5 Negara dengan Air Keran Jernih Siap Minum, Sudah Coba?

negara dengan air keran jernih siap minum

Ohayo.co.id – Air memang menjadi salah satu kebutuhan paling penting bagi manusia. Saking pentingnya, ada beberapa negara yang sangat memprioritaskan kebutuhan air minum bagi warganya. Mereka bahkan sampai menciptakan teknologi filtering khusus yang membuat air biasa menjadi air bersih dan higienis. Air tersebut bisa langsung dikonsumsi begitu keluar dari kran air tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

Nah, ada beberapa negara yang memang menyediakan layanan air minum gratis langsung dari kran yang tersebar di beberapa tempat umum atau public area. Semua orang bisa langsung mengonsumsi air minum tersebut secara cuma-cuma.

Selain itu, layanan air minum gratis ini pun sangat memberi keuntungan bagi para wisatawan yang sedang berkunjung. Wisatawan tak perlu membeli air minum kemasan lagi selama bepergian dan bisa menghemat pengeluaran. Ini dia 5 negara yang menyediakan air bersih melalui kran tempat umum.

1. Selandia Baru

Selandia Baru atau yang dikenal dengan New Zealand memang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Negara yang satu ini pun memiliki fasilitas umum yang terbilang cukup lengkap. Salah satunya adalah layanan air kran siap minum yang tersedia di pinggir-pinggir jalan.

Warga Selandia Baru sendiri juga sudah terbiasa merasakan kesegaran air kran pinggir jalan ini. Bahkan ada pula warga yang kerap membawa botol air minum kemana-mana untuk diisi ulang di kran air minum ini. Meski demikian, mereka juga memiliki alat penyaring air minum yang serupa di rumah sehingga air yang digunakan untuk minum juga tetap aman.

Baca juga: Minum Air 30 Menit Setelah Makan, Ini Alasan yang Perlu Anda Tahu

 

2. Singapura

Negara tetangga satu ini memang merupakan salah satu negara favorit wisatawan asal Indonesia. SIngapura merupakan negara dengan luas wilayah yang kecil dan memiliki sangat sedikit sungai atau sumber air. Berbanding terbalik dengan kebutuhan air bagi warganya yang jumlahnya mencapai sekitar 1,8 juta meter kubik setiap harinya. Walaupun memiliki kebutuhan air yang besar dan sumber daya air terbatas, pemerintah Singapura tetap menyediakan air kran gratis yang bisa diminum.

Tetapi tak perlu khawatir soal higienitas karena air kran siap minum ini sudah dijamin aman untuk tubuh. Kalau Anda sedang berada di Singapura, Anda bisa mencoba minum air langsung dari kran yang terdapat di beberapa tempat. Salah satunya di Bandara Changi.

 

3. Swiss

Swiss juga termasuk salah satu negara yang menyediakan air minum dengan kualitas terbaik bagi warga dan wisatawan. Air kran di negara yang sebagian wilayahnya terdiri dari pegunungan Alpen ini memiliki kualitas sebaik air mineral, sehingga memang aman dikonsumsi. Tidak heran jika kran air di sana selalu ramai diserbu orang. Faktanya, Swiss masih menduduki posisi sebagai negara pemilik air terbersih di dunia sampai saat ini.

 

4. Swedia

Swedia merupakan salah satu Negara di benua Eropa yang dikenal dengan kebersihannya. Kondisi air yang jernih ternyata bisa dikonsumsi langsung dari kran airnya. Jangan tanya soal kejernihan airnya, sudah pasti sangat terjamin. Swedia memiliki dua pabrik pengolahan air di Norsborg dan Lovo. Kedua pabrik tersebut menggunakan teknologi terbaru dan mampu memasok air bersih untuk 11,3 juta penduduk setempat, lho.

Baca juga : Sering Minum Es Bisa Bikin Tubuh Gemuk, Benarkah?

 

5. Kolombia

Negara yang terletak di ujung Amerika Selatan ini juga menyediakan air minum terbaik untuk penduduk maupun wisatawan Mereka mampu mengolah air dengan baik dan terjamin kebersihannya hingga sampai di tangan warganya. Tak hanya itu, air hasil olahan limbah juga dimanfaatkan untuk keperluan pertanian, lho.

Kelima negara tersebut merupakan contoh negara-negara yang memiliki instalasi air modern dan terbaik. Anda juga bisa menghadirkan instalasi air yang sama di rumah, namun perlu mempertimbangkan bagaimana kelancaran suplai air terlebih dahulu. Untuk memenuhi suplai air yang dibutuhkan, gunakan pompa air jenis sumur dangkal dari Shimizu PS-135 E. Shimizu PS-135 E memiliki kapasitas mengalirkan volume air hingga 28 liter per menit dengan daya dorong maksimal 33 meter. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber gambar: news1130, travelingyuk, forbes, theconversation, global-geography, healthytravelblog

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password