Langkah Mudah Memperbaiki Smartphone yang Masuk ke Dalam Air

Langkah Mudah Memperbaiki Smartphone yang Masuk ke Dalam Air

Ohayo.co.id – Anda pastinya sudah sangat sering sekali melakukan banyak aktifitas dengan smartphone yang Anda miliki, sehingga smartphone berpotensi untuk terkena atau pun masuk ke dalam air. Air adalah musuh bagi alat – alat elektronik, khususnya smartphone. Sebab air bisa merusak komponen yang ada di dalamnya.

Smartphone yang terkena atau masuk ke dalam air juga berpotensi mati total, maupun kerusakan komponen dalam jika tidak ditangani secara cepat dan benar. Tetapi Anda juga tak perlu terlalu khawatir, sebab ada cara mudahnya memperbaiki smartphone yang masuk ke dalam air bisa Anda coba. Yuk, cari tahu langkahnya di bawah ini.

Langkah Mudah Memperbaiki Smartphone yang Masuk ke Dalam Air

Langkah Mudah Memperbaiki Smartphone yang Masuk ke Dalam Air

Lepaskan baterai, SIM card, dan memory card

Jangan langsung menghidupkan smartphone Anda saat dalam keadaan basah. Silakan lepaskan baterai, SIM card, dan memory card secepatnya untuk meminimalisir terjadinya kerusakan akibat short atau pun konslet setelah smartphone terkena air.

Lepaskan semua komponen atau bagian dalam smartphone

Ada kemungkinan jika air bisa masuk lewat lubang – lubang kecil, seperti port charger, port USB, dan speaker. Anda bisa mulai lepaskan semua sekrup yang ada, lalu lepaskan semua komponen atau bagian dalam smartphone dengan hati – hati dan keringkan dengan lap atau hair dryer.

Baca Juga : Begini Pertolongan Pertama Jika Smartphone Terendam Air

Fokus pada LCD dan baterai smartphone

Ini adalah langkah paling penting untuk memperbaiki smartphone yang masuk ke dalam air. Jika semua komponen smartphone terbongkar, silakan bersihkan bagian LCDnya terlebih dulu. Bagian tersebut umumnya lebih cepat rusak setelah terkena air. Setelah itu keringkan bagian lain seperti PCB menggunakan blower, kipas angin, atau pun hair dryer.

Rendam dalam beras

Beras dipercaya bisa menyerap embun dan air dengan sangat baik, untuk itu Anda bisa mencoba merendamkan smartphone yang terkena air di dalam beras kurang lebih sekitar 6 – 7 jam, atau jika perlu selama seharian penuh. Terakhir, pasang dan hidupkan kembali smartphone Anda.

Demikianlah langkah mudah memperbaiki smartphone yang masuk ke dalam air. Jika smartphone Anda ternyata tidak bisa dihidupkan kembali, alias sudah rusak atau mati total Anda bisa kok mendapatkan smartphone baru melalui AKULAKU. Tak perlu takut jika sekarang Anda tak punya budget cukup, sebab di AKULAKU Anda bisa membelinya dengan cicilan dan mendapatkan voucher belanja senilai Rp 700 ribu rupiah, misalnya saja dengan memanfaatkan kode promo “AIDIA 1”.

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password