Pantai Banyutowo, Surga Tersembunyi di Pesisir Selatan Wonogiri

Tebing-tebing menjulang tinggi di hamparan pasir putih. Semilir angin pantai berhembus membelai pipi. Beberapa ruas pohon menyentuh garis-garis langit yang biru. Matahari tepat berada di atas kepala, namun kesejukan alam bahari bak payung yang menaungi. Gemericik air yang mengalir dari atas tebing menciptakan irama musik alam nan merdu. Debur ombak menampari karang-karang yang berjejer di tepian. Berpadu dengan dentum jantung dan rasa takjub atas eksotisme alam Pantai Banyutowo, Wonogiri.

 

Sekilas tak ada perbedaan yang berarti dari pantai demi pantai yang membentang di sepanjang laut selatan. Pasir putih dengan tebing karang yang kokoh menahan amarah ombak lautan menjadi pemandangan yang rata-rata dimiliki oleh pantai-pantai alami itu. Namun, tidak dengan Pantai Banyutowo. Pantai yang terletak di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini memiliki air tawar yang tidak asin. Air tawar ini bersumber dari air bawah tanah yang bermuara di samudera. Seperti yang selama ini diketahui bahwa wilayah Wonogiri masuk ke dalam kawasan karst Pegunungan Sewu. Fenomena alam ini wajar terjadi apabila melihat bentang alam kota Gaplek tersebut. Adanya karst sangat memungkinkan untuk terjadinya pembentukan air tanah di bawah permukaan

Masih Sepi Pengunjung, Jadi Kamu Bisa Merasakan Sensasi Pantai Pribadi

Masih sepi pengunjung (Foto: jejakpiknik)

Pantai Banyutowo merupakan pantai yang sepi pengunjung. Selain dikarenakan aksesnya yang terbatas, pantai ini juga jauh dari hiruk pikuk kota. Bagi wisatawan yang ingin menikmati nuansa hening, berkunjung ke pantai Banyutowo ini adalah pilihan terbaik. Selain itu, wisatawan juga dapat melepas penat dengan bermain pasir dan ombak di pantai yang masih perawan ini. Debur ombak lautan yang membawa buih-buih putih dapat menjadi teman berpetualang di akhir pekan, sekaligus membuang semua kesedihan dan kepenatan ke samudera.

Meskipun sepi pengunjung, pantai ini menyediakan fasilitas penunjang wisata yang cukup lengkap, seperti tempat parkir, kamar mandi, penginapan dan musholla. Selain itu, penduduk lokal yang tinggal di sekitar pantai sangat ramah dan akan membuat wisatawan merasa nyaman saat berkunjung ke Pantai Banyutowo. Hijaunya alam dan kenampakan tebing-tebing yang dialiri air tanah menjadi satu hal yang tidak bisa dilewatkan wisatawan saat melabuhkan pilihan destinasi liburan ke tempat ini. Pemandangan ini mirip air terjun yang terletak di tepian samudera Hindia. Segarnya air tawar pasti membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati eksotisme alam Pantai Banyutowo ini.

Akses Menuju Lokasi Cukup Menantang Adrenalin

Tapi kamu akan disuguhkan pemandangan laut yang menawan (Foto: jejakpiknik)

Mengunjungi pantai yang masih perawan ternyata membutuhkan kesabaran luar biasa, pasalnya akses menuju ke lokasi dipenuhi banyak tantangan. Apabila wisatawan bertolak dari pusat kota Wonogiri, diperlukan setidaknya empat jam waktu perjalanan. Wisatawan dapat bergerak menuju Jalan Raya Pracimantoro-Wonogiri sembari menikmati indahnya panorama Waduk Gajah Mungkur.

Setelah sampai di perempatan Joho, wisatawan berbelok ke kiri dan lurus mengikuti Jalan Nasional III – Jalan Pracimantoro. Sesampainya di jalur Pracimantoro-Giriton, wisatawan hanya perlu mengikuti jalan raya yang sudah diaspal hingga Terminal Bus Giri Belah. Setelah itu, belok kanan menuju Jalan Paranggupito. Wisatawan hanya perlu mengikuti jalan raya hingga ke desa Gudangharjo dan dilanjutkan dengan penaklukkan tantangan akses jalan yang ekstrim dan menantang adrenalin. Semua sensasi mendebarkan ini akan terbayar lunas ketika harum aroma laut tercium dan suara hempasan ombak terdengar dari kejauhan.

Karena pengelolaan pantai ini belum seoptimal pantai-pantai di sekitarnya, tak heran bila akses menuju pantai dapat dikatakan sangat ekstrem. Namun, pengunjung juga tetap membayar tiket masuk yang telah ditetapkan oleh pengelola wisata Kawasan Pegunungan Sewu. Biaya parkir juga berlaku apabila pengunjung yang datang membawa kendaraan pribadi. Membawa makanan dan bekal dari rumah juga sangat disarankan, mengingat belum tersedianya banyak warung makan di pantai ini. Selain itu, ketika mencari lokasi di aplikasi peta digital, wisatawan diharapkan lebih teliti, karena nama Pantai Banyutowo tidak hanya ada di Wonogiri, melainkan di beberapa daerah di pesisir pantai pulau Jawa.

Semua sajian alam khas Banyutowo ini tentu tidak akan dilewatkan sedikitpun oleh wisatawan, bukan? Terlebih karakteristik air laut yang ada di pantai ini menjadi magnet penarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Ingin menyelami segarnya air tawar Pantai Banyutowo, Wonogiri? Liburan akhir pekan sudah menanti!

 

Penulis: Fitria Yusrifa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password