13 Novel Cinta yang Bikin Baper Ini Wajib Kamu Baca

Novel Cinta yang Bikin Baper

Ohayo.co.id – Kadang-kadang kita semua membutuhkan pelarian dari kehidupan nyata. Membaca novel merupakan salah satu cara. Pengalaman fiksi dalam novel bahkan dapat mengubah perspektifmu tentang kehidupan sehari-hari. Termasuk novel cinta. Banyak novel cinta romantis dengan kisah cinta favorit yang tak lekang oleh waktu. Dari kisah cinta yang membuatmu berbunga-bunga, hingga kisah cinta yang menyayat hati, beberapa novel cinta yang bikin baper pilihan Ohayo ini pasti akan membuatmu jatuh cinta.

Rekomendasi Novel Cinta yang Bikin Baper

1. Trilogi Dilan (Pidi Baiq)

Novel Cinta yang Bikin Baper

Untuk rekomendasi yang pertama kami pilih novel-novel dari penulis dalam negeri terlebih dahulu. Yang pertama adalah trilogi Dilan karya Pidi Baiq. Siapa yang tidak mengenal karya yang telah menjadi best seller dan diangkat ke layar lebar ini? Mengambil latar belakang di kota Bandung, trilogi ini mencerikatan kisah cinta remaja antara Dilan dan Milea. Karakter Dilan menjadi idola karena  sifatnya yang unik, lucu dan romantis membuat pembacanya jatuh hati. Novel cinta ini dijamin bikin kamu baper dan senyum-senyum sendiri saat membacanya.

2. Konspirasi Alam Semesta (Fiersa Besari)

Novel Cinta yang Bikin Baper

Konspirasi Alam Semesta menceritakan tentang seorang jurnalis bernama Juang Astrajingga yang bertemu sosok Ana Tidae. Merasa memiliki banyak kesamaan, muncullah percikan cinta diantara mereka. Meskipun Ana saat itu memiliki kekasih, ia akhirnya memilih untuk bersama Juang. Namun Juang yang berprofesi sebagai jurnalis mendapat tugas ke Papua untuk membuat film dokumenter. Walaupun harus dipisahkan oleh jarak, mereka berdua berusaha untuk tetap menjaga komitmen. Hingga Juang berhenti mengirim pesan dan tak ada kabar. Novel ini ditulis dengan kalimat-kalimat puitis dengan diksi-diksi indah yang mampu melelehkan hati pembacanya.

3. Rindu (Tere Liye)

Novel Cinta yang Bikin Baper

Novel cinta dari penulis lokal selanjutnya adalah Rindu milik Tere Liye. Novel ini berisi lima kisah dalam sebuah perjalanan panjang kerinduan. Semua kisah tersebut bisa membuat pembaca terbawa suasana haru dan sedih. Novel Rindu ini ditulis dengan rangkaian kata-kata yang keren dan indah. Selain bikin baper, novel ini juga bisa menambah wawasan pembacanya mengenai sejarah, budaya, bahasa, dan masih banyak lagi. Dari semua karya Tere Liye, novel Rindu ini bisa dibilang memiliki kisah cinta yang paling bikin baper.

4. Perahu Kertas (Dee Lestari)

Novel Cinta yang Bikin Baper

Novel ini merupakan karya perdana Dee yang diangkat ke layar lebar dan mampu menuai kesuskesan. Perahu Kertas bercerita tentang cinta, persahabatan, dan ambisi dua tokoh utamanya, yaitu Kugy dan Keenan. Pasang surut hubungan mereka menjadi fokus utama novel ini. Perahu Kertas sebetulnya mengusung cerita yang sederhana seperti layaknya cerita cinta lainnya. Tetapi yang membedakan adalah kata-kata indah yang digunakan dalam novel ini mampu membuat perasaan tokoh-tokoh di dalamnya bisa tersampaikan dengan sangat baik.

Baca juga : 15 Film Romantis Barat Terbaik untuk Temani Hari Valentine-mu

5. Tenggelamnya Kapal Van Van Der Wijck (Hamka)

Novel Cinta yang Bikin Baper

Novel ini pertama kali terbit pada tahun 1937. Tenggelamnya Kapal Van Van Der Wijck merupakan novel romantis yang berkisah tentang kegagalan Zainuddin untuk mempersunting Hayati yang merupakan seorang perempuan Minang tulen. Cinta Zainuddin ditolak oleh keluarga Hayati karena perbedaan suku dan strata sosial. Novel ini menceritakan tentang kesetiaan, cinta dan kasih Zainuddin terhadap Hayati. Meskipun novel ini sudah dipublikasikan berpuluh-puluh tahun yang lalu, kisah cinta dan perjuangan Zainuddin masih bisa bikin baper pembaca zaman sekarang.

6. The Notebook (Nicholas Sparks)

Novel Cinta yang Bikin Baper

Untuk rekomendasi novel dari luar negeri, yang pertama adalah salah satu karya terbaik Nicholas Sparks. Nicholas Sparks memang paling jago dalam menulis kisah cinta romantis. Banyak novel romantis miliknya yang menjadi best seller di seluruh dunia. Kisah dalam novel ini dimulai saat seorang pria tua yang setiap pagi mengunjungi seorang wanita tua dengan ingatan memudar untuk membacakan kisah dari buku catatan usang. Buku catatan yang dibacanya berisi kisah cinta Noah Calhoun dan Allie Nelson. Novel ini akan membuatmu tertawa dan menangis saat membacanya. Kisah ini membuktikan bahwa kekuatan cinta bisa menciptakan keajaiban.

