Mengenal Kue Talam, Si Kecil Imut Sahabat Senja

Mengenal Kue Talam

Ohayo.co.id – Menikmati waktu sore hari tentulah terasa menyenangkan. Terutama jika kita sudah punya bayangan indah. Sore hari di teras rumah dengan matahari yang hendak tenggelam dan suasana hangat beserta orang tersayang. Bayangan indah seperti ini tentu akan terasa berarti, dong! Meski sekarang ini tentu ada banyak orang yang menikmati waktu sore harinya dengan berbagai aktivitas. Ada yang masih terjebak di jalan, baru pulang kerja atau sekadar santai di rumah. Apa jadinya kalau kita menikmati kue talam khas Indonesia di sore hari?

Indonesia terkenal akan kulinernya yang khas. Juga dengan kue-kue tradisional yang dimilikinya. Tak sedikit yang mengakui bagaimana kelezatan dari masakan Indonesia. Lalu bagaimana dengan kue talam? Kue tradisional ini memang istimewa terutama kalau kamu menjadikannya sebagai sajian berbuka puasa. Tetapi meski sedang tidak berpuasa, kue yang satu ini memang mudah untuk ditemui di pasar ataupun toko kue tradisional.

Mengenal Kue Talam

Image source : Shutterstock

Kue talam memiliki banyak rasa dan macamnya. Sementara dari warna memang tergantung bagaimana cara pembuatannya. Bahkan ada juga kue yang mulai memadukan dua warna sekaligus. Misalnya saja seperti kue dengan warna putih dan hijau diatasnya. Kalau kamu tak asing mendengar kue talam, ada juga yang menyebutnya sebagai kue talam pandan, bulan, kentang dan lain sebagainya. Bahkan tak sedikit si pembuat yang menambahkan campuran pisang ataupun durian agar makin lezat.

Baca juga : Cara Membuat Kue Brownies Kukus Anti Gagal yang Mudah dan Praktis

Kue Talam Sebagai Kue Tradisional Khas Indonesia

Kalau kamu pernah mendengar bahwa kue talam ini terbuat dari ubi, maka hal tersebut tak sepenuhnya salah. Sebab, awal kemunculannya memang talam ini terbuat dari ubi. Tetapi seiring kreativitias masyarakat maka ada banyak variasi dan bahan-bahan yang terus bertambah ataupun sering diganti. Urusan rasa tentu menjadi rahasia dari siapa pembuatnya. Bahan baku yang digunakan untuk kue ini tak ribet. Kita butuh tepung tapioka, tepung terigu, tepung sagu hingga tepung beras.

Mengenal Kue Talam

Image source : Shutterstock

Keseluruhan tepung memang digunakan sebagai bahan utama dari kue ini. Sementara untuk bahan pelengkapnya, kamu bisa memilih gula merah, garam, pewarna alami dan daun pandan. Juga, kue ini bisa terasa lebih lezat jika digunaakn pewarna alami misalnya saja daun suji kalau kamu ingin warna hijau. Biasanya memang si pembuat satu dan lainnya akan berbeda dalam memberi rasa kue talam.

Bentuk dari kue ini kecil sehingga mengapa disebut sebagai kue mungil. Ada rasa manis legit dengan gurihnya santan dan juga disajikan dengan poris mangkok misalnya. Kamu juga bisa memotongnya kecil-kecil atau finger food. Mereka yang ingin membuat kue ini memang harusnya tahu bagaimana resep paling lezat dan apa saja bahan yang digunakan.

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Kue Gemblong yang Enak

Karena kue talam termasuk kue tradisional maka tak heran jika banyak yang menjual kue ini sekadar untuk dibuat camilan ketika sore hari tiba. Ada rasa gurih, manis dan legit saat memakannya. Jika memiliki waktu lebih maka tak ada salahnya, lho kamu membuat kue ini. Apalagi waktu yang dibutuhkan juga tidaklah lama. Kue ini seolah membius siapa saja yang melihatnya dan merasakan bagaimana kelezatannya. Tiap daerah di Indonesia memang memiliki ciri khas kuliner sendiri-sendiri. Seperti kue talam yang paling cocok jika dinikmati sore hari tanpa beban kerja tetapi menikmati waktu santai di sore hari.

Kalau kamu ingin membuat kue talam sendiri di rumah, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Pastikan untuk tidak ada yang terlewat. Barulah setelah itu kamu bisa mulai membuatnya. Buat adonan hijau terlebih dahulu dengan menambahkan vanili di dalamnya hingga bagaimana kue ini siap dikreasikan. Sangat direkomendasikan lho untuk menikmati kue talam khas Indonesia ini di sore hari. Belum lagi kalau kamu juga menambahkan teh hangat sebagai pelengkap suasana.

Perbincangan ringan, kue talam yang lezat dan suasana sore hari akan memanjakanmu begitu teduh. Meski ada banyak varian resep atau cara membuatnya sekarang ini, tetapi resep nenek moyang tentu masih dijaga dengan baik. Buktinya tak sedikit mereka yang berdagang di pasar menjual kue ini dengan rasa lezat dan begitu khas. Kamu bisa menikmati waktu santai di sore hari dengan kue talam yang imut dan menggemaskan.

 

Featured image source : Shutterstock

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password