Tak Melulu Buruk! Ini Bukti MSG Juga Baik untuk Kesehatan

Tak Melulu Buruk! Ini Bukti MSG Juga Baik untuk Kesehatan

Ohayo.co.id – Kandungan bahan yang ada pada bumbu masakan sangatlah berpengaruh pada kesehatan kita. Selama ini MSG memang dinyatakan tidak baik jika terlalu banyak mengonsumsinya. Namun siapa sangka ternyata MSG juga baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat bisa kita dapatkan. Meskipun sekali lagi bahwa mengonsumsi dalam jumlah banyak tidaklah baik.

Bagi beberapa orang, menggunakan MSG pada makanan bisa menjadikannya lebih sedap dan lezat. Tetapi jika terlalu berlebihan tentu akan memberi dampak buruk bagi kesehatan. MSG tidak asing lagi dalam dunia masakan. MSG merupakan Monosodium Glutamat yang juga memiliki manfaat untuk tubuh kita. Tak melulu berbahaya, berikut merupakan bukti MSG juga baik untuk kesehatan yang perlu Anda tahu.

Bukti MSG Juga Baik untuk Kesehatan

MSG aman untuk dikonsumsi apabila sesuai saran dan sesuai takaran. Hanya saja selama ini memang MSG dikenal sangat berbahaya bagi tubuh. Padahal ada bukti MSG juga baik untuk kesehatan. Beberapa fakta yang menunjukkan hal tersebut adalah sebagai berikut :

Tak Melulu Buruk! Ini Bukti MSG Juga Baik untuk Kesehatan

  1. MSG, mecin, vetsin hingga pecin merupakan bahan tambahan pangan yang mana terbuat dari bahan alami. MSG terbuat dari tetes tebu dengan proses fermentasi. Hal ini juga menunjukkan bukti bahwa MSG juga terbuat dari bahan alami yang pastinya memiliki manfaat untuk tubuh kita.
  2. Kandungan zat yang ada dalam MSG ada 3. Ketiga bahan ini adalah asam glutamat, natrium dan air. Sementara untuk zat utamanya adalah asam glutamat yang merupakan asam amino dan tidak jauh berbeda dengan asam glutamat. Zat tersebut ada pada makanan alami seperti tomat, keju dan juga susu.
  3. Bukti MSG juga baik untuk kesehatan berikutnya adalah karena MSG mudah larut. Dengan adanya sifat ini MSG sangat mudah dimetabolisme dengan baik untuk tubuh. Maka dari itu tidak perlu khawatir jika mengonsumsi makanan yang mengandung MSG asalkan tetap pada takarannya.

Baca Juga : Ternyata Milkshake Bisa Memperburuk Kesehatan Pembuluh Darah Lho!

Tak Melulu Buruk! Ini Bukti MSG Juga Baik untuk Kesehatan

  1. Bukan hanya dari segi kandungannya saja, tetapi MSG memang sudah diakui keamanannya oleh beberapa badan dunia. Mereka kompeten dalam bidang makanan. Misalnya saja seperti JECFA yang terdiri dari FAO dan WHO. Ada juga FDA serta BPOM RI. Seperti yang kita tahu bahwa bahan makanan yang sudah lolos dari BPOM RI adalah makanan yang terjamin amannya untuk dikonsumsi.
  2. Perlu diketahui bahwa bukti MSG juga baik untuk kesehatan ini karena FDA atau badan pengawas obat dan makanan dari AS sudah menyatakan bahwa penggunaan MSG adalah 2 gram. Takaran ini akan memberi kita manfaat yang bagus untuk tubuh. Beda halnya dengan penggunaan berlebihan yang memang akan berdampak buruk bagi kesehatan.
  3. MSG adalah salah satu bahan tambahan pangan yang sudah dinyatakan aman dan diizinkan penggunaannya sesuai dengan peraturan menteri kesehatan yang tercantum pada nomor 033 tahun 2012 untuk takaran penggunaan secukupnya.

Tak Melulu Buruk! Ini Bukti MSG Juga Baik untuk Kesehatan

Baca Juga : Bahaya Makanan Kaleng yang Perlu Anda Tahu

Tidak ada yang berbahaya selagi kita bisa menggunakan MSG dengan benar dan sesuai takaran. Inilah beberapa bukti MSG juga baik untuk kesehatan. Apalagi berasal dari bahan alami, MSG bisa digunakan untuk membuat masakan lebih sedap. Perhatikan betul berapa takaran yang dianjurkan dan pastikan tidak menggunakannya secara berlebihan.

Mengetahui bukti MSG juga baik untuk kesehatan sedikit banyak membuat kita tidak terlalu khawatir ketika menggunakannya. Ketahui takaran yang pas dalam sehari – hari. Hidup tetap sehat dan terhindar dari dampak buruk penggunaan MSG.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password