Menyayangi Kulit Tubuh dengan Rajin Merawatnya Sehabis Mandi

menyayangi-kulit-tubuh

Ohayo.co.id – Pagi dan sore hari sehabis mandi selalu aku habiskan untuk menyayangi kulit tubuh. Bagiku, kedua waktu itu jadi momen paling baik untuk memakai produk skincare.

Tapi pernah nggak sih kamu mencoba berbagai produk perawatan kulit yang “katanya bagus” atau menggunakan banyak produk sekaligus dalam satu rangkaian skincare namun tidak mendapat hasil?

Sebagai orang awam dengan berbagai masalah kulit, iklan produk scincare sepertinya sudah cukup meyakinkan banyak orang untuk membeli produk tersebut. Sayangnya kebanyakan dari kita sering lalai memeriksa kandungan bahan skincare yang mau kita beli.

Padahal perhatian kepada bahan skincare penting. Kebanyakan dari kita mungkin tidak tahu fungsi produk skincare dan kita membelinya hanya karena “kata X bagus”; atau kita sekadar ngikutin tren menggunakan banyak produk skincare, dengan harapan kulit kita semakin indah bersinar.

Membeli produk skincare sah-sah saja, tapi kita juga mesti tahu produk dan langkah perawatan kulit yang mesti dilakukan. Sebenarnya kamu tidak perlu menggunakan terlalu banyak produk dalam satu rangkaian.

Skincare tidak serumit  itu. Skincare harusnya mudah dan menyenangkan. Saat kulitmu bermasalah, lebih baik kembali ke basic. Nah, berikut langkah-langkah menyayangi kulit tubuh yang menurutku paling tepat.

Menggunakan cleanser yang tepat

memakai cleanser menyayangi kulit tubuh
Foto: Shutterstock

Sesuai namanya, cleanser berfungsi membersihkan wajah. Kalau kamu tidak membersihkan wajah dengan benar, sisa-sisa makeup dan kotoran dapat memicu kemunculan jerawat.

Kamu sebaiknya memilih pembersih wajah yang dapat membersihkan kulit  secara menyeluruh dan tidak membuat kulit menjadi kering. Membersihkan wajah secara menyeluruh dapat dilakukan dengan double cleansing. Nggak sulit sebetulnya.

Kamu cuma tinggal membersihkan wajah dengan oil based cleanser, kemudian dilanjutkan dengan water based cleanser. Oil based cleanser bertujuan menghapus makeup serta  mengangkat kelebihan minyak, debu dan kotoran.

Jika kamu tidak menggunakan makeup , double cleansing  sebaiknya tetap dilakukan setidaknya seminggu sekali. Cara ini didasarkan pada kemampuan minyak menarik sesama minyak. Selain menghilangkan kotoran dan minyak berlebih di atas kulit, tahap ini juga mampu mencegah kemunculan blackhead dan jerawat.

Oil based cleanser ini bisa dalam bentuk oil  seperti Kose Deep Cleansing Oil atau balm  seperti Heimish All Clean Balm.

[su_box title=”Baca Juga” box_color=”#fe914a”]

[/su_box]

Usahakan untuk menghindari balm cleanser berbahan PE atau microplastic agar tidak mencemari lingkungan. Setelah menggunakan oil based cleanser,  residu minyak dibersihkan dengan water based cleanser.

Usahakan memakai cleanser dengan pH rendah, karena pH tinggi dapat merusak lapisan kulit dan membuat kulit menjadi kering.

Ada baiknya setelah mencuci wajah sebaiknya wajah didiamkan hingga air meresap karena pada handuk terdapat bakteri yang menimbulkan iritasi kulit.

Produk skincare juga lebih mudah menyerap pada kulit yang lembab. Jadi kamu tidak perlu mencari cleanser dengan bahan-bahan unik.

Cukup cari produk yang dapat membersihkan wajah dan tidak menyebabkan breakout; sebut misalnya:

  • Hada Labo Gokyujun
  • Blueberry Rebalancing 5.5 Cleanser.

Pakai toner untuk mengembalikan kelembaban kulit

Tahap ini adalah adalah tahap di mana kamu menggunakan produk berbahan dasar air seperti toner yang fungsinya untuk  menyegarkan kulit dan mengembalikan pH kulit yang berubah akibat proses cleansing.

