Novel Bahasa Inggris yang Gampang Dibaca untuk Pemula

Novel Bahasa Inggris yang Gampang Dibaca untuk Pemula

Ohayo.co.id – Membaca novel bahasa Inggris adalah salah satu cara yang paling menyenangkan dan efektif untuk belajar bahasa Inggris atau membantu meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. Membacanya dapat membantu memperluas kosakata bahasa Inggris dan membuatmu menemukan berbagai struktur kalimat baru, sekaligus sambil menikmati jalan cerita yang indah. Berikut beberapa contoh novel bahasa Inggris terbaik pilihan Ohayo yang mudah untuk dibaca bagi pemula.

Kumpulan Novel Bahasa Inggris yang Gampang Dibaca untuk Pemula

1. The Old Man and The Sea (Ernest Hemingway)

Novel Bahasa Inggris yang Gampang Dibaca untuk Pemula - The Old Man and The Sea
Foto: Amazon

Ernest Hemingway terkenal dengan gaya tulisannya yang jelas, lugas dan memiliki struktur kalimat pendek. Gaya tulisan ini cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Novel ini juga sering menjadi bacaan di sekolah dan tergolong tipis. Novel The Old Man and The Sea mengisahkan keberanian seorang nelayan tua dan perjuangan epiknya untuk menangkap ikan marlin raksasa.

2. Lord of the Flies (William Golding)

Novel Bahasa Inggris yang Gampang Dibaca untuk Pemula - Lord of the Flies
Foto: Amazon

Novel ini merupakan novel klasik modern yang sering menjadi bahan pembelajaran untuk sekolah-sekolah di seluruh dunia. Bahasa yang digunakan William Golding dalam novel ini tergolong dramatis dan deskriptif, hampir seperti puisi, sehingga akan membuatmu merasa seolah-olah berada di dalam adegan di dalamnya. Dalam novel ini, sekelompok anak laki-laki terdampar di pulau terpencil karena kecelakaan pesawat. Mereka pun membentuk masyarakat sendiri yang kemudian muncul teror dan perilaku yang kejam di dalamnya.

3. Animal Farm (George Orwell)

Novel Bahasa Inggris yang Gampang Dibaca untuk Pemula - Animal Farm
Foto: Goodreads

Novel pendek dan alegoris ini mengisahkan tentang binatang yang memberontak melawan tuan manusia mereka, dan merupakan sindiran untuk era Stalin di Uni Soviet. Dalam Animal Farm, George Orwell menggunakan bahasa Inggris yang sederhana untuk menarik semua level kemampuan membaca. Selain itu, para hewan berbicara dengan kalimat pendek dan jelas sehingga mudah dimengerti untuk pemula yang ingin belajar bahasa Inggris lebih banyak.

4. Treasure Island (Robert Louis Stevenson)

Novel Bahasa Inggris yang Gampang Dibaca untuk Pemula - Treasure Island
Foto: Amazon

Novel Treasure Island merupakan salah satu kisah bajak laut paling populer sepanjang masa. Novel ini bercerita tentang petualangan epik di laut ketika seorang pemuda mencari kekayaan. Robert Louis Stevenson menulis novel ini dengan penataan gaya prosa yang luar biasa dan mudah dimengerti, dilengkapi dengan aksi dan suasana seru yang membuat novel ini menarik untuk dibaca. Novel ini sangat bagus untuk memperluas kosa kata, terutama jika kamu suka traveling.

Baca juga : Jumpsuit Hijab dan Perpaduannya untuk Tampil Stylish

5. Tuesday With Morrie (Mitch Albom)

Novel Bahasa Inggris yang Gampang Dibaca untuk Pemula - Tuesday With Morrie
Foto: Amazon

Ketika Mitch Albom kembali bertemu Morrie Schwartz, mantan profesornya di perguruan tinggi, dia belajar pelajaran hidup yang berharga. Ia berbagi dengan para pembaca mengenai semua hikmah lucu dan wawasan luas yang diungkapkan Morrie dalam bulan-bulan terakhir hidupnya. Ini novel yang bagus untuk memahami gaya membaca dan menulis dalam banyak percakapan.

6. Charlotte’s Web (E. B. White)

Novel Bahasa Inggris yang Gampang Dibaca untuk Pemula - Charlotte’s Web
Foto: Kobo

Sebagai salah satu novel klasik terlaris sepanjang masa, Charlotte’s Web sangat menyenangkan untuk dibaca oleh segala usia. E.B. White terkenal dengan gaya tulisannya yang jelas dan sederhana. Charlotte’s Web menceritakan tentang persahabatan yang tidak mungkin antara laba-laba dan babi di sebuah peternakan. Jika kamu suka binatang maka cerita ini cocok untukmu.

7. The Giver (Lois Lowry)

Novel Bahasa Inggris yang Gampang Dibaca untuk Pemula - The Giver
Foto: Amazon

Novel ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Jonas yang komunitas dimana ia tinggal tidak memberikan kebebasan, individualitas, dan pilihan. Dalam menceritakan kisah dalam novel ini, Lois Lowry menggunakan kalimat-kalimat pendek dan tata bahasa yang sederhana untuk membuat cerita yang menarik perhatian sejak awal hingga akhir.

Baca juga : Jumpsuit Hijab dan Perpaduannya untuk Tampil Stylish

8. Fantastic Mr Fox (Roald Dahl)

Fantastic Mr Fox
Foto: Amazon

Belajar bahasa Inggris bisa dimulai dengan membaca novel anak-anak, karena cerita di dalamnya memiliki plot menarik dan dialog-dialog yang menyenangkan. Salah satu penulis novel anak-anak yang terkenal adalah Roald Dahl. Novel Fantatstic Mr Fox merupakan salah satu karyanya yang wajib kamu baca. Ceritanya tentang Mr. Fox dan bagaimana ia mengecoh tetangga-tetangganya yang petani untuk mencuri makanan mereka. Novel-novel lain karya Roald Dahl yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris antara lain Charlie and the Chocolate Factory, Matilda, dan The BFG.

9. The Fault In Our Stars (John Green)

The Fault In Our Stars
Foto: Amazon

Novel remaja sering dianggap ringan untuk dibaca. Untuk kamu yang ingin menambah keterampilan bahasa Inggris, kamu bisa membaca novel bahasa Inggris dengan tema remaja di kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah novel bahasa Inggris best seller The Fault In Our Stars. Novel ini bercerita tentang dua remaja yang jatuh cinta saat berjuang melawan kanker.

10. Harry Potter and the Philosopher’s Stone (J.K. Rowling)

Harry Potter and the Philosopher's Stone
Foto: Printworks BD

Salah satu cara yang bagus untuk belajar bahasa Inggris melalui membaca adalah membaca novel yang sudah diadaptasi menjadi film, contohnya novel-novel seri Harry Potter. Cerita dalam film memang tidak persis dengan yang di dalam novel tetapi akan cukup mirip sehingga karakter dan setting-nya lebih familiar. Dengan demikian, hal ini membuatmu lebih mudah untuk memahami bahasa Inggris di dalam novel ketika kamu membacanya.

Itulah tadi beberapa judul novel bahasa Inggris yang bagus dan cocok untuk kamu yang ingin menambah kemampuan bahasa Inggris. Saat membacanya, pastikan kamu menyiapkan buku catatan kosakata, kalau-kalau ada kata-kata keren yang ingin kamu catat. Selamat membaca sambil belajar!

 

Featured image: Shutterstock

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password