NEWater, Teknologi Daur Ulang Air di Singapura, Simak Fakta Menariknya Berikut ini!

NEWater, Teknologi Daur Ulang Air di Singapura

Ohayo.co.id– Keberadaan air yang penting bagi kehidupan membuat berbagai cara dilakukan agar ketersediaan air tetap terjaga. Tidak hanya manusia yang membutuhkan air, makhluk hidup lainnya seperti tumbuhan dan hewan pun juga membutuhkan air. Begitu vitalnya air bagi kehidupan membuat penggunaan air perlu dijaga dan dihemat sebisa mungkin agar tidak habis di masa yang akan datang.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga ketersediaan air adalah dengan melakukan daur ulang air. Mendaur ulang air nampaknya jadi sesuatu yang aneh didengar, daur ulang biasanya dilakukan untuk sampah baik berupa kertas, plastik, maupun bahan lainnya. Tetapi, bagaimana kalau yang didaur ulang adalah air? Salah satu negara yang melakukan daur ulang air adalah Singapura yang disebut NEWater, di bawah naungan Public Utilities Board (PUB) Singapura. Simak ulasan berikut untuk tahu fakta mengenai NEWater.

NEWater, Teknologi Daur Ulang Air di Singapura

1. Berasal dari Air Bekas Pakai

Berasal dari Air Bekas Pakai - NEWater, Teknologi Daur Ulang Air di Singapura

Air yang akan didaur ulang berasal dari air bekas pemakaian dikumpulkan melalui sistem pembuangan kotoran dan dibersihkan di pabrik reklamasi air. Singapura memiliki saluran air limbah dan air hujan yang terpisah. Saluran air limbah dari rumah tangga maupun industri sudah terhubung ke seluruh Singapura.

2. Melalui Tiga Tahapan

Melalui Tiga Tahapan - NEWater, Teknologi Daur Ulang Air di Singapura

Dilansir dari laman resmi PUB, daur ulang air ini melalui tiga tahap. Pertama, penyaringan dengan menggunakan teknologi Microfiltration (MF). Air melewati lapisan membran yang dapat menyaring bakteri, virus dan protozoa. Kedua, proses Reverse Osmosis (RO), proses ini menggunakan lapisan membran yang sangat kecil sehingga yang dapat melakuinya hanya partikel air. Terakhir, Ultraviolet Disinfection yaitu tahap dimana air melalui cahaya ultrabolet untuk memastikan semua organisme inaktif dan kemurnian produk air terjamin.

Baca Juga : Pentingnya Akses Air Bersih bagi Sanitasi Rakyat Indonesia

3. Menyumbang 40 Persen Pasokan Air Bersih

Menyumbang 40 Persen Pasokan Air Bersih - NEWater, Teknologi Daur Ulang Air di Singapura

NEWater mampu menyumbang air bersih sebesar 40 persen dari total 60 juta galon kebutuhan masyarakat Singapura. Pada tahun 2060, NEWater diharapkan mampu menyediakan 55 persen kebutuhan air di Singapura.

Keren juga ya, teknologi daur ulang air di Singapura ini. Tentu, kita tidak ingin generasi yang akan datang mengalami krisis air bersih. Untuk itu, pergunakan air sebijak mungkin agar ketersediaan air tetap terjaga hingga masa yang akan datang.

Shimizu tipe ZPS20-12-180 - NEWater, Teknologi Daur Ulang Air di Singapura

Jangan lupa gunakan pompa air Shimizu yang memiliki keunggulan daya hisap dan daya dorong air yang cukup kuat sehingga ketersediaan air dalam rumah tetap terjaga. Shimizu memiliki beragam varian pompa air sesuai fungsi dan kegunaannya. Seperti Shimizu tipe ZPS20-12-180 yang memiliki kapasitas memuat 60 liter air per menit. Gunakan pompa air Shimizu di rumah dan nikmati dahsyat semburan pompa air berstandart nasional ini! Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password