Pantai Kelapa Tuban, Menikmati Pesona Landscape Alami

pantai kelapa tuban

Anda pasti pernah memimpikan menghabiskan weekend di wisata bahari ala Hawaii dengan low budget, mimpi anda bisa terwujud dengan hanya mengunjungi Pantai Kelapa di Tuban, Jawa Timur. Dikelilingi pohon kelapa, pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Panyuran ini sekilas mirip landscape pantai yang ada di Hawaii apabila anda pernah menonton film animasi Moana.

Panjangnya garis pantai di Tuban yang mencapai 65 km menyajikan deretan wisata alam bahari terutama Pantai Kelapa ini yang merupakan satu-satunya pantai dimana pohon-pohon umum yang biasanya tumbuh di pantai-pantai seperti pohon mangrove, cemara, atau pun bakau justru tidak dapat tumbuh subur kecuali pohon kelapa. Dari situlah nama Pantai Kelapa didapatkan.

Sejarah Pantai Kelapa Tuban

Sumber foto: @asvetaff_

Banyaknya deretan pohon kelapa di Pantai Kelapa ini dimanfaatkan sebagai tempat-tempat berlindung pada zaman perang dimana berabad-abad sebelum munculnya istilah negara bangsa digunakan oleh masyarakat purba untuk transaksi antara nelayan dengan petani kelapa di lokasi tersebut. Pantai ini tidak hanya menyimpan sejarah peradaban manusia namun juga nilai pembelajarannya yang harus dilestarikan.

Lokasi Pantai Kelapa Tuban

jembatan pantai kelapaSumber foto: @asvetaff_

Untuk menemukan pantai kelapa tidak begitu sulit, tepatnya arah Lamongan di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Tuban, Jawa Timur dengan detail lokasi 5 km dari pusat kota arah timur dan 300 m ke sisi utara jalan raya. Pengunjung hanya perlu melalui jalan dari arah Tuban ke Lamongan maupun sebaliknya bagi pengunjung yang datang dari daerah lokal atau Tuban.

Untuk pengunjung yang datang dari arah Semarang atau Rembang dapat mengikuti jalan Pantura Surabaya hingga melewati perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur lalu lurus mengikuti jalan hingga ke arah Lamongan. Perjalanan dari Semarang atau Rembang umumnya melewati jalur paling utara Provinsi Jawa Timur untuk rute tercepat kurang lebih lima jam perjalanan.

Selama perjalanan pengunjung akan melihat berbagai tempat wisata lain seperti Pantai Sowan, Pantai Boom dan Pantai Remen di sepanjang garis pantai yang panjangnya 65 km hingga wisata bersejarah Kuil Kwan Sing Bio yang sayang untuk dilewatkan. Setelah melalui jalur panjang. Pengunjung akan tiba di Jalan Tuban-Gresik dan dari situ dapat ditanyakan ke warga lokal untuk detail lokasinya.

Sementara untuk pengunjung yang datang jauh dari Jakarta, Bogor, Depok, Bandung dan sekitarnya dapat mengikuti arah yang dilalui pengunjung dari Semarang atau Rembang karena umumnya pengunjung dari Jakarta dan sekitarnya berangkat melalui jalur Pantura Semarang.

Baca juga: Pantai Remen Tuban, Sensasi Nuansa Alami Berpanorama Cantik

Tentang Pantai Kelapa Tuban

Sumber foto: @dhe_nafisah

Pantai ini tidak hanya menyajikan pesona landscape alami, namun keunikan yang ditunjukkan yaitu pasir putih dan deretan pohon kelapa yang menambah nuansa Hawaiian namun juga biru ombak, perahu jelajah dan papan penunjuk vintage yang membuat suasana bak di pulau terpencil yang jarang dijamah manusia.

Selain itu ombak biru jernih dan sensasi angin sepoi-sepoi juga menambah keindahan pantai yang berada di salah satu deretan bibir pantai terpanjang di Pulau Jawa ini. Air jernih dan pasir putih memudahkan pengunjung untuk dapat melihat ekosistem di dalamnya dengan mata telanjang seperti kepiting, kerang hingga berbagai jenis ikan hanya dengan menaiki perahu yang ditawarkan penduduk lokal.

Sebagai daya tarik tersendiri pantai ini menyediakan ayunan yang dikaitkan pada pohon kelapa serta jajaran gazebo yang membuat pengunjung betah terutama bagi pecinta selfie dan fotografi diwajibkan mampir ke pantai yang terletak di Desa Panyuran ini. Meskipun pantai ini bernuansa eksotis bukan berarti hanya bisa dinikmati oleh kalangan muda melainkan semua umur dapat menikmati waktu senggang.

