Mengenal Lebih Dekat Filter ND untuk Memaksimalkan Hasil Fotomu

Mengenal Lebih Dekat Filter ND untuk Memaksimalkan Hasil Fotomu-min (1)

Ohayo.co.id – Untuk Anda nih yang memiliki hobi fotografi, mungkin saja sudah tak asing lagi dengan namanya filter neutral density, atau yang biasnya dikenal dengan sebutan filter ND. Tetapi, bagi Anda para pemula pastinya sedikit kebingungan pada saat berbicara tentang filter. Namun sekarang Anda tak perlu khawatir lagi, sebab kami akan membahas filter secara lebih detail, khususnya untuk filter ND tersebut. Nah, daripada harus berlama-lama lagi langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Filter ND untuk Memaksimalkan Hasil Fotomu

Filter ND - Mengenal Lebih Dekat Filter ND untuk Memaksimalkan Hasil Fotomu 1-min (1)

Perlu Anda tahu bahwa hal pertama yang harus Anda pahami di sini adalah fungsi atau penggunaan filter itu sendiri. Fotografi secara etimologis berarti melukis dengan memanfaatkan cahaya. Cahaya pastinya akan jadi salah satu faktor paling penting dalam menentukan hasil foto Anda. Nah, tugas filter ND di sini adalah untuk mengatur asupan cahaya yang akan masuk ke sensor kamera Anda. Keakuratan cahaya yang masuk akan berpengaruh pada hasil jepretanmu.

Dalam dunia fotografi, cahaya matahari disebut dengan available light. Matahari merupakan lighting paling sempurna, untuk kebutuhan foto biasa keberadaan cahaya matahari dirasa sudah lebih dari cukup untuk menghasilan foto yang berkualitas. Tetapi sering sekali Anda butuh modifikasi pencahayaan untuk dapatkan foto yang Anda inginkan. Ada kalanya Anda ingin kurangi cahaya untuk dapatkan shutter speed lambat. Disaat itulah filter ND ini dibutuhkan.

Baca juga : Tips dan Trik Merawat Lensa Kamera yang Benar Harus Anda Tahu

Filter ND - Mengenal Lebih Dekat Filter ND untuk Memaksimalkan Hasil Fotomu 3-min (1)

Filter ND sendiri adalah kependekan neutral density seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Fungsinya bisa disamakan dengan sunglasses, yakni untuk blokir cahaya. Oleh sebab itu, filter tersebut dibuat khusus dengan kaca gelap untuk kurangi cahaya yang masuk dalam sensor. Filter ND tersebut dibutuhkan pada saat Anda ingin dapatkan shutter speed yang lebih lambat dari ukuran normal pada saat sumber cahaya masih dirasa terlalu terang. Shutter speed lambat sering sekali digunakan untuk memotret foto long exposure.

Jika dilihat dari bentuknya, filter ND ini dibagi dalam dua kategori, pertama adalah berbentuk bulat dengan mengikuti lingkaran lensa, atau screw on. Sementara itu untuk yang kedua berbentuk persegi panjang yang biasanya dipasang dengan menggunakan holder. Pada dasarnya tipe screw on tersebut harus memiliki diameter yang sama dengan lensanya. Untuk proses pemasangannya mudah sekali, Anda hanya perlu mengulir di filter thread lensa. Oleh sebab itu, Anda perlu perhatikan kesesuaian ukuran filter thread dengan filter ND yang ingin dibeli.

Baca juga : 7 Cara Merawat Lensa Kamera Agar Tidak Berjamur

Filter ND - Mengenal Lebih Dekat Filter ND untuk Memaksimalkan Hasil Fotomu 2-min (1)

Lalu apabila dikategorikan mellaui kepekatan atau pun kegelapan, filter ND ini memiliki sistem yang biasanya disebut dengan stop. Ukuran kepekatannya sangat beragam sekali, mulai dari 1 – 10 stop. Bahkan sekarang sudah ada filter dengan kepekatan 15 stop. Semakin besarnya angka kepekatan, maka akan semakin gelap pula filter ND-nya. Sehingga shutter speed yang dihasilkan akan semakin lambat. Yang jadi pertanyaannya di sini adalah mana yang harus Anda pilih, filter dengan holder atau screw on type?

Pertanyaan tersebut pastinya hanya Anda yang bisa menjawabnya. Filter screw on type biasanya ditawarkan dengan harga lebih terjangkau dibandingkand engan filter holder. Tetapi filter screw on type ini memiliki kelemahan dalam hal kepraktisan. Untuk proses pemasangan dan pencopotannya Anda juga butuh waktu untuk mengulirnya. Sementara itu apabila Anda sedang memotret foto long exposure, kemudian ada momen berharga yang ingin Anda abadikan dengan shutter speed cepat, pastinya akan lebih cepat beralih ke mode pemotretan apabila Anda gunakan filter holder yang cukup mudah sekali dicopot atau dilepaskan.

Apapun pilihannya, yang pasti sekarang Anda sudah bisa mendapatkan filter terbaik tersebut lewat cicilan dengan AKULAKU. Oh iya, agar lebih hemat lagi pakai saja kode “AIDIA 1” dan dapatkan voucher belanja total senilai Rp 700 ribu rupiah. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password