Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa?

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa-min

Ohayo.co.id – Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa mengonsumsi vitamin dan suplemen saat puasa akan memberikan efek positif bagi tubuh. Apalagi, konsumsi vitamin dan suplemen pada jadwal yang tepat akan memaksimalkan kinerjanya bagi tubuh. Akan tetapi, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen di bulan puasa? Untuk mengetahui kapan waktu yang  tepat adalah dengan memperhatikan kandungan suplemen atau vitamin yang dikonsumsi dan menyesuaikan jam konsumsinya. Tidak semua suplemen atau vitamin yang baik dikonsumsi sebelum makan dan sebaliknya.

Dalam mengonsumsi suplemen atau vitamin, anda harus memperhatikan aturan minum produk tersebut agar menghasilkan efek yang maksimal. Adapun panduan mengonsumsi suplemen yang tepat saat Ramadan adalah dengan memperhatikan jenis suplemen dan vitamin yang baik dikonsumsi sesudah dan sebelum makan.

Suplemen atau vitamin yang sebaiknya dikonsumsi sesudah makan adalah sebagai berikut.

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa?

1. Suplemen Asam Klorida

Suplemen Asam Klorida - Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa-min

Suplemen ini banyak dikonsumsi orang yang mengalami kesulitan untuk menghasilkan asam klorida yang cukup dalam perut ketika makan. Suplemen asam klorida bekerja dengan baik ketika dikonsumsi di awal makan. Sebaliknya, jika suplemen yang mengandung asam klorida dikonsumsi saat perut kosong tanpa menambah makanan untuk dicerna, akan  menyebabkan rasa panas di perut. Suplemen Asam Klorida berguna untuk menyuplai asam klorida yang selama ini diproduksi oleh lambung untuk membunuh kuman dan mengasamkan makanan.

 2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks - Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa-min

Jika Anda mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B kompleks, sebaiknya mengonsumsinya dengan makanan ringan. Hal ini karena vitamin ini sering menyebabkan rasa mual yang ringan. Akan tetapi, jangan mengonsumsinya dengan makanan berminyak karena akan mengganggu penyerapan.Vitamin B kompleks memiliki beragam manfaat, di antaranya memproduksi energi, menjaga kesehatan fungsi sistem saraf, dan menjaga kesehatan pencernaan.

3. Vitamin A, D, dan K

Vitamin A, D, dan K - Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa-min

Ketiga jenis vitamin ini adalah vitamin yang memerlukan lemak untuk mengoptimalkan penyerapannya dalam tubuh. Sehingga vitamin ini baik dikonsumsi dengan makanan dan sesudah makan.  Suplemen yang mengandung nutrisi ini mampu menyuplai kebutuhan nutrisi vitamin A, D, dan K, terutama bagi Anda yang mengalami perubahan pola makan, mengalami stress, serta terpapar polusi udara dan radikal bebas. Vitamin A, D, dan K dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata, tulang dan meningkatkan imunitas tubuh.

4. Vitamin C

Vitamin C - Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa-min

Meskipun tidak memerlukan lemak untuk melarutkan Vitamin C dalam tubuh, tetapi vitamin ini bersifat asam. Maka sebaiknya mengonsumsi vitamin C sesudah makan untuk menghindari iritasi lambung, terutama bagi anda penderita maag.

5. Suplemen Seng

Suplemen Seng - Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa-min

Suplemen ini sebaiknya dikonsumsi sesudah makan untuk mengurangi efek mual dan kram perut akibat terlalu banyak memakan makanan yang mengandung seng sekaligus.

Baca Juga : Apakah Perlu Minum Suplemen atau Vitamin Saat Bulan Puasa Menurut Dokter?

Sedangkan suplemen atau vitamin yang bisa dikonsumsi saat perut kosong atau sebelum makan adalah sebagai berikut

1. Zat Besi

Zat Besi - Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa-min

Suplemen zat besi harus dikonsumsi sebelum makan agar dapat diserap tubuh dengan baik.  Terutama untuk penderita anemia harus mengonsumsi suplemen ini sebelum makan dan terpisah dengan suplemen lain, terutama kalsium dan vitamin E. Suplemen zat besi dapat meningkatkan kerja zat besi saat membawa oksigen ke seluruh organ tubuh.

2. Vitamin B12 dan Asam Folat

Vitamin B12 dan Asam Folat - Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa-min

Vitamin B12 dan asam folat harus dikonsumsi saat perut kosong, bukan bersamaan dengan makanan atau sesudah makan. Vitamin ini juga mampu menghasilkan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, kulit, dan mata, serta membantu proses sintesis DNA.

3. Enzim Proteolitik

Enzim Proteolitik - Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa-min

Enzim yang sering dimanfaatkan banyak orang untuk membantu mengurangi peradangan ini hanya akan bekerja dengan baik jika dikonsumsi saat perut kosong. Jika dikonsumsi sesudah makan, beberapa zat dari enzim ini mungkin hanya akan berakhir menjadi enzim pencernaan. Enzim ini berfungsi untuk memecah protein yang diproduksi di dalam sel untuk kemudian dilepaskan keluar dari sel.

4. Bioflavonoid dan Fitokimia

Bioflavonoid dan Fitokimia - Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa-min

Mengonsumsi suplemen yang mengandung bioflavonoid dan fitokimia akan memberikan beberapa keuntungan, di antaranya menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Tetapi, agar keduanya bekerja dengan maksimal dalam tubuh konsumsilah saat perut kosong.

5. Probiotik

Probiotik - Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengonsumsi Suplemen di Bulan Puasa-min

Contoh probiotik adalah lactobacillus acidophilus dan bifidus, terbaik dikonsumsi pada waktu perut kosong, saat bangun atau sebelum tidur. Suplemen ini penting untuk menyehatkan sistem pencernaan, mengobati candida, dan perawatan flora usus setelah minum antibiotik.

Terlepas dari jenis suplemen yang seperti apa yang anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan atau mendukung tubuh saat bulan , anda harus memperhatikan dengan baik aturan konsumsi sesuai kandungannya. Ketika kita mengetahui aturan kapan harus minum vitamin saat puasa, akan berdampak besar pada kesehatan tubuh.

Salah satu suplemen yang dianjurkan untuk diminum ketika berpuasa adalah suplemen Omepros. Dalam satu suplemen terdapat kandungan Omega 3,6,9 dan kandungan DHA dan EPA yang dapat meningkatkan kerja otak, daya tahan tubuh, dan menurunkan kadar lemak jahat. Omepros, Balancing Your Life!

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password