Bingung Tentukan Menu Makan Malam Keluarga? Kami Punya Daftarnya!

3 Menu Makan Malam Keluarga - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Sebagai tukang masak di rumah, pastinya Bunda seringkali kebingungan menentukan menu makanan sehari-hari, terutama menu makan malam keluarga. Bagaimana tidak, saat malam tiba, anggota keluarga cenderung sibuk dengan urusan masing-masing. Bunda pun pasti sudah kehilangan semangat untuk memasak. Meski demikian, stok makanan harus tetap tersedia ya, Bunda. Jangan sampai perut kosong menjelang tidur. Apalagi di malam hari, anak-anak biasanya membutuhkan suplai makanan agar tidak lapar saat mengerjakan PR.

Nah, untuk si koki keluarga yang bingung menentukan menu makan malam keluarga, kini tidak perlu lagi khawatir. Ohayo telah merangkum daftar menu makan malam untuk keluarga yang bisa dicoba di rumah. Tenang, semua bahannya menyehatkan dan sudah untuk diperoleh kok. Penasaran? Berikut ulasannya!

3 Menu Makan Malam Keluarga

Malam yang dingin kenapa tidak diisi dengan santap sup daging bersama? Jangan lupakan perkedel kentang atau tempe goreng ya!

Sup daging - 3 Menu Makan Malam Keluarga - Ohayo.co.id

Sup daging yang hangat siap menemani santap malam keluarga (Foto: Pixabay)

Bagi keluarga yang tinggal di area bersuhu udara rendah, kehadiran sup sudah pasti selalu dinantikan. Bunda bisa memasak sup daging atau sup ayam, lengkap dengan sayuran seperti wortel, kol, brokoli, atau kacang kapri untuk menu makan malam keluarga. Aroma lezat dari kuah kaldu, disertai sehatnya sayuran yang ada di dalam sup pasti akan memanjakan seluruh anggota keluarga.

Kehangatan dalam makan malam bersama ini tentu menjadi satu hal yang kelak dirindukan saat berjauhan. Kehadiran lauk pauk pendukung lezatnya sup, seperti perkedel kentang atau tempe goreng pastinya juga dinanti-nanti. Cukup luangkan waktu 1 jam untuk meramu semua bumbu dan bahan masakan, voilaa, menu makan malam untuk keluarga ini pastilah akan jadi idola.

Baca juga : Ini Dia 3 Hidangan Paling Nikmat yang Bisa Dibuat Hanya dengan Modal Rice Cooker

Berhenti beli makanan cepat saji, Bunda bisa membuat penyetan dan sambal terasi sendiri yang lezat dan bergizi

Lele penyet - 3 Menu Makan Malam Keluarga - Ohayo.co.id

Siapa sih yang mampu menolak lezatnya lele penyet sambal terasi? (Foto: Instagram/@andinifitriana_)

Apakah keluarga Bunda sangat menyukai sambal? Kalau iya, berarti pilihan menu malam untuk keluarga satu ini wajib masuk daftar saji. Selain lebih menghemat pengeluaran, dengan memasak masakan berupa penyetan dan sambal tentu lebih sehat. Minyak yang disediakan Bunda juga sudah pasti terjaga kebersihannya. Bunda juga bisa memastikan sendiri apakah terong dan lauk berupa ayam, tempe, tahu atau ikan masih segar atau tidak.

Cara membuat sambal terasi juga sangat mudah lho, Bun. Cukup siapkan cabai merah, cabai rawit, tomat, terasi udang, bawang putih, bawang merah, garam, gula, dan penyedap rasa. Apabila anggota keluarga ingin menikmati sambal trasi tomat segar, maka Bunda hanya perlu menyingkirkan bawang merah dan putih serta cabai merah besar. Ulek cabai rawit, tomat yang telah diiris tipis, garam, gula, dan vetsin bersamaan. Tambahkan minyak goreng panas apabila Bunda menginginkan tekstur yang lebih berminyak.

Apabila Bunda sekeluarga menyukai sambal terasi matang, maka bahan di atas hanya perlu digoreng di atas wajan dengan sedikit minyak. Lebih nikmat bila digoreng menggunakan minyak hasil penggorengan ayam, bebek, atau ikan. Setelah layu, ulek bahan-bahan di atas dan beri penyedap rasa ayam sebagai penambah rasa nikmat. Mudah kan, Bunda?

Baca juga : Jenis Makanan Sehat Enak dan Lezat yang Jadi Trend di Tahun 2019

Sapi bumbu teriyaki juga bisa dipilih Bunda apabila ingin sajian lain selain sup sayuran

Beef Teriyaki - 3 Menu Makan Malam Keluarga - Ohayo.co.id

Beef Teriyaki selalu jadi primadona untuk santap malam (Foto: Instagram/@makanmantulplg)

Makanan hangat selalu menjadi pilihan utama saat menikmati santap malam. Bunda bisa menyajikan sapi bumbu teriyaki yang lezat di meja makan saat dinner tiba. Pastikan memilih daging sapi yang segar ya, Bunda. Pastikan juga bahan pendukung seperti bumbu teriyaki dan bawang bombay yang dipilih Bunda adalah produk terbaik.

Menikmati sapi bumbu teriyaki dengan oseng sayur akan membuat acara santap malam semakin seru. Bunda juga bisa mengajak si kecil dan suami tercinta untuk bercerita mengenai kegiatan harian yang dilalui. Dengan makanan yang lezat, semua cerita pasti bisa mengalir dengan oke. Bunda juga akan bahagia karena hasil karya tandas dan pujian diberikan pada Bunda sebagai koki terbaik di rumah.

Nah, itulah rekomendasi menu makan malam keluarga yang bisa Bunda coba. Meski tampak mudah, pastikan terlebih dahulu semua anggota menyukainya ya. Bunda juga bisa berdiskusi terlebih dahulu dalam memutuskan menu makan malam yang pas untuk keluarga tercinta. Tertarik mencobanya?

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password