Tips Ampuh Mengatasi Flu dan Batuk Saat Puasa

Tips Ampuh Mengatasi Flu dan Batuk Saat Puasa

Ohayo.co.id – Pada bulan suci ramadhan ini seluruh umat muslim di dunia menjalani puasa ramadhan dimana saat berpuasa kita tidak makan ataupun minum. Berpuasa haruslah dijalani dengan penuh keikhlasan dan kesabaran dalam menunggu waktunya berbuka.

Lantas bagaimana jika kita berpuasa dalam keadaan sakit flu ataupun batuk? Berpuasa dalam keadaan sakit bukanlah hal yang mudah. Namun, selagi sakit tersebut masih bisa tertahankan dan tidak akan membahayakan tubuh kita jika kita berpuasa, maka diharuskan untuk tetap menjalani ibadah puasa ini.

Lalu bagaimana cara menjalani puasa dalam keadaan flu dan batuk? Jawabannya adalah dengan menyembuhkan flu dan batuk tersebut. Tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk penyembuhannya jika dilakukan dengan tepat. Berikut ini adalah tips ampuh mengatasi flu dan batuk saat puasa yang bisa Anda terapkan.

Tips Ampuh Mengatasi Flu dan Batuk Saat Puasa

Tips Ampuh Mengatasi Flu dan Batuk Saat Puasa

Saat berpuasa tenggorokan kita mengering karena tidak ada asupan air seharian dan hal itu tentunya membuat tidak nyaman. Lalu apakah hal itu menimbulkan flu dan batuk? Tentu saja tidak. Flu dan batuk disebabkan oleh virus yang menyerang tubuh kita. Jika virus tersebut terus berkembang dan melemahkan pertahanan imun, maka kita akan terserang infeksi.

Saat itu terjadi Anda membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk melawan virus dan menjaga pertahanan sistem imun tubuh. Lalu bagaimana menjalaninya selama berpuasa? Ini lah tips mengatasi flu dan batuk saat puasa yang patut Anda coba.

1. Perhatikan menu makanan untuk berbuka dan sahur

Berpuasa dalam keadaan flu memanglah tidak mudah. Oleh karena itu Anda harus mencukupi asupan makanan yang mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Selain vitamin C, asupan protein dan kalori juga sangat dibutuhkan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus. Dengan demikian tubuh akan lebih kebal terhadap serangan virus.

Tips Ampuh Mengatasi Flu dan Batuk Saat Puasa

2. Minumlah banyak air

Air dapat menjaga hidrasi pada tubuh sehingga tubuh kita tidak kekurangan cairan. Selain itu, flu dan batuk juga bisa diredakan dengan banyak meminum air saat berbuka dan sahur. Selain meminum air putih Anda juga bisa menambahkan sedikit garam pada air putih sebagai pengganti elektrolit yang hilang melalui keringat.

Baca Juga : Penyebab Susah Buang Air Besar Selama Menjalankan Ibadah Puasa

3. Minum obat flu dan batuk

Tips mengatasi flu dan batuk saat puasa selanjutnya yaitu dengan meminum obat secara rutin saat sahur dan berbuka puasa. Minumlah secara rutin agar flu dan batuk yang Anda derita tidak bertambah buruk dan cepat sembuh.

Tips Ampuh Mengatasi Flu dan Batuk Saat Puasa

4. Istirahat yang cukup

Saat tidur sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh kita bekerja lebih keras sehingga saat sakit kita dianjurkan untuk banyak-banyak tidur dan beristirahat. Saat berpuasa tidur dinilai sebagai ibadah sehigga Anda tidak akan sia-sia menjalaninya.

Tidur atau istirahat dapat membantu tubuh Anda mengumpulkan energi untuk melawan virus yang menyerang di tubuh. Jika Anda mengalami hal ini, maka untuk mengatasi flu dan batuk saat puasa yang bisa dilakukan yaitu banyaklah beristirahat atau tidur.

Baca Juga : Tidur Siang Saat Berpuasa, Ini Manfaat Luar Biasa yang Bisa Didapat

Sebenarnya, berpuasa bisa mempercepat proses penyembuhan dari flu dan batuk. Saat berpuasa tubuh menjadi lemah dan karena tidak makan, hal itulah nantinya yang akan mendorong tubuh untuk mengeluarkan sel-sel yang terinfeksi sehingga Anda bisa cepat sembuh.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika berpuasa dalam keadaan flu atau batuk. Karena berpuasa tidak akan memperparah penyakit flu dan batuk yang Anda derita. Dan untuk mengobatinya, Anda bisa mengikuti beberapa tips ampuh mengatasi flu dan batuk saat puasa diatas. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password