombongan.

Baca juga: Liburan Seru di Taman Candi Ngawi, Wisata Baru di Jawa Timur

Penginapan Terdekat Pantai Remen Tuban

Hotel Amerta

Hotel ini berlokasi lumayan jauh dari Pantai Ramen sekitar 6 km namun dekat dengan obyek wisata lain seperti Pantai Boom yang hanya berjarak 0.51 km, 0.41 km dari alun-alun Tuban, 2.31 dari Kuil Kwan Sing Bio dan 6.09 km dari terminal kota Tuban.

Tarif per malam yang ditawarkan untuk dua orang berkisar dari harga Rp 165.000 hingga Rp 200.000 yang dilengkapi dengan breakfast, penjagaan 24 jam serta fasilitas wifi khusus kamar tamu dengan tarif Rp 200.000. Penginapan mini ini sangat cocok bagi para pelancong dengan budget minim yang hanya membutuhkan penginanpan untuk sekadar istirahat dan meletakkan barang.

Fave Hotel

Hotel ini mungkin lebih dekat dari pusat kota namun hanya penginapan inilah yang berlokasi di tengah-tengah obyek wisata lain di Tuban. Fave hotel merupakan hotel bintang tiga yang menawarkan berbagai fasilitas seperti lounge yang megah, reservasi 24 jam, lift, area parkir yang luas, AC, Wifi dan sarapan untuk beberapa jenis kamar tertentu.

Tarif yang ditawarkan per malam beragam mulai dari Rp 421.080 hingga Rp. 469.480 untuk maksimum dua orang dengan kamar modern bernuansa merah lengkap dengan kaca besar dan TV serta kamar mandi yang dilengkapi handuk, toilet duduk, wastafel, shower dan air hangat sehingga sangat direkomendasikan bagi pengunjung dari luar kota yang tidak hanya akan menikmati Pantai Remen.

Keindahan Pantai Remen Tuban ini sudah tidak dapat diremehkan lagi. Nuansa putih, hijau pepohonan, biru ombak dan landscape yang menakjubkan mampu menyihir siapapun mulai dari pelancong lokal hingga internasional. Pantai yang terlihat sekilas mirip seperti yang ditampilkan dalam iklan kementerian pariwisata ini menyuguhkan kealamian pantai yang memiliki lengkungan garis pantai seperti di Pulau Papua.

Fasilitas-fasilitas yang memadai seperti pengamanan tim SAR dan warga sekitar, mushola, akses listrik dan air, toilet, tempat parkir, deretan rumah makan hingga penjual makanan dan souvenir ini mampu membuat pengunjung betah karena keamanan dan ketersediaan fasilitas publiknya.

Featured Image: @likom22

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password