Rekreasi bermain seperti ayunan, jungkat-jungkit hingga flying fox juga tersedia sebagai sarana hiburan keluarga dan tempat yang cocok untuk edukasi anak yang tidak hanya akan belajar mengenai alam namun juga dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga di luar rumah tanpa gadget.

Baca juga: Pantai Boom Tuban, Pesona Keindahan Mantan Pelabuhan Kerajaan

Fasilitas

suasana pantai panyuranSumber foto: @fatmafama10

Fasilitas yang ditawarkan tidak hanya landscape menakjubkan dari pantai, biru ombak, jajaran pohon kelapa, dan pasir putih namun juga fasilitas umum seperti tempat parkir luas, tempat berteduh yang disediakan pemerintah, mushola, kamar mandi, deretan rumah makan, penjual makanan dan souvenir serta tim SAR yang akan memberi pengamanan dan peringatan apabila ombak sedang tinggi.

Penjual di tempat wisata tersebut mayoritas berasal dari warga sekitar untuk mencari peluang ekonomi sehingga dengan berkunjung ke pantai ini tidak hanya akan melihat pemandangan namun juga membantu perekonomian warga. Di Pantai Kelapa ini anda juga dapat berkeliling seraya merasakan sensasi ombak dan laut biru menggunakan jasa perahu yang ditawarkan warga sekitar.

Yang membuat Pantai ini nampak spesial adalah banyaknya gazebo dan hammock yang disediakan khusus pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai dengan posisi rileks dan eksotis ditemani kelapa muda segar yang dijual berbagai pedagang di lokasi pantai. Pantai ini juga menyediakan tempat rekreasi untuk anak-anak hingga arena flying fox bagi anda para pecinta olahraga adrenalin tinggi.

Harga tiket masuk yang ditawarkan pun relatif murah yaitu hanya Rp 3.000 per orang untuk hari reguler sedangkan untuk hari libur harganya bisa dua kali lipat namun masih wajar tentunya. Untuk biaya parkir dikenakan tarif Rp 2.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk bus. Jam operasional pantai ini dibuka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Baca juga: Liburan Seru di Taman Candi Ngawi, Wisata Baru di Jawa Timur

Penginapan Terdekat Pantai Kelapa Tuban

1. Fave Hotel

Hotel ini mungkin lebih dekat dari pusat kota namun hanya penginapan inilah yang berlokasi di tengah-tengah obyek wisata lain di Tuban. Fave hotel merupakan hotel bintang tiga yang menawarkan berbagai fasilitas seperti lounge yang megah, reservasi 24 jam, lift, area parkir yang luas, AC, Wifi dan sarapan untuk beberapa jenis kamar tertentu.

Tarif yang ditawarkan per malam beragam mulai dari Rp 421.080 hingga Rp. 469.480 untuk maksimum dua orang dengan kamar modern bernuansa merah lengkap dengan kaca besar dan TV serta kamar mandi yang dilengkapi handuk, toilet duduk, wastafel, shower dan air hangat sehingga sangat direkomendasikan bagi pengunjung dari luar kota yang tidak hanya akan menikmati Pantai Remen.

2. Hotel Amerta

Hotel ini berlokasi hanya sekitar 6 km Pantai Kelapa, 0.51 km dari Pantai Boom, 0.41 km dari alun-alun Tuban, 2.31 dari Kuil Kwan Sing Bio dan 6.09 km dari terminal kota Tuban. Tarif per malam yang ditawarkan untuk dua orang berkisar dari harga Rp 165.000 hingga Rp 200.000 yang dilengkapi dengan breakfast, penjagaan 24 jam serta fasilitas wifi khusus kamar tamu dengan tarif Rp 200.000.

Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan alam bahari dan ombak biru laut menggunakan perahu mesin yang ditawarkan warga, namun juga pasir putih, deretan pohon kelapa dengan berbagai bentuk dan ukuran serta fasilitas eksotis hammock atau ayunan gantung dan gazebo serta adanya taman rekreasi dan flying fox untuk tempat edukasi warga.

Berbagai daya tarik yang ditawarkan Pantai Kelapa ini sangat sayang untuk dilewatkan untuk menambah petualangan keluarga dan kerabat anda sambil menikmati kelapa muda segar yang dapat menambah wawasan edukasi serta berimajinasi ria seraya dalam film animasi Moana.

Feature Image: @dianika.whyn

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password