4 Mitos Seputar Air Layak Konsumsi di Masyarakat dan Fakta Sesungguhnya yang Wajib Diketahui

4 Mitos Seputar Air

Ohayo.co.id – Air merupakan kebutuhan primer yang wajib ada dalam kehidupan manusia. Tidak ada orang yang bisa hidup tanpa mengonsumsi air sama sekali. Karena fungsinya yang sentral sampai-sampai banyak perusahaan yang memproduksi air minum dalam kemasan untuk memenuhi permintaan air untuk konsumsi. Kebutuhan yang mutlak terhadap air tak menjadikan air bebas dari mitos-mitos atau kepercayaan-kepercayaan tanpa landasan ilmiah yang terkesan spekulatif yang berkembang dan terlanjur dipercaya dalam masyarakat. Apa saja mitos-mitos tersebut? Berikut adalah 4 mitos seputar air di kalangan masyarakat yang wajib untuk diketahui.

4 Mitos Seputar Air

1. Air Kemasan Dapat Membuat Gigi Keropos

Air Kemasan Dapat Membuat Gigi Keropos - 4 Mitos Seputar Air

Ada sebuah anggapan bahwa terlalu banyak minum air kemasan akan membuat gigi keropos. Anggapan ini cukup banyak dikenal oleh masyarakat luas dan tidak sedikit orang yang mempercayainya. Faktanya air minum dalam kemasan sama sekali bukanlah salah satu faktor yang membuat gigi keropos. Pada dasarnya seiring berjalannya waktu gigi dan tulang manusia mengalami degradasi penyerapan kalsium sehingga orang yang lanjut usia umumnya memiliki gigi yang lebih rapuh atau keropos dibandingkan dengan orang yang lebih muda. Zat yang cukup berpengaruh dalam menjaga tingkat kepadatan tulang dan gigi adalah flouride.

Ada beberapa perusahaan air minum kemasan yang menambahkan flouride dengan maksud agar ketahanan gigi tetap terjaga, namun beberapa perusahaan air minum kemasan yang lain tidak menambahkan flouride sebagai kandungan zat yang ada dalam air minum, sehingga kecenderungan orang yang mengonsumsi air minum kemasan yang tidak mengandung flouride akan terkesan lebih cepat keropos giginya dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi air dengan flouride di dalamnya. Inilah yang menyebabkan mitos bahwa air kemasan dapat membuat gigi keropos.

2. Minum Air Dingin Dapat Menyebabkan Gemuk

Minum Air Dingin Dapat Menyebabkan Gemuk - 4 Mitos Seputar Air

Ini mungkin mitos yang paling lucu dari beberapa mitos tentang air yang ada di dunia. Bagaimana bisa minum segelas air dingin dapat membuat badan gemuk? Faktanya air sama sekali tidak memiliki kalori, hal tersebut menjadikan air sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat mustahil menjadi penyebab utama tubuh seseorang menjadi gemuk. Untuk itu bagi anda yang sedang melakukan program diet karena ingin berat badannya turun dan ingin mengonsumsi air dingin, jangan ragu untuk minum untuk memuaskan dahaga anda karena meski anda mengkonsumsi air 1 galon sekalipun tubuh anda tidak akan jadi gemuk.

Baca Juga : Air Putih Ternyata Juga Bagus Buat Kecantikan Loh

3. Mengonsumsi Air Dingin Dapat Menimbulkan Sakit Atau Demam

Mengonsumsi Air Dingin Dapat Menimbulkan Sakit Atau Demam - 4 Mitos Seputar Air

Mitos yang menyebutkan bahwa mengonsumsi air dingin dapat menimbulkan sakit atau demam merupakan sebuah mitos yang cukup populer. Sebenarnya hal tersebut memang sekedar mitos karena faktanya tubuh manusia memiliki sistem yang unik dalam mengolah apapun yang masuk ke dalamnya. Tubuh manusia memiliki suhu sendiri dan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh baik panas atau dingin akan selalu menyesuaikan dengan suhu tubuh. Seseorang bisa sakit atau demam bukan karena makan atau minum yang dingin, melainkan karena kondisi tubuhnya. Jika kondisi tubuh sedang tidak fit bahkan makanan yang tidak dingin pun dapat membuat tubuh jatuh sakit atau demam karena rentan terhadap gangguan dari luar tubuh. Oleh sebab itu mari berpikir jernih dan tidak terpengaruh dengan kabar-kabar atau mitos yang belum jelas kebenarannya.

4. Mengonsumsi Air Hujan Dapat Membuat Tulang Keropos

Mengonsumsi Air Hujan Dapat Membuat Tulang Keropos - 4 Mitos Seputar Air

Air hujan layaknya air tanah dan air-air tawar yang lain merupakan air yang dapat dikonsumsi dengan catatan harus disterilkan terlebih dahulu, salah satunya dengan cara dipanaskan atau direbus. Banyak orang yang beranggapan bahwa menkonsumsi air hujan dapat menyebabkan tulang keropos lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi air tanah.

Faktanya tidak demikian, sepertinya yang telah dijelaskan di awal bahwa air hujan sama amannya dengan air tanah dengan catatan harus diproses terlebih dahulu agar bakteri atau mikro organisme di dalamnya dapat dibasmi. Jika ada yang mengatakan bahwa mengonsumsi air hujan dapat membuat tulang menjadi keropos itu salah besar karena memang tidak ada korelasi antara minum air hujan dan tulang keropos. Ya, tidak ada zat-zat khusus yang menyebabkan tulang keropos di dalam air hujan.

Baca Juga : Membakar Kalori Lebih Cepat dan Efektif dengan Air Putih, Ini Tipsnya!

Itulah 4 mitos di kalangan masyarakat yang wajib anda ketahui. Banyak hal spekulatif yang sebenarnya tidak dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah dan hal tersebut terkadang dapat membuat anda kesulitan dalam beberapa kasus. Contohnya ketika mesin atau pompa air anda rusak sementara anda sangat membutuhkan air untuk kebutuhan memasak dan kebetulan saat itu sedang hujan mau tidak mau yang bisa anda lakukan adalah menadah air hujan dan menggunakannya untuk kebutuhan memasak. Namun, karena anda percaya mitos bahwa mengonsumsi air dapat menyebabkan keropos tulang menjadikan anda mengurungkan niat untuk menadah air hujan tersebut. Tentunya, itu akan mempersulit diri anda sendiri padahal kebenaran dari mitos tersebut pun masih simpang siur dan tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.

Shimizu PC-375 BIT - 4 Mitos Seputar Air

Nah, bagi anda yang menggunakan air tanah sebagai air minum sebaiknya penempatannya dipisah dengan air untuk kebutuhan mandi. Hal ini untuk menjamin kebersihan air minum anda. Untuk menyedot air dari dalam tanah atau sumur alangkah baiknya menggunakan mesin atau pompa air yang efisien seperti Shimizu PC-375 BIT. Tipe pompa air yang masuk dalam kategori PC-375 BIT ini punya kapasitas gahar dengan head 32 meter sehingga mampu menyediakan 25 liter air per menit. Pengisian bak atau tempat menyimpan air bakal dapat terisi secara cepat dengan waktu yang relatif cepat. Yuk beralih ke Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password