Panduan Memilih Oli Mobil yang Tepat Wajib Anda Tahu

Panduan Memilih Oli Mobil yang Tepat Wajib Anda Tahu - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Bagi para pecinta mobil pastinya mau yang terbaik untuk kendaraan kesayangannya. Semua fasilitas tentu saja harus memiliki jaminan mutu terbaik supaya mobil Anda tetap awet, tidak terkecuali soal oli. Di pasaran kini sudah ada banyak sekali jenis oli yang dijual. Tak ayal hal tersebut malah membuat Anda semakin bingung harus memilih mana yang paling tepat untuk mobil Anda. Apalagi, dari semua jenis oli yang dijual di pasaran pastinya tidak semuanya akan cocok dengan mobil kesayangan Anda. Nah, agar tidak semakin bingung, di bawah ini ada sedikit panduan memilih oli mobil yang tepat harus Anda tahu. Yuk, di simak ulasannya!

Panduan Memilih Oli Mobil yang Tepat Wajib Anda Tahu

Melihat buku panduan mobil

Panduan Memilih Oli Mobil yang Tepat Wajib Anda Tahu

Untuk memilih oli mobil yang paling tepat, Anda bisa coba lihat buku panduan kendaraan yang biasanya disertakan pada saat pembelian. Pada buku panduan ini Anda akan dapat menemukan jenis-jenis spesifikasi oli mesin berstandar API atau American Petroleum Institue Serivice yang paling direkomendasikan untuk mobil kesayangan Anda tersebut. Spesifikasi API ini umumnya diawali oleh kode-kode bahan bakar.

Baca Juga : Membersihkan Mobil di Musim Hujan Jadi Lebih Mudah dengan Pakai Produk Pembersih Ini

Perhatian tingkat kekentalan olinya

Panduan Memilih Oli Mobil yang Tepat Wajib Anda Tahu

Kira-kira oli mobil yang bagus itu apa yang kental atau justru yang encer, ya? Pada dasarnya kedua jenis oli ini memiliki fungsi yang sama, dan bisa dipilih sesuai usia mobil kesayangan Anda. Jika kendaraan kesayanganmu tersebut adalah mobil keluaran lama, yakni lebih dari 5 tahun lalu, itu artinya Anda butuh oli mobil yang lebih kental supaya celah komponen mesin yang sudah mulai renggang bisa terlumasi dengan optimal, begitu pun sebaliknya.

Di dunia oli, kekentalan oli umumnya dikenal dengan istilah SAE. Istilah tersebut diambil dari akronim organisasi yang mengatur standarisasinya. Tingkat kekentalan dalam oli tak hanya mengenai konsistensi cairannya saja, akan tetapi juga kemampuan oli beradaptasi di suhu tinggi atau pun rendah.

Sebaiknya pilih oli mineral atau sintetis?

Panduan Memilih Oli Mobil yang Tepat Wajib Anda Tahu

Oli mobil umumnya dibedakan jadi dua jenis, yakni mineral dan sintetis. Pemilihan kedua jenis oli mobil tersebut balik lagi didasarkan pada usia mobil itu sendiri. Untuk oli mineral adalah oli yang terbentuk dari ekstraksi minyak bumi. Oli mineral ini nanti akan bekerja efektif pada mesin mobil keluaran lama. Beda halnya dengan oli sintetis yang dibuat dari campuran bahan kimia yang sifatnya adiktif. Oli sintetis ini nanti akan tersa maksimal kinerjanya apabila diterpakan pada mobil keluaran terbaru.

Baca Juga : Tips Perawatan Mobil Agar Biaya Servis Bulanan Lebih Hemat

Mengganti secara berkala dan memastikan memilih yang asli

Panduan Memilih Oli Mobil yang Tepat Wajib Anda Tahu

Jika Anda sudah menentukan mana oli mobil yang paling pas untuk kendaraan kesayanganmu, jangan lupa untuk menggantinya secara berkala. Tujuaannya, agar performa mobil Anda selalu optimal. Anda bisa mengganti oli mobil tersebut pada saat jarak tempuhnya sudah mencapai 10 ribu km, atau kurang lebih 6 bulan sekali. Apabila Anda masih merasa ragu mengenai jarak tempuh atau waktunya, Anda bisa cek tanda-tanda wajib ganti oli di mobil Anda. Seperti warna oli yang berubah, tingkat kekentalannya berubahm volume berkurang, suara transmisi terdengar kasar, dan area blok mesin lebih panas dari biasanya. Selain itu, pastikan oli tersebut adalah asli.

Nah, itulah tadi panduan memilih oli mobil yang tepat. Jangan lupa untuk menerapkan langkah di atas supaya kondisi kendaraan kesayangan Anda selalu prima di setiap waktu. Soal harga oli mobil asli, Anda tak perlu pusing, sebab di AKULAKU Kredit Offline Anda bisa membelinya dengan cicilan 0% tanpa kartu kredit. Semoga informasi di atas bermanfaat.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password