Mencuci Mobil Sendiri di Rumah, Ternyata Mudah!

Mencuci Mobil Sendiri di Rumah - Ohayo.co.id 1

Ohayo.co.id – Mencuci mobil sendiri bisa jadi adalah salah satu bentuk ‘kasih sayang’ Anda dengan mobil. Terkadang kalau Anda memiliki waktu luang ada baiknya untuk melakukannya sendiri di rumah. Bahkan mencuci mobil bersama keluarga pun bisa menjadi quality time.  Dibawah ini ada beberapa petunjuk simpel untuk mencuci mobil sendiri di rumah layaknya pro.

Mencuci Mobil Sendiri di Rumah

Mencuci Mobil Sendiri di Rumah - Ohayo.co.id

Gunakan metode yang tepat

Cuci mobil dengan  urutan sebagai berikut: roda/ban, body/cat, interior, dan terakhir, kaca-kaca. Percayalah, urutan yang salah bisa menyebabkan waktu mencuci lebih lama karena adanya proses cuci-ulang-cuci pada beberapa bagian.

Siapkan ember dan sarung cuci/kain cuci yang berbeda untuk masing-masing bagian mobil

Jangan sesekali menggunakan satu lap untuk beberapa bagian. Kotoran berupa tanah, kerikil kecil, lumpur, dll dari ban dapat merusak cat dan body mobil Anda. Gunakan ember dan sarung tangan cuci/kain cuci yang berbeda antara ban/roda, body dan bagian-bagian lainnya.

Pakai wheel woolies untuk membersihkan ban/pelek

Agar keseluruhan bagian roda, ban, dan pelek bersih sempurna, gunakan sikat yang didesain khusus ini.

Mencuci Mobil Sendiri di Rumah - Ohayo.co.id

Untuk cat body mobil, selalu gunakan lap microfiber, bukan spons

Lap microfiber ideal untuk mencuci dan juga mengeringkan karena kemampuannya dalam mengangkat dan melepaskan kotoran. Gunakan microfiber dengan berat 300-400 gram karena akan lebih lembut untuk cat.

Gunakan wax spray atau pengering hydrophobic

Selain ‘mengangkut’ kotoran kecil yang mungkin saja tertinggal saat proses pencucian, komponen ini juga berguna untuk membantu perlindungan cat di body mobil.

Tembakkan udara dengan vacuum blower

Arahkan udara dari vacuum ke tempat-tempat seperti kaca spion dan lampu-lampu setelah mencuci. Hal ini untuk melepaskan air yang terperangkap di tempat-tempat tersebut sebelum Anda mulai manjalankan mobil. Gunakan juga ‘tembakan udara’ dari vacuum untuk bagian-bagian sulit seperti ventilasi udara, celah-celah dan jarak renggang di interior.

Mencuci Mobil Sendiri di Rumah - Ohayo.co.id

Sangat sederhana bukan? Apalagi kalau Anda punya All New Fortuner. Tidak mau kan All New Fortuner kesayangan Anda nampak tidak terawat. Apalagi desain eksterior yang selalu mengusung kemewahan dari generasi ke generasi. Sudah tidak ada alasan untuk tidak jatuh cinta dengan kecantikan All New Fortuner.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password