Menyisir Rambut Basah, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Tidak Membuatnya Rusak

Ohayo.co.id – Menyisir rambut merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan agar penampilan bisa lebih rapi dan cantik. Selain itu, dapat membantu menambah tingkat kepercayaan diri saat melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, tahukah Anda bahwa menyisir rambut yang masih basah justru dapat membuatnya rusak?

Ketika rambut dalam keadaan basah, ternyata rambut menjadi lebih rapuh. Sehingga membuat rambut rentan mengalami kerontokan, terutama saat disisir. Rambut bercabang dan patah juga bisa menjadi risiko lain yang bisa menyerang rambut Anda. Oleh karena itu, jika selesai keramas sebaiknya jangan disisir terlebih dahulu agar rambut tidak rusak.

Selain memperhatikan cara menyisir dengan benar, sepertinya menggunakan produk perawatan rambut yang digunakan sehari-hari juga perlu diperhatikan. Kandungan yang ada pada produk perawatan yang sesuai dengan jenis rambut maka akan sangat membantu mengurangi kerusakan pada rambut.

Lalu, bagaimana cara menyisir rambut basah yang baik? Berikut ini adalah cara-cara yang perlu diperhatikan supaya rambut tidak menjadi semakin rusak.

Menyisir Rambut Basah, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Tidak Membuatnya Rusak

Menyisir Rambut Basah, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Tidak Membuatnya Rusak - Ohayo.co.id

1. Membalut Rambut dengan Handuk

Ketika selesai keramas, sebaiknya hindari menggosok-gosok rambut dengan handuk. Anda hanya perlu membalutkan rambut yang basah dengan handuk lembut. Kemudian tepuk-tepuk rambut dengan lembut dan perlahan menggunakan handuk. Karena rambut basah menjadi lebih rapuh maka usahakan jangan sampai menggosoknya terlalu kasar, supaya rambut tidak bertambah rusak.

2. Mengurai Rambut yang Basah

Mengurai rambut yang masih dalam keadaan basah ini sebaiknya dilakukan setelah membalutnya dengan handuk. Setelah keramas rambut memang akan nampak kusut, tapi lebih baik jangan buru-buru disisir. Cara menyisir rambut basah ini dilakukan untuk mengurangi risiko rambut patah dan rontok saat disisir. Hindari penggunaan pengering rambut yang terlalu sering agar tidak membuatnya tambah rusak.

Baca juga : Tips Memperbaiki Rambut Rusak Tanpa Harus Dipotong, Yuk Coba Sekarang!

Menyisir Rambut Basah, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Tidak Membuatnya Rusak - Ohayo.co.id

3. Menganginkan-anginkan Rambut

Menguraikan rambut berarti sama halnya dengan mengangin-anginkannya. Cara menyisir rambut basah ini sebaiknya dilakukan ketika rambut sudah dalam keadaan agak kering atau tidak ada air yang masih menetes. Anda bisa menggunakan hairdryer atau kipas sederhana untuk menganginkan rambut. Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 5 sampai 10 menit untuk hasil yang maksimal. Tapi demikian, seperti yang dikatakan diatas, penggunaan hairdryer ini sebaiknya tidak terlalu sering.

4. Menggunakan Sisir Bergigi Renggang

Setelah mengangin-anginkan rambut hingga kering, cara menyisir rambut basah selanjutnya adalah mulai menyisirnya dengan menggunakan sisir yang bergigi renggang. Menggunakan sisir bergigi renggang ini akan dapat membantu merapikan rambut dengan mudah. Rambut akan menjadi mudah patah jika Anda menyisirnya dengan sisir bergigi rapat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa menyisir rambut itu tidak bisa disepelekan begitu saja. Namun, ada cara-cara tertentu yang perlu diperhatikan agar rambut tidak mudah mengalami kerusakan. Dari cara menyisir rambut basah di atas, jika kita ingin menyisir rambut yang masih basah sebaiknya perlu dikeringkan terlebih dahulu. Karena kondisi rambut yang basah akan sangat rentan mengalami kerusakan dan akan rontok saat disisir.

Baca juga : 5 Pilihan Makanan Sehat untuk Mencegah Rambut Rontok Paling Ampuh

Selain melalukan step di atas ketika menyisir rambut, Anda juga perlu produk perawatan rambut yang tepat. Gunakan produk perawatan yang benar-benar sesuai dengan kondisi rambut. Selain itu, perhatikan kandungan di dalam produk tersebut untuk menghindari rambut rusak yang semakin parah. Pola makan pun sepertinya perlu diperhatikan, karena akan membantu menambah asupan nutrisi rambut dari dalam.

Demikian ulasan mengenai cara menyisir rambut basah yang perlu diperhatikan agar tidak membuatnya rusak. Semoga bermanfaat.

Ingin tetap update dengan info & tips terbaru seputar perawatan kecantikan?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password