Tahap ini bisa dibilang sebagai tahap “hantu”. Manfaatnya nggak terasa, tapi mesti dilakukan.

[su_box title=”Baca Juga” box_color=”#fe914a”]

[/su_box]

Sebaiknya pilih toner dengan pH rendah, yang tidak mengandung alkohol maupun fragrance. Berbagai merek toner di pasaran biasanya menggunakan botol paling besar dibandingkan produk lainnya.

Hal ini dimaksudkan agar toner dapat digunakan dalam jumlah banyak. Beberapa toner yang direkomendasikan antara lain:

  • Pyunkang Yul Essence Toner Acwell Licorice pH Balancing Cleansing Toner
  • Etude House Soonjung  pH 5.5 Relief Toner.

Selalu gunakan pelembab

Penggunaan pelembab dapat disesuaikan dengan jenis kulit. Orang yang kulitnya kering lebih baik menggunakan pelembab  dengan tekstur krim, balm, atau oil; kulit berminyak lebih baik menggunakan pelembab dalam bentuk gel, mist, atau emulsion; kulit sangat sensitif sebaiknya menghindari pelembab yang mengandung essential oil seperti lavender oil dan citrus oil.

Beberapa rekomendasi pelembab untuk segala jenis kulit antara lain:

  • Klairs Midnight Blue Calming Cream
  • A’pieu Madecassoside Gel
  • Benton Aloe Propolis Soothing Gel.

Jangan lupa pakai sunscreen

Tabir surya untuk menyayangi kulitmu
Foto: Shutterstock

Tabir surya  atau sunscreen adalah produk yang sangat penting. Kalau biasanya kamu menggunakan pelembab dan toner di pagi hari, usahakan jangan memakai sunscreen di waktu-waktu itu.

Nantinya semua produk skincare yang kamu gunakan tidak akan ada manfaatnya jika kamu tidak menggunakan Tabir surya. Banyak yang salah paham, dan menganggap bahwa tabir surya bisa memutihkan kulit.

Nggak juga. Yang benar adalah: tabir surya menjauhkanmu dari kanker kulit dan penuaan dini. Kebanyakan produk tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar UV.

The Skin Cancer Foundation merekomendasikan penggunaan sunscreen dengan SPF 30 ke atas dengan dosis seperempat sendok makan untuk wajah dan leher, setidaknya 30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan, serta melakukan apikasi ulang setiap dua jam.

SPF sebaiknya digunakan dalam dosis seperempat sendok teh untuk mempertahankan kemampuannya dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Beberapa SPF yang direkomendasikan antara lain:

  • Purito Green Level
  • KraveBeauty Beet The Sun
  • Klairs Soft Airy UV Essence.

Kondisi kulit setiap orang berbeda-beda, dan kebutuhan kulit setiap orang bakal berbeda-beda pula. Produk yang cocok untuk orang lain juga belum tentu memberikan hasil yang bagus di kulitmu.

Cara mengetahui apakah produk tersebut bagus atau tidak adalah dengan menggunakannya sendiri. Setelah proses trial and error  pasti kamu dapat menemukan produk yang sesuai untuk kulit kamu.

Jika sudah menemukan produk yang sesuai untukmu untuk keempat tahap di atas dan kamu ingin “lebih”, kamu bisa mulai menambahkan produk lain seperti eksfoliator, masker, serum, dan lain sebagainya; sesuai kebutuhan kulitmu.

Jika kamu mengalami masalah kulit saat mencoba produk baru, kamu bisa kembali ke basic skincare kamu hingga kondisi kulitmu membaik. Jadi mulai sekarang jangan asal mencoba produk. Salah-salah kulitmu malah rusak.

(ohayo.co.id - Fashion and Beauty)

Penulis: Maria A.M. Santosa
Editor: M. Hadid

[su_divider top=”no” size=”1″]

[su_highlight background=”#ffffff”]Sebaiknya kamu tidak asal memilih produk skincare. Pakailah yang sesuai dengan jenis kulit.[/su_highlight]

[su_divider top=”no” size=”1″]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password