7. Me Before You (Jojo Moyes)

Novel Cinta yang Bikin Baper

Me Before You berkisah tentang Louisa Clark yang menjadi asisten perawat untuk Will Traynor yang lumpuh setelah mengalami kecelakaan sepeda motor. Novel ini memiliki kisah cinta modern tentang dua orang yang seharusnya tidak cocok karena mereka tidak memiliki kesamaan. Hubungan Louisa dan Will awalnya tidak berjalan lancar karena Will merupakan karakter yang sangat pesimis dan ia benci menjadi cacat. Namun lama kelamaan keduanya saling jatuh cinta. Novel cinta romantis ini dijamin bikin baper setelah membacanya karena akhir yang pasti menguras air mata.

Baca juga : 3 Rekomendasi Buku Paling Menarik untuk Dibaca Saat Santai

8. Eleanor & Park (Rainbow Rowell)

Novel Cinta yang Bikin Baper

Novel ini menceritakan kisah persahabatan dan cinta antara dua remaja aneh yaitu Eleanor dan Park. Eleanor adalah murid baru berambut merah yang diolok-olok semua orang. Sedangkan Park adalah anak pendiam yang sering menyendiri.  Park adalah satu-satunya anak yang membiarkan Eleanor duduk di sebelahnya di bus sekolah. Mereka berdua menjadi lebih dekat ketika Park berbagi komik dan musiknya dengan Eleanor. Cerita yang diusung novel ini sebenarnya sederhana, yaitu kisah perjalanan dua orang yang jatuh cinta. Namun proses yang diceritakan sangat menarik. Membaca novel ini akan membuatmu menghargai semua momen cinta pertama singkat yang tidak dimaksudkan untuk bertahan lama.

9. Pride and Prejudice (Jane Austen)

Novel Cinta yang Bikin Baper

Adaptasi film, teater, dan sastra dari novel ini sudah tak terhitung jumlahnya. Namun kata-kata milik Jane Austen tetaplah yang terbaik dan novel klasik ini terbukti telah teruji oleh waktu. Ditulis pada tahun 1813, kisah cinta antara Elizabeth Bennett dan Mr. Darcy sejauh ini memang merupakan kisah cinta yang paling dicintai sepanjang masa.

10. Norwegian Wood (Haruki Murakami)

Novel Cinta yang Bikin Baper

Haruki Murakami memang jarang menulis novel yang murni tentang kisah cinta. Namun novel Norwegian Wood memiliki kisah cinta yang bikin baper di dalamnya. Novel ini berkisah tentang pria bernama Toru Watanabe yang bernostalgia tentang masa remajanya pada tahun 1960-an. Saat itu, Toru bersahabat dengan sepasang kekasih Naoko dan Mizuki. Hingga akhirnya Mizuki bunuh diri tanpa sebab. Toru dan Naoko pun banyak menghabiskan waktu berdua dan akhirnya jatuh cinta. Namun pada Naoko mengalami depresi. Saat Naoko tenggelam dalam dunianya sendiri, Toru tertarik pada Midori yang sifatnya bertolak belakang dengan Naoko.

Baca juga : Kisah Cinta Dilan Milea Berakhir Tak Semanis Cerita Romansa dan Meme Meme-nya

11. The Fault in Our Stars (John Green)

Novel Cinta yang Bikin Baper

The Fault in Our Stars merupakan salah satu novel best seller milik John Green yang sudah diterjemankan ke banyak bahasa di dunia. Kisah cinta antara penderita kanker dan mantan penderita kanker sepertinya menjanjikan cerita yang penuh tangis. Namun nyatanya novel ini juga menyajikan sisi komedi yang membuat pembacanya tersenyum dan tertawa. Novel ini becerita tentang seorang pasien kanker tiroid bernama Hazel Grace Lancaster yang bertemu dengan Gus Waters di kelompok pendukung kankernya. Mereka berdua sama-sama memiliki kecintaan terhadap buku, khususnya buku “An Imperial Affliction” oleh Peter Van Houten. Ketika Gus mendapat undangan untuk menemui penulis itu, dimulailah petualangan kisah cinta mereka berdua.

12. The Time Traveler’s Wife (Audrey Niffenegger)

Novel Cinta yang Bikin Baper

Novel romantis dengan tema time traveling (penjelajahan waktu) ini bercerita tentang pasangan suami istri Henry dan Clare. Henry memiliki penyakit yang bisa membuatnya mengarungi waktu. Namun hal ini membuat Henry sering meninggalkan Clare saat menjelajah waktu. Clare pun sering merasa kesepian. Sayangnya, Henry tidak bisa mengatur kapan ia bisa kembali ataupun pergi saat menjelajah waktu. Novel ini memiliki plot yang bisa membuat pembaca terbawa perasaan.

13. P.S. I Love You (Cecelia Ahern)

Novel Cinta yang Bikin Baper

Novel debut Cecelia Ahern ini merupakan novel cinta yang dijamin bikin baper pembacanya. Film ini juga sudah difilmkan. Novel ini bercerita tentang kisah antara teman masa kecil Gerry dan Holly yang akhirnya jatuh cinta. Nasib malang menimpa pasangan ini saat mereka mengetahui bahwa Gerry memiliki tumor otak dan sisa hidupnya tidak banyak. Tidak lama kemudian Gerry menyerah pada kondisinya dan meninggalkan Holly. Namun Holly menemukan cintanya mekar untuk kedua kalinya pada hari ulang tahunnya yang ke-30, ketika dia menerima surat pos dari Gerry yang telah diatur dengan cermat sebelum kepergiannya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi novel cinta yang bikin baper pilihan Ohayo. Kisah cinta apapun itu, baik kisah cinta pertama maupun kisah cinta sejati, semua kisah dalam novel-novel di atas mampu membuatmu lebih menghargai kebersamaan dengan orang-orang terkasih.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password