Jangan Lakukan Lagi! Menahan Kencing Bisa Sebabkan Infeksi Saluran Kemih

Jangan Lakukan Lagi! Menahan Kencing Bisa Sebabkan Infeksi Saluran Kemih - Ohayo.co.id

Ohayo.co.id – Penyakit yang terkadang menyerang pertahanan tubuh kita tidak hanya datang dari makanan dan juga minuman yang kita konsumsi. Tetapi juga dari gaya hidup serta kebiasaan-kebiasaan tidak sehat seperti contoh ketika menahan kencing terlalu lama. Padahal, kencing merupakan salah satu cara tubuh kita untuk mengeluarkan racun. Hindari kebiasaan tersebut sebab, menahan kencing bisa sebabkan infeksi saluran kemih.

Tubuh kita memiliki aturan dan jam biologis sendiri. Seperti saat kita merasa lapar maka perut akan mengirim sinyal pada otak yang menandakan kita butuh makan. Pun juga dengan saat harus kencing maka tak baik untuk menahannya apalagi dalam waktu yang lama. Berikut beberapa alasan yang akan membuat kita sadar untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut.

Alasan Mengapa Menahan Kencing Bisa Sebabkan Infeksi Saluran Kemih

Buang air kecil atau kencing merupakan mekanisme dari tubuh kita untuk membuang racun yang ada dalam tubuh. seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa hal ini bertujuan untuk mengeluarkan zat sisa yang buruk dari dalam tubuh kita. Keinginan untuk buang air kecil akan semakin meningkat saat kita juga meminum banyak air.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang menahan kencing karena beberapa alasan. Ada yang karena rasa malas untuk ke kamar mandi karena sudah mengantuk. Ada juga yang tidak nyaman karena menggunakan toilet umum dan alasan-alasan lainnya. Padahal, menahan kencing bisa sebabkan infeksi saluran kemih.

Meskipun alasan dibalik menahan kencing terkesan sederhana tetapi harus diperhatikan agar tidak merugikan kesehatan kita. Salah satu bahaya yang muncul yakni terkena infeksi pada saluran kemih. Masalah kesehatan ini merupakan infeksi yang dirasa sangat menyakitkan dan bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit lain pada area organ intim kita. Tanda dari adanya risiko infeksi ini yakni keluarnya darah bersama urine dan sensasi terbakar di organ intim ketika buang air kecil.

Baca juga : Waspada! 5 Gejala Ginjal Bermasalah yang Harus Anda Tahu

Tidak hanya itu, bahaya lainnya juga mengancam organ intim kita seperti disfungsi saluran kemih dan tidak bisa menahan keinginan untuk menahan kencing. Agar tidak terjadi hal demikian, usahakan untuk selalu dan segera buang air kecil ketika anda merasakannya. Hindari menahan kencing terlalu lama karena meningkatkan risiko terkena masalah kesehatan seperti yang telah disebutkan.

Logika yang bisa kita pikirkan adalah saat racun dari dalam tubuh harus dikeluarkan melalui urin tetapi ditahan, maka yang ada ialah racun tersebut kembali ada pada tubuh dalam waktu yang lama. Dalam kondisi apapun, anda bisa mengusahakan untuk tetap membiasakan tak menahan kencing. Jika tidak terbiasa menggunakan toilet umum karena kondisinya yang kotor, selalu bawa tissue basah dan kering agar menjamin kebersihan saat anda menggunakan toilet tersebut.

Baca juga : Awas! Ini Bahaya Menahan Kencing Dalam Waktu Lama Bagi Kesehatan

Menahan kencing ternyata diketahui juga bisa menyebabkan adanya penyakit batu ginjal karena ada yang mengeras di ginjal dan saluran kemih kita. Saat anda menahan kencing maka mineral dan racun semakin terakumulasi dan mengkristal. Baru-batu kecil ini yang awalnya mungkin tidak terasa sakit namun lama kelamaan akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Akibat lainnya apabila menahan kencing terlalu lama adalah melemahkan otot kandung kemih. Tidak hanya terkena infeksi saja tetapi akan muncul risiko terkena masalah kesehatan lainnya. Otot-otot kandung kemih akan melemah dan menyebabkan adanya interstital cysitis, kondisi dimana dinding kandung kemih meradang.

Hindari kebiasaan tersebut apalagi dengan waktu yang lama. Akibatnya bisa sangat mengganggu kesehatan yaitu infeksi saluran kemih. Utamakan kebiasaan-kebiasaan yang baik agar tak menimbulkan gangguan kesehatan yang serius pada organ tubuh kita